Gua Tritip Jepara, Pesona Alam yang Tengah Digandrungi

Jepara sudah lama dikenal dengan keindahan alamnya. Mulai dari deretan pantai, hingga pulau cantik seperti Panjang dan Karimun Jawa. Beberapa di antaranya sudah mendunia, dikenal hingga kalangan wisatawan mancanegara. Namun jangan salah, masih ada destinasi lain yang tak kalah apik lho. Salah satunya adalah Goa Tritip.

Tengah Digandrungi

Pintu masuk area wisata (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Goa Tritip adalah salah satu obyek wisata Jepara yang dikelola sepenuhnya oleh masyarakat sekitar. Mereka memanfaatkan potensi alam sekitar yang masih asri, dengan mengangkat sedikit kisah sejarah masa lampau. Berada di daerah Ujungwatu, destinasi ini termasuk sangat digandrungi wisatawan dalam beberapa bulan belakangan.

Bekas Tempat Pertapaan

Goa Tritip (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, Goa Tritip dulunya merupakan tempat bertapa Mbah Joyo Kusumo. Saya tidak tahu pasti siapa beliau, namun yang jelas reputasinya sangat dihormati di sini.

Begitu sampai lokasi, Teman Traveler akan menjumpai banyak bebatuan besar di area tebing. Semuanya terlihat menjulang tinggi, nampak begitu indah. Kehadiran deretan pepohonan besar juga bakal makin menambah takjub kalian saat berjalan-jalan di sini.

Ada Banyak Spot Foto

Spot foto menarik di Tritip via Instagram.com/kiki_wn03

Kala saya berkunjung siang itu, langit begitu cerah. Dengan mantap saya melangkahkan kaki menuju Goa Tritip. Meski sinar mentari sudah lumayan terik, nyatanya pengunjung masih banyak yang bersantai di lokasi. Mereka tampak asyik bercengkrama di antara rindangnya pepohonan.

Terlepas dari keindahan alamnya, pesona Goa Tritip lainnya adalah sisi puncaknya. Di sini Teman Traveler bisa menemukan banyak spot foto instagenic. Hal ini menjadi daya tarik utama bagi sebagian besar pengunjung, terutama untuk para generasi milenial.

Sebaiknya Datang Saat Petang

Pemandangan dari atas goa (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Hanya butuh waktu 10-15 menit saja untuk menggapai area puncak. Tak perlu khawatir karena jalannya sudah lumayan mulus. Begitu sampai tujuan, Teman Traveler bakal dibuat takjub oleh indahnya pemandangan dari ketinggian. Jajaran bukit hijau hingga lautan utara, semua terlihat jelas.

Waktu terbaik untuk menyambangi kawasan ini adalah menjelang petang, beberapa saat sebelum matahari terbenam. Corak jingga dari langit sekitar akan bikin suasana makin syahdu. Hasil foto Teman Traveler juga bakal lebih dramatis.

Lapar? Tak Perlu Khawatir

Jika Teman Traveler sudah mulai lapar? Tak usah khawatir. Di kawasan puncak, kalian akan menemukan deretan warung yang menjual minuman dan mie instan. Kalian juga bisa nongkrong asyik sembari ngopi di sini. Benar-benar ciamik. Pantas saja wisatawan sangat menggandrungi Goa Tritip.

Sedari sampai di pintu masuk pun sudah ada beberapa warung siap melayani kebutuhan Teman Traveler. Rata-rata pedang di sini ramah kok, mereka menyambut tiap pengunjung yang datang dengan tangan terbuka. Jadi tak usah khawatir.

Selain warung, fasilitas lain yang tersedia di sini adalah musala dan kamar mandi umum. Sangat membantu para pengunjung agar makin nyaman kala jalan-jalan di sekitar Goa.

Murah Meriah

Hanya dengan membayar tiket masuk Rp5.000, Teman Traveler sudah bisa puas menikmati wisata alam ini. Meski tergolong baru, Gua Tritip langsung jadi salah satu destinasi primadona. Jadi, kapan kalian puna rencana nge-trip ke sini saat sedang liburan di Jepara?

Tags
goa tritip Jepara kontributor Travelingyuk wisata jepara
Share