28 Gunung di Sulawesi Selatan Untuk Menikmati Alam Seindah Khayangan

Meskipun terkenal dengan keindahan laut dan pulaunya, bukan berarti objek wisata di Sulawesi Selatan hanya berkutat di sekitar itu. Provinsi ini juga mempunyai sederet tujuan pendakian yang bisa kamu datangi. Ingin tahu apa saja? Yuk simak ulasan mengenai 28 pegunungan di bawah ini!

1. Puncak Rantemario

Puncak Rantemario [image source]
Dengan ketinggian 3.478 mdpl, Puncak Rantemario mendapatkan predikat sebagai gunung tertinggi ke-5 di Indonesia. Sepanjang perjalanan, kamu bisa melihat pemandangan dusun-dusun di atas perbukitan. Terdapat 3 jalur yang bisa digunakan untuk mendaki di sini, yaitu melalui Tana Toraja, Enrekang, dan Luwu.

2. Gunung Nenemori

Gunung Nenemori [image source]
Gunung Nenemori memiliki ketinggian 3.397 mdpl dan berada dalam satu kawasan dengan Latimojong. Medan jalannya masih belum terlalu jelas, sebab belum banyak pendaki yang menjelajahi kawasan ini. Sulitnya menemukan sumber air menjadi penghambat perjalanan menuju ke puncaknya.

3. Gunung Latimojong

Gunung Latimojong [image source]
Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.305 mdpl dan menjadi salah satu yang tertinggi di Pegununan Latimojong. Puncaknya sendiri dikenal dengan sebutan Tomoupa, artinya orang beruntung. Konon, bebatuan di sini disusun oleh paman Sawerigading, yang tak lain adalah putera Raja Luwu dari Kerajaan Luwu Purba. Kamu bisa mengunjunginya melalui Desa Bungin, Enrekang.

4. Gunung Rantekambola

Gunung Rante Kambola [image source]
Gunung Rante Kambola memiliki ketinggian sekitar 3.083 mdpl. Di puncaknya terdapat susunan batu dari para pendaki sebagai penanda titik tertinggi. Jalur perjalanannya bisa melalui Mingkendek, Tana Toraja ataupun Baraka, Enrekang. Kompas maupun GPS terkadang tak berfungsi karena pengaruh kuatnya medan magnet.

5. Gunung Simbolong

Gunung Simbolong [image source]
Gunung Simbolong terletak di Desa Batu Ke’de, Enrekang. Tempat ini memilki ketinggian mencapai 3.054 mdpl. Di sekitarnya kamu bisa memandangi perkebunan dan bukit batu yang indah. Mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani. Uniknya lagi, kita bisa melihat Tana Toraja dari sini.

6. Gunung Balease

Negeri Lumut di Gunung Balease [image source]
Gunung dengan ketinggian 3.016 mdpl ini memiliki jalur pendakian yang cukup sulit. Sebab, pepohonannya masih cukup rapat dan susah untuk dilewati. Selain itu sumber mata air pun tergolong sulit ditemukan sepanjang perjalanan. Sebuah besi tower dari KPA Batara Sawerigading menjadi penanda lokasi puncak tempat ini.

7. Gunung Tolangi

Pemandangan Gunung Tolangi [image source]
Gunung Tolangi memiliki ketinggian sama seperti Balease, yaitu 3.016 mdpl. Jalurnya pun kurang lebih sama, maka dari itu medannya pun tergolong sulit. Keberadaan susunan batu yang dibuat oleh pendaki sebelumnya menjadi penanda bahwa kamu telah mencapai puncak.

8. Gunung Kambuno

Gunung Kambuno [image source]
Memiliki ketinggian mencapai 2.950 mdpl membuat Gunung Kambuno cukup menantang untuk ditaklukkan. Jarak tempuh menuju pos 1 bisa mencapai 45 kilometer. Puncaknya ditandai oleh susunan batu setinggi 1 meter. Di sini kamu akan mudah bertemu dengan hewan khas Sulawesi, yaitu anoa.

9. Gunung Lompobattang

Gunung Lompobattang [image source]
Lompobattang terletak di Kabupaten Bantaeng. Letaknya yang berdekatan dengan Gunung Bawakaraeng membuat pengunjung bisa melakukan pendakian lintas. Obyek wisata setinggi 2.871 mdpl ini sering dikunjungi oleh penganut sinkretisme untuk melakukan ibadah haji pada bulan Zulhijjah.

10. Gunung Kabentonu

Puncak Kabentonu [image source]
Gunung dengan ketinggian 2.866 mdpl ini juga memiliki medan sulit dengan pepohonan yang tumbuh rapat. Di puncaknya terdapat sebuah prasasti yang dipasang oleh KPA Garis Palopo pada tahun 2012 silam. Selain itu, ada juga telaga kecil bernama Danau Karoue.

11. Gunung Bawakaraeng

Gunung Bawakaraeng [image source]
Gunung Bawakaraeng terletak di kabupaten Gowa dengan tinggi mencapai 2.700 mdpl. Pengunjung menyebut puncak gunung ini sebagai titik terdingin di Sulawesi Selatan. Selain itu, terdapat juga Lembah Ramma yang merupakan hamparan dataran luas dengan pemandangan bukit hijau di sekitar.

12. Gunung Sikolong

Buntu Sikolong [image source]
Gunung Sikolong juga berada di kawasan Pegunungan Latimojong, tepatnya di perbatasan Kabupaten Luwu dan Tana Toraja. Ketinggiannya mencapai 2.754 mdpl. Keunikannya terletak di puncak yang berbentuk batu dengan tinggi sekitar 30 meter. Untuk mengunjunginya bisa melewati beberapa desa, di antaranya melalui Uluwai, Tana Toraja, atau Karangan, Enrekang.

13. Gunung Bulubaria

Gunung Bulubaria [image source]
Gunung Bulubaria memiliki ketinggian 2.657 mdpl dan berada di satu kawasan Pegunungan Lompobattang, Gowa. Di puncaknya, kamu bisa melihat Puncak Bawakaraeng yang kadang tertutup kabut. Terdapat area luas untuk berkemah. Sayang jumlah pohonnya sedikit sehingga sulit untuk melindungi tenda dari tiupan angin.

14. Buntu Karua

Puncak gunung Karua [image source]
Gunung Karua terletak di pedalaman Kabupaten Tana Toraja, Desa Balla. Tempat ini memiliki ketinggian mencapai 2.650 mdpl. Menurut cerita, pegunungan ini dulunya berukuran sangat besar lalu meletus hingga menjadi delapan.

15. Gunung Singgang

Gunung Singgang [image source]
Ketinggian gunung ini mencapai 2.529 mdpl dan berada di Malino, Gowa. Di sekitarnya kamu bisa melihat puncak dari Gunung Lompobattang. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah pemukiman yang ditinggali oleh 276 orang.

16. Gunung Sinaji

Buntu Sinaji [image source]
Gunung ini terletak di Desa Uluway, Tana Toraja dan memiliki ketinggian mencapai 2.430 mdpl. Triangulasinya berbentuk kubus dengan sumur kecil di sampingnya. Tempat ini jarang dikunjungi sebab memiliki medan yang sulit. Kebanyakan jalurnya masih tertutup semak. Kurangnya mata air juga menjadi alasan lain kenapa tidak banyak orang berkunjung ke sini.

17. Gunung Sesean

Gunung Sesean [image source]
Gunung yang letaknya berada di Tana Toraja ini seringkali menjadi tujuan pendaki dari turis lokal maupun mancanegara. Ketinggiannya mencapai 1.400 mdpl dan hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak. Dalam perjalanan, kamu akan menemukan sebuah batu bernama Batutumonga. Konon, benda ini merupakan jelmaan dari seekor kerbau besar.

18. Buntu Puang

Buntu Puang [image source]
Buntu Puang terletak di perbatasan Palopo, Luwu, dan Toraja Utara. Gunung ini memiliki ketinggian mencapai 1.925 mdpl. Penduduk aslinya dikenal dengan rumpun Basse Sang Tempe, dengan tradisi tahunan yaitu pesta panen. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan lokasi pecinta motor trail untuk unjuk kebolehan.

19. Gunung Tondongkarambu

Gunung Tondongkarambu [image source]
Gunung Tondongkarambu memiliki ketinggian mencapai 1.705 mdpl. Tempat ini berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung, tepatnya di Kabupaten Pangkep. Kabarnya di sini merupakan habitat dari tarsius, si monyet kecil bermata merah.

20. Gunung Bulusaraung

Bulusaraung [image source]
Gunung yang terletak di Desa Tompobulu, Kabupaten Pangkep ini memiliki ketinggian mencapai 1.353 mdpl. Dari puncak terlihat pemandangan indah hamparan Karst Maros yang terkenal. Selama perjalanan, kamu akan menjumpai beberapa macam jenis tumbuhan dengan medan pendakian yang terjal dan menantang.

21. Gunung Kandora

Gunung Kandora [image source]
Gunung dengan ketinggian mencapai 1.130 mdpl ini terletak di Tana Toraja. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun medannya bisa memacu adrenalin kamu. Jalurnya merupakan tepian tebing dan bisa berakibat fatal jika pendaki tidak berhati-hati. Terdapat dua jalur, salah satunya cuma bisa dilewati oleh pendaki profesional karena landasan yang cukup berbahaya.

22. Gunung Buttu Kabobong

Buttukabobong [image source]
Tempat yang terkenal dengan nama Gunung Nona ini memiliki ketinggian sekitar 1.157 mdpl. Letaknya berada di wilayah Desa Bambapuang, Enrekang. Kamu bisa menikmati pemandangan lembah dan bukit yang hijau. Selain itu terdapat banyak flora dan fauna seperti monyet, rusa, anggrek, dan masih banyak lagi.

23. Gunung Bambapuang

Gunung Bambapuang [image source]
Gunung dengan ketinggian 1.021 mdpl ini terletak di Desa Bambapuang, Enrekang. Namanya memiliki arti ‘tangga Tuhan’. Tempat ini memiliki bentuk layaknya tebing batu dan sering dijadikan lokasi latihan mountain climbing. Di sini juga terdapat sebuah goa dengan mata air yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh pendaki.

24. Gunung Singki

Buntu Singki [image source]
Di sini terdapat sebuah salib ikonik dari Rantepao. Kamu bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian 940 mdpl. Untuk mencapai puncak, pengunjung harus melewati ratusan anak tangga yang cukup menguras tenaga. Tempat ini juga menjadi destinasi wisata wajib saat berada di Kabupaten Toraja Utara.

25. Gunung Bulu Dua

Bulu Dua [image source]
Gunung yang terbentuk dari batu cadas ini memiliki dua puncak, yang kemudian menjadi inspirasi namanya. Selain itu, pegunungan ini juga menjadi penanda bahwa wisatawan sudah masuk ke wilayah Soppeng. Ketinggian objek wisata ini mencapai 800 mdpl.

26. Gunung Coppo Tille

Coppo Tille [image source]
Gunung setinggi 800 mdpl ini memegang predikat tertinggi di Kabupaten Barru. Namun, perjalanannya juga membutuhkan tenaga ekstra karena medan yang menanjak. Jika mau, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Wae Lato selepas menaklukkan puncak. Lokasinya berada di Kecamatan Tanete Riaja.

27. Gunung Bulu Sorongan

Bulu Sorongan [image source]
Keindahan hamparan alam yang hijau membuat Gunung Bulu Sorongan terlihat eksotis. Objek wisata setinggi 700 mdpl bisa dikunjungi melalui Desa Parenreng, Pangkep. Meskipun tak setinggi pegunungan lainnya, namun jalur trekkingnya dijamin menantang. Jalan kecil di pinggiran gunung mungkin akan membuat pendaki kesulitan dan bisa berbahaya jika tak berhati-hati.

28. Gunung Bulu Saukang

Bulu Saukang [image source]
Gunung batu ini memiliki bentuk persegi yang juga bisa disebut kekar kolom dalam geologi. Panorama hijau sawah dari ketinggian 270 mdpl menjadi suguhan menarik dari tempat ini. Jika ingin berkunjung, kamu bisa langsung ke Kabupaten Maros.

Mendaki gunung di Sulawesi Selatan hingga mencapai puncak tentu akan menjadi sebuah pencapaian yang membanggakan. Selain itu, aktivitas ini juga bisa menjadi liburan yang berkesan. Jangan lupa untuk menyiapkan fisik terlebih dahulu sebelum melewati medan yang menantang. Selamat mendaki!

Tags
Indonesia Mendaki Gunung Sulawesi Selatan wisata gunung
Share