Green Kenyot Cikahuripan, Sungai Berair Jernih di Bandung

febri rama

febri rama

On Indonesia
Cikahuripan Cikahuripan

Di mana kamu berpijak, mungkin di situ juga kamu bisa melihat keindahan yang paripurna. Bukan lautan luas atau lembah-lembah di antara pegunungan, tapi aliran sungai yang jernih. Seperti yang ditawarkan oleh Green Kenyot di Bandung Barat. Keistimewaannya akan membuat kamu terpana.

1. Situs Purba, Green Canyonnya Bandung

Spot Instagenic di Bandung
Spot Instagenic di Bandung Instagram/@fakirpiknik

Wisata ini begitu eksotis dan merupakan situs purba dengan pesona yang nyata. Sungai Cikahuripan disebut sebagai Green Kenyot karena memang dianggap sebagai Green Canyonnya Bandung. Ada tebing-tebing yang menjulang tinggi dibelah oleh aliran sungai jernih berwarna kebiruan.

Sungai Cikahuripan Bandung Barat
Sungai Cikahuripan Bandung Barat via Instagram/@fakirpiknik

2. Air Jernih Untuk Berenang

Berenang di Sungai Cikahuripan
Berenang di Sungai Cikahuripan Instagram/@gilangfebriana9

Dulunya aliran sungai sangat deras dan dalam. Namun semenjak ada pembangunan Bendungan Saguling, debit air yang mengalir ke objek wisata Bandung itu berkurang dan di beberapa tempat bisa digunakan untuk berenang. Salah satunya ya di spot Green Kenyot ini. Hati-hati ya saat datang di musim hujan, karena sungai bisa deras dengan tiba-tiba.

Sungai Cikahuripan berwarna kebiruan
Sungai Cikahuripan berwarna kebiruan Instagram/@a_suhendi2002

3. Tiga Mata Air dengan Rasa yang Berbeda di Dekat Lokasi

Objek wisata air Bandung
Objek wisata air Bandung Instagram/@@sisadoe

Kamu bisa meminta warga sekitar untuk menjadi pemandu. Dengan begitu, kamu dapat menjelajahi Green Kenyot dengan maksimal. Selain menikmati aliran sungai yang menyegarkan, kamu juga bisa menuju tiga mata air yang memiliki rasa unik. Mata air ibu dengan rasa manis, mata air bapak yang terasa pahit, dan mata air sumur yang rasanya seperti air mineral biasa. Kabarnya, sesuai dengan periode menstruasi wanita, mata air sumur akan berwarna merah sekali dalam sebulan.

Green Kenyot Bandung
Green Kenyot Bandung Instagram/@lukman_euy

4. Jangan Ada di Lokasi Sendirian

Sungai Cikahuripan Bandung
Sungai Cikahuripan Bandung Instagram/@ramdanibudi612

Warga setempat menyarankan agar pengunjung tidak berada di area Cikahuripan sendirian. Hal itu demi keselamatan, karena ada waktu-waktu tertentu, di mana Bendungan Saguling dibuka dan alirannya akan memenuhi Sungai Cikahuripan. Demi keselamatan diri saat menyelam, disarankan menyewa pelampung dan peralatan lain yang disediakan olah pengelola wisata.

Wisata Bandung
Wisata Bandung Instagram/@ervanrustandi

Itulah beberapa ulasan tentang Green Kenyot di aliran Sungai Cikahuripan. Untuk masuk ke sini, kamu harus membayar sekitar Rp15.000. Harga yang murah untuk keindahan alam yang menawan.