Gua Sumur Lombok, Keindahan ‘Cahaya Surga’ di Kawasan Mandalika

Sidik Al-Anshori

Sidik Al-Anshori

On Indonesia
Gua Sumur Gua Sumur

Kabupaten Lombok Tengah memiliki deretan destinasi wisata mengagumkan yang berada di kawasan Mandalika. Salah satunya Gua Sumur Lombok yang juga disebut Bat Cave, dengan keindahan cahaya yang ‘menembus’ hingga bagian dalam gua. Penasaran seperti apa? Yuk simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk,┬áSidik Al-Anshori berikut ini.

1. Akses Gua yang Mudah Dijangkau

Gua sumur dengan ‘cahaya surga’ via Instagram.com/gua_sumur_lombok

Destinasi wisata gua sumur ini terletak tidak jauh dari jalan utama kawasan wisata Mandalika di Desa Prabu Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Untuk sampai di sini, Teman Traveler hanya perlu belok kanan atau ke arah barat di simpang empat Pantai Kuta Mandalika dan jaraknya sekitar 15 menit perjalanan dari sana. Jika masih bingung, Teman Traveler bisa memanfaatkan Google Maps, atau langsung saja bertanya kepada warga sekitar.

2. ‘Cahaya Surga’ yang Khas dari Gua Sumur

Cahaya surga di gua Sumur, cocok untuk berfoto via Instagram.com/eko_echofitri

Mulut Gua Sumur berada di atas sehingga untuk masuk ke dalam, kita perlu turun melewati sebuah tangga kayu. Sampai di bawah, cahaya yang datang dari mulut gua akan terlihat seperti ‘cahaya surga’. Ciri khasnya inilah yang membuat beberapa orang penasaran. Tidak hanya untuk berfoto, tapi beberapa juga memutuskan untuk menggelar foto pre-wedding di sini.

3. Tempat Tinggal Ribuan Kelelawar

Ribuan kelelawar tinggal di gua ini via Instagram.com/laluoyixk

Di dalam Gua Sumur Lombok ternyata terdapat habitat kelelawar. Hal itu pula yang membuatnya dikenal dengan nama bat cave atau gua kelelawar. Soal aroma di dalamnya, tentunya menyengat dengan bau khas kelelawar. Jika tak tahan dengan aroma asing, sebaiknya Teman Traveler membawa masker ketika hendak masuk ke gua ini. Gunakan pula penutup kepala agar tidak terkena kotoran kelelawar yang jatuh.

4. Panorama Pantai di Sekitar Gua Sumur

Melihat pemandangan pantai dari ketinggian via Instagram.com/gua_sumur_lombok

Setelah puas melihat keindahan gua, Teman Traveler juga bisa menikmati panorama lain yang menakjubkan. Yap, pesona pantai dari ketinggian. Di sini telah disediakan gazebo yang menghadap langsung ke arah pantai. Usai jelajah gua, waktunya untuk istirahat dan menikmati panorama pantai dari kejauhan. Paduannya lengkap dengan udara segar yang berembus dari pepohonan.

5. Destinasi Cantik di Kawasan Wisata Mandalika

Keindahan Pantai di Kawasan Wisata Mandalika via Instagram.com/taherabbani

Lokasinya yang berada di sekitar kawasan wisata Mandalika, tentu terasa kurang jika tak sekalian jelajah wisata di sekitarnya. Teman Traveler bisa sekalian meluncur menikmati keindahan deretan pantai berpasir putih di kawasan ini. Seperti Pantai Kuta, Tanjung Aan, Pantai Selong Belanak, Pantai Mawun, Bukit Merese, dan banyak lagi. Tentu menjadi petualangan yang menyenangkan.

Jembatan kayu di gua sumur yang artistik via Instagram.com/yugo_ss

Nah itu tadi ulasan tentang Gua Sumur Lombok atau Bat Cave. Tertarik untuk berkunjung ke destinasi di Desa Prabu, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah tengah ini? Jangan lupa untuk ajak sahabat atau keluarga, agar perjalanan makin menyenangkan.