Cantiknya Gua Hawang dengan Perairan Bening Tembus Pandang

Seluk beluk objek wisata Maluku sangat indah. Apalagi dengan adanya sebuah keajaiban alam di tempat yang bernama Gua Hawang, Kei Kecil. Bukan sembarang gua, karena di bagian dasar terdapat perairan yang begitu bening dan berwarna kebiruan. Hanya dengan melihat saja kamu sudah merasakan kesegarannya, apalagi kalau bisa nyebur. Berikut ini Travelingyuk himpunkan beberapa foto dan informasi seputar Gua Hawang.

Masyarakat setempat begitu memperhatikan Gua Hawang, apalagi mitos dan legenda tentang kutukan batu menyelimutinya.  Konon ada seseorang yang berubah jadi batu setelah meminum air gua tapi berkata kasar setelahnya.

Gua Hawang [image source]

Namun mitos tetaplah mitos, kamu tak perlu was-was karena keindahan alam di sana akan membuatmu lupa dengan segala kebimbangan dan hanya merasakan ketenangan.

Gua Hawang [image source]

Kolam air alami yang berwarna biru dan sebening kaca memantulkan bayangkan stalaktit yang menggantung di atap gua. Kesegarannya tetap terjaga karena sumbernya berasal dari Mati Air Evu dan mengalir melalui sungai bawah tanah.

Gua Hawang [image source]

Sekilas mirip dengan lautan, jadi kamu juga bisa menyelam atau sekadar snorkeling di Gua Hawang. Langsung nyebur tanpa peralatan juga jadi tantangan, asal bisa berenang ya!

Gua Hawang [image source]

Terdapat dua lubang yang terpisah sejauh 15 meter namun terhubung satu sama lain dengan kolam air. Kamu bisa menyelam dari satu lubang kemudian muncul di lubang yang lain.

Gua Hawang [image source]

Agar lebih memuaskan, liburan ke Gua Hawang bisa dijadikan satu paket dengan kunjungan ke Pantai Ngurbloat karena jaraknya berdekatan yaitu sekitar 20 km atau selama setengah jam bila menggunakan mobil.

Pantai Ngurbloat [image source]

Bahkan Pantai seeksotis Ngurtafur juga bisa dicapai dengan perjalanan laut dari Kei Kecil, pulau di mana Gua Hawang berada.

Pantai Ngurtavur [image source]

Ada juga Pantai Madwaer, tempat rekreasi warga Kei yang yang cantik berpasir putih. Seharian di sini, tetap tidak ingin cepat-cepat pergi.

Pantai Madwaer [image source]

Akomodasi di Gua Hawang tentu belum tersedia, tapi kamu bisa mencarinya di sekitar Pantai Ngurbloat seperti Villa Monica. Kamu bisa melakukan reservasi dengan menghubungi nomor telepon 0812-4881-2043. Untuk tarif sewanya sekitar Rp200.000 per malam.

Pantai Ngurbloat [image source]

Jika berangkat dari Jakarta, ambil penerbangan menuju Bandara Dumatubun Langgur. Harga tiket sekitar dua juta rupiah. Kemudian melakukan perjalanan darat sejauh 15 km dengan angkutan umum atau kendaraan sewaan. Ingin jalajah pulau? Tinggal berangkat dari Pelabuhan Kota Tual.

Liburan di Kei Kecil [image source]
Nama tempat : Gua Hawang

Lokasi : Desa Letvuan, Kei Kecil, Maluku Tenggara

Itulah Gua Hawang, permata Kei Kecil yang mengagumkan. Segala macam kegiatan liburan bisa kamu lakukan di sana, jadi tunggu apa lagi segera atur jadwalmu dan buat perencanaan untuk liburan mendatang.

Tags
Alam wisata kei wisata maluku
Share