Menyusuri Gua Cantik nan Menantang di Sulawesi Selatan

Sulawesi Selatan memiliki beragam gua unik yang bisa menjadi tujuan berwisata. Suguhan pemandangan disertai aktivitas uji adrenalin bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan masa liburan. Oleh sebab itu, Travelingyuk sudah mengumpulkan 4 gua unik yang wajib disaksikan selama berlibur di sini. Disimak ya!

1. Gua Kallibong Aloa, Kilau yang Mempesona

Gua Kallibong Aloa [image source]

Kilauan dinding layaknya kristal membuat Gua Kallibong Aloa menjadi destinasi wisata favorit di Pangkep. Beragam stalaktit terhampar di langit-langit sepanjang perjalanan. Selain itu, di dalam kawasan terdapat mata air jernih dan stalakmit menyerupai Bunda Maria sedang menggendong bayi. Penasaran?

Stalakmit mirip Bunda Maria [image source]

2. Gua Patta, Keunikan Sungai Bawah Tanah

Gua Patta [image source]

Aktivitas caving juga bisa dilakukan di Gua Patta yang terletak di Desa Samangki, Maros. Di dalam objek wisata ini terdapat sungai bawah tanah yang membuat kondisinya sedikit lembab dan berair. Pengunjung dihimbau untuk berhati-hati saat perjalanan karena di sekitar gua terdapat beberapa jurang yang bisa membahayakan.

Airnya jernih [image source]

3. Gua Leang Putte, Terdalam di Indonesia

Gua Leang Pute [image source]

Gua Leang Putte yang terletak di Desa Labuaja, Kabupaten Maros menyuguhkan panorama yang mempesona. Dengan kedalaman mencapai 270 meter, objek wisata ini mendapatkan predikat sebagai gua terdalam di Indonesia. Saat tiba di dasar, pengunjung bisa melihat cahaya putih seperti arti dari namanya.

Terdalam se-Indonesia [image source]

4. Gua Dinosaurus, Seperti Menyusuri Mulut Hewan Purbakala

Gua Dinosaurus [image source]

Gua Dinosaurus berlokasi di Desa Labuaja dan memiliki bentuk vertikal dengan kedalaman 150-180 meter. Dindingnya dikelilingi oleh bebatuan licin, sehingga perlu perhatian lebih saat menyusurinya. Asal usul nama tempat ini belum diketahui secara pasti, namun kemungkinan diadaptasi dari bentuknya yang seperti mulut hewan prasejarah.

Pemandangan dari bawah [image source]

Berekspedisi menyusuri gua tentu akan menjadi pengalaman yang berkesan dalam liburanmu. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan untuk menunjang aktivitasmu. Selamat berpetualang!

Tags
Indonesia Maros Pangkep Sulawesi Selatan
Share