Grojogan Sewu, Destinasi Indah di Kaki Gunung Lawu

Grojogan Sewu merupakan salah satu destinasi alam seru di kaki Gunung Lawu, Tawangmangu, Karanganyar. Bisa ditempuh dengan dua jam perjalanan dari Solo menggunakan transportasi umum.

Kawasan Grojogan Sewu Tawangmangu (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Di kawasan wisata Karanganyar ini, Teman Traveler bisa menikmati indahnya alam pegunungan. Ada wahana seru yang bisa kalian coba, seperti rafting, flying fox, berkuda, kolam renang, melihat kera liar, dan masih banyak lagi. Dijamin tak bakal menyesal mengunjungi Air Terjun Grojogan Sewu.

Menikmati Keindahan Alam

Air terjun Grojogan Sewu (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Bagi Teman Traveler yang menyukai wisata alam, tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai pilihan tempat liburan. Suasana sejuk dan alam asrinya bakal bikin kalian betah berlama-lama di sini. Pas untuk melepas penat
sejenak dari rutinitas kehidupan kota.

Di kawasan ini Teman Traveler juga bisa melihat indahnya panorama Gunung Lawu. Rasakan pula kesegaran air yang mengalir di sungai sekitar sini.

Air Terjun Berusia Ratusan Tahun

Menikmati kesegaran aliran sungai (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Kawasan Gunung Lawu memiliki sebuah air terjun legendaris bernama Grojogan Sewu. Air terjun setinggi 81 meter ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Di sekitarnya terdapat bebatuan yang bisa digunakan untuk duduk santai sambil menikmati segarnya air mengalir.

Nama Grojogan Sewu sendiri berasal dari Bahasa Jawa dan memiliki makna air terjun seribu. Sebutan tersebut diberikan bukan karena air terjunnya berjumlah seribu, namun menggambarkan ukuran yang digunakan untuk mengukur ketinggian air terjun pada zaman dulu. 

Menapaki Ribuan Anak Tangga

Menapaki anak tangga (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Teman Traveler harus sedikit berjuang untuk mencapai air terjun ini. Kalian akan menapaki ribuan anak tangga sebelum bisa sampai di tujuan utama. Di tengah perjalanan kalian juga bakal bertemu kawanan kera liar. Sebaiknya jangan membawa barang bawaan terlalu banyak, terutama makanan dan minuman.

Menikmati Sate Kelinci

Menyantap Sate Kelinci sambil lesehan (c) Esti Traveler/Travelingyuk

Sate kelinci menjadi salah satu kuliner khas Tawangmangu. Rasanya mirip sate ayam. Seporsi sajian ini dihargai Rp25.000. Bisa kalian nikmati sembari bersantai bersama keluarga usai lelah menjelajahi

Selain itu, Teman Traveler juga bisa memetik sayur dan buah segar langsung dari kebunnya. Hasilnya bisa dibawa pulang untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu jangan lewatkan kesempatan menyantap cemilan khas Peyek Bayam.

Mitos di Grojogan Sewu

Ada sebuah mitos yang berkembang di Grojogan Sewu. Terdapat sebuah jembatan yang konon jika dilewati pasangan akan mengakibatkan hubungan kandas. Namun jangan khawatir Teman Traveler, ini hanya sekedar mitos. Buktinya jembatan ini malah jadi spot foto favorit.

Teman Traveler bisa menjadikan Grojogan Sewu sebagai salah satu pilihan tempat liburan di akhir pekan. Tiket masuknya hanya dibandrol Rp15.000 per orang. Kalian bisa berkunjung antara pukul 07.00 hingga 17.00. Bagaimana, mau ajak siapa untuk menikmati keindahan air terjun satu ini?

Tags
Grojogan Sewu kontributor Tawangmangu Travelingyuk wisata tawangmangu
Share