Gua Pinus Batu, Serba Bagus Tanpa Minus

Jenuh kadang bisa datang tanpa diundang dan aba-aba. Jika sudah begitu, butuh lebih dari sekadar istirahat untuk mengembalikan semangat. Salah satu opsi terbaik adalah liburan. Buat yang sedang berada di sekitaran Malang, tak ada salahnya mampir ke Gua Pinus Batu.

Mengunjungi Gua Pinus Batu, Teman Traveler bakal disajikan beragam pesona keindahan alam. Sekedar mengaguminya saja sudah ampuh untuk menghilangkan penat pikiran. Tak percaya? Yuk, simak ulasannya.

Sejuk, Pas untuk Santai

Wisata Gua Pinus di Batu (c) Willy/Travelingyuk
Menikmati keindahan di Gua Pinus (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Gua Pinus Batu berada di lereng bukit penuh pepohonan pinus perdu. Di sini Teman Traveler bisa jalan santai sambil menikmati suasana pegunungan. Dari kejauhan kalian bisa melihat indahnya panorama luas kawasan perkotaan.

Beberapa sudut tampak makin cantik dengan kehadiran beragam tanaman hias. Pengelola juga sudah sediakan fasilitas seperti bangku dan pondok buat Teman Traveler yang ingin santai sambil bersantap. Selama berada di sini, jangan lupa juga untuk membuang sampah pada tempatnya, ya

Akses Jalannya Bagus

Keunikan Gua Pinus (c) Willy/Travelingyuk
Keunikan gua pinus (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Gua Pinus masuk wilayah Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Batu. Untuk menuju sini Teman Traveler harus berkendara kira-kira 11 kilometer atau 25 menit dari pusat Kota Batu. Bagi yang berangkat dari Malang, bisa pacu kendaraan ke arah Pujon atau Coban Rondo.

Akses jalan menuju sini sudah cukup bagus, namun lumayan berkelok-kelok karena melewati lereng bukit. Kendaraan roda empat maupun dua bisa mulus meluncur ke tempat ini. Namun harap tetap berhati-hati saat sedang berkendara, ya.

Tiket dan Fasilitas

Pemandangan Gua Pinus (c) Willy/Travelingyuk
Pemandangan yang disuguhkan luar biasa (c) Willy/Travelingyuk

Wisata Batu ini siap menyambut pengunjung mulai pukul 07.00 hingga 17.30 setiap harinya. Sebelum menjelajah tiap sudutnya, pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000. Harga tersebut belum termasuk akses menuju sejumlah spot foto, yang bakal mewajibkan kalian membayar Rp5.000 lagi.

Soal fasilitas tak perlu khawatir. Di sekitar area wisata sudah ada toilet, tempat duduk, dan gazebo untuk beristirahat. Jika belum puas dengan spot foto yang ada, Teman Traveler masih bisa lanjutkan penjelajahan ke gua bersejarah peninggalan zaman Jepang.

Spot Instagramable 

Replika Rumah Hanoi di Gua Pinus (c) Willy/Travelingyuk
Replika rumah honai (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Mengunjungi Gua Pinus Batu bisa bikin feed Instagram kalian makin keren. Coba saja foto di spot-spot unik seperti singgasana batang pohon, geladak perahu, atau replika hanoi, rumah adat khas Papua. Agar hasilnya makin keren, jangan lupa kenakan aksesori seperti kain tenun atau pakaian tradisional. 

Banyak Wisata di Dekatnya

Wisata Gua Pinus (c) Willy/Travelingyuk
Indahnya pemandangan dari ketinggian (c) Willy Singgih/Travelingyuk

Destinasi bertema alam ini berada di wilayah Batu, yang memang sudah lama dikenal dengan sejumlah destinasi kerennya. Dengan kata lain, begitu beres menjelajah Gua Pinus, kalian bisa langsung lanjutkan kunjungan ke Rumah Kayu Taman Langit, Taman Kelinci, maupun Coban Rondo.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa Teman Traveler temukan di Gua Pinus Batu. Kerennya benar-benar total, tanpa minus. Bisa sempatkan berkunjung ke sini jika kalian sedang merasa suntuk atau butuh tempat keren untuk melepas penat.

Tags
Batu gua pinus Indonesia kontributor Kuliner Batu Travelingyuk Wisata
Share