Gulai Bustaman Pak Sabar di Semarang, Resep Turun Temurun 5 Generasi

Semarang selama ini identik dengan lumpia, mie kopyok dan beragam kuliner khas lainnya. Tapi bagaimana dengan gulai? Meskipun bukan asli kuliner Semarang, ada tempat santap gulai yang begitu nikmat, nendang di mulut kenyang di perut. Nama tempat ini adalah Gulai Bustaman Pak Sabar. Tempatnya sangat sederhana, merupakan warung tenda. Tapi rasa gulainya sangat otentik dan lezat.

Warung Legendaris Sudah Ada sejak 1971

Gulai Bustaman, Via Instagram bukanrastaman
Gulai Bustaman, Via Instagram bukanrastaman

Kedai Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar ini sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Tepatnya sejak tahun 1971. Awalnya, berjualan dengan cara dipikul dan berkeliling di kawasan Kota Lama. Dan beberapa tahun kemudian barulah menetap di lokasi yang berada di belakang Gereja Blenduk hingga sekarang ini.

Resep Melegenda Sudah Generasi Kelima

Sederhana tapi melegenda, Via Instagram bukanrastaman
Sederhana tapi melegenda, Via Instagram bukanrastaman

Berdasarkan sejarahnya, ternyata Bustaman sebenarrnya merupakan sebuah kampung yang ada di Semarang. Kampung ini dahulu terkenal sebagai pusat pemotongan dan pengolahan daging kambing. Seiring berjalannya waktu, kampung ini memiliki racikan bumbu untuk gulai. Kuliner di Semarang ini merupakan resep perpaduan antara Jawa dan juga Gujarat yang diwariskan secara turun temurun. Dan saat ini resep Bustaman telah mencapai generasi kelima.

Beda Gulai dengan yang Lainnya

Harus dicoba saat berkunjung, Via Instagram bukanrastaman
Harus dicoba saat berkunjung, Via Instagram bukanrastaman

Tidak hanya bumbu racikannya yang sangat melegenda, ternyata gulai ini juga unik dibanding dengan yang lainnya. Bisanya, kuah gulai disajikan dengan santan sehingga akan menghasilkan tekstur yang kental. Namun beda dengan kuah di sini, kuahnya tidak menggunakan santan dan ditambah dengan srundeng. Kuah yang sangat unik sehingga banyak membuat orang-orang tertarik. Daya tarik lainnya, yakni memiliki daging dan juga jeroan yang terkenal memiliki ukuran besar.

Harga Seporsi Gulai Pak Sabar

Kuahnya tidak sekental gulai biasanya, Via Instagram omndutsukamakan
Kuahnya tidak sekental gulai biasanya, Via Instagram omndutsukamakan

Saat artikel ini dibuat, harga seporsi gulai Pak Sabar ini hanya dibanderol sekitar Rp28.000 saja. Dan harga yang murah meriah dengan gulai nikmat tersebut sudah termasuk nasi. Tentunya, harga tersebut sangat terjangkau jika ditukar dengan gulai yang begitu nikmat dengan resep yang sudah melegenda. Sementara itu, jam operasionalnya mulai pukul 08:00 WIB sampai 17:00 WIB.

Karena di sekitar gulai Pak Sabar ini juga menyuguhkan hal yang sama, saat bertandang pastikan untuk tidak salah tempat ya. Memang warungnya tidak menonjol, hanya berupa warung tenda kuning dan ukurannya tidak besar tapi rasanya sangat nendang dan bikin ketagihan. Jangan sampai melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner ini.

Tags
gulai bustama pak sabar gulai pak sabar Indonesia Jawa Tengah semarang
Share