Goa Rong View, Wisata di Atas Awan Semarang dengan Sunset Romantis

Reksita Wardani

Reksita Wardani

On Indonesia
Goa Rong View

Sering liburan ke Semarang? Waktunya Teman Traveler untuk menjajal wisata anti mainstream di kabupatennya. Ada Umbul Sidomukti yang terkenal sebagai negeri di atas awan, Bukit Cinta Rawa Pening dengan pengalaman berkeliling rawa, hingga sunset cantik ala Sumurup. Selain itu, Kabupaten Semarang juga punya Goa Rong View yang juga menyuguhkan keindahan sunset nan romantis. Seperti apa keistimewaan dari destinasi wisata ini? Yuk, simak ulasan kontributor Travelingyuk, Reksita Wardani berikut.

Wisata di Atas Awan dengan Pemandangan Memesona

Pemandangan dari Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Pemandangan dari Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Goa Rong View merupakan destinasi wisata di atas bukit yang berada di Desa Tlogo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Seperti namanya, tempat ini bisa Teman Traveler tuju untuk melepaskan penat sejenak dari aktivitas sehari-hari ditemani panorama alam Kabupaten Semarang nan memesona dari ketinggian.

Di destinasi ini Teman Traveler bisa melihat dengan jelas Gunung Ungaran, Sumbing, Sindoro dan Telomoyo nan tinggi menjulang. Sementara di antara gunung-gunung tersebut Teman Traveler juga bisa melihat luasnya danau Rawa Pening dengan airnya yang berkilauan saat terkena cahaya matahari. Selain itu, Teman Traveler juga bisa menyaksikan sendiri kesibukan jalanan Tuntang, Bawen, hingga Jalan Tol Semarang – Solo.

Tersedia Area Bermain Anak-anak dan Spot Selfie

Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Bukan hanya menyuguhkan pemandangan yang memukau, Goa Rong View juga cocok dikunjungi bersama keluarga tercinta karena menyediakan area bermain anak-anak. Mainan seperti ayunan, perosotan, panjat tangga tali dan sebagainya tertata sedemikian rupa, dikelilingi gazebo dan tempat duduk di sebagian besar kawasan destinasi wisata yang satu ini.

Selain area bermain anak, di salah satu sudut Goa Rong View saat ini juga tersedia sebuah spot selfie yang bisa langsung digunakan tanpa perlu membayar tiket masuk lagi. Di spot selfie ini Teman Traveler dapat berpose keren dengan latar belakang Gunung Ungaran dan Danau Rawa Pening. Dijamin feed Instagram semakin keren dan bikin iri follower tercinta yang melihat foto-foto Teman Traveler, deh.

Viewpoint dengan Pemandangan Sunset Romantis

Viewpoint sunset Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Viewpoint sunset Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Sunset menjadi sesuatu yang paling ditunggu para pengunjung Goa Rong View. Biasanya pengunjung sudah mulai saling berebut memadati viewpoint yang berada di sebelah cafeteria untuk berfoto dengan latar belakang sunset dan pemandangan senja Kabupaten Semarang. Apalagi saat cuaca cerah, sunset yang terlihat sangat romantis lengkap dengan kerlap-kerlip lampu kendaraan yang melintas di jalanan Tuntang – Bawen.

Tidak cukup hanya romantis, sunset dari Goa Rong View yang terkadang tampak jingga keunguan pastinya juga bisa membuat feed Instagram Teman Traveler semakin keren. Tetapi, untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal harap sedikit bersabar, terutama ketika Teman Traveler berkunjung saat weekend atau peak season yang sangat padat wisatawan. Butuh beberapa waktu sampai lokasi menjadi sedikit lega untuk digunakan berfoto.

Cafetaria Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Cafetaria Goa Rong View (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Supaya lebih romantis, Teman Traveler juga bisa mengajak pasangan melihat sunset sambil menikmati kuliner lezat yang dihidangkan di cafeteria Goa Rong View. Ada tiga pilihan lokasi tempat duduk yang bisa Teman Traveler pilih, yakni berada di samping kanan viewpoint, di sebelah kiri atau di bagian belakang dengan lokasi yang sedikit lebih tinggi.

Akses Mudah dari Berbagai Lokasi Kedatangan

Rute menuju Goa Rong View c) Reksita Wardani/Travelingyuk
Rute menuju Goa Rong View c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Jika Teman Traveler datang ke Semarang dengan naik kereta atau pesawat, maka perjalanan menuju ke Goa Rong View bisa menggunakan kendaraan pribadi dari kota menuju Tuntang. Untuk lebih mudahnya bisa langsung masuk tol kemudian keluar di pintu tol Bawen. Kemudian, lanjutkan perjalanan melewati Banaran menuju Tuntang dan belok ke kiri setelah menemukan pos polisi di kiri jalan.

Setelah itu, Teman Traveler hanya perlu lurus hingga menemukan papan nama Tlogo Resort dengan lapangan sepakbola di kanan jalan. Silahkan masuk ke jalan kecil yang ada di sisi kanan lapangan. Belok kiri setelah menemukan pertigaan kedua, dari sini Teman Traveler tidak lama akan sampai di pos jaga tempat membeli tiket masuk Goa Rong View. Jika sudah membayar, lanjutkan perjalanan menaiki bukit dengan jalan aspal berkelok untuk sampai lokasi Goa Rong View.

Sementara jika Teman Traveler dari arah Salatiga, maka bisa menuju ke arah UKSW dan lanjutkan perjalanan sampai menemukan Gapura Desa Lopait di perbatasan Salatiga dan Kabupaten Semarang. Silahkan masuk ke kawasan Desa Lopait dan mengikuti petunjuk menuju Goa Rong View yang sudah tersedia.

Dalam perjalanan menuju ke Goa Rong View, di kanan jalan tanjakan kedua, Teman Traveler bisa melihat keberadaan Goa Roang di sebelah kanan jalan. Teman Traveler bisa mampir terlebih dahulu jika berniat untuk pulang setelah menyaksikan sunset. Saat malam suasana di sekitar Goa Rong cenderung gelap karena minimnya penerangan yang ada.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas yang Didapatkan

Pemandangan cantik dan menawan (c) Reksita Wardani/Travelingyuk

Tiket masuk ke Goa Rong View hanya dibanderol Rp10.000/pengunjung dan biaya parker sebesar Rp3.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp4.000 untuk kendaraan roda empat. Berbekal tiket masuk tersebut Teman Traveler sudah bisa menggunakan semua fasilitas yang tersedia di Goa Rong View, kecuali makan di cafeteria.

Bagaimana? Teman Traveler ingin membuktikan sendiri keindahan sunset dari Goa Rong View? Yuk, berangkat sekarang juga!