Goa Lawa dan Macan, Destinasi Alam Eksotis di Grobogan

Jika Teman Traveler sering melewati jalur pantura, khususnya di Jawa Tengah, pasti sudah tak asing dengan Pegunungan Kendeng. Kawasan yang membentang hingga Jawa Timur ini menyimpan banyak potensi wisata alam menarik. Salah satunya adalah Goa Lawa dan Macan di Kabupaten Grobogan.

Goa Lawa dan Macan wajib dikunjungi jika Teman Traveler termasuk penggemar wisata bernuansa alam. Setiap sudutnya nampak begitu eksotis. Daripada penasaran, yuk simak pengalaman saya saat berjalan-jalan di sekitaran sana.

Rute Menuju Gua

img_20190802_135613_ogf.jpg
Loket masuk Goa Lawa (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Buat Teman Traveler yang berniat mampir ke Goa Lawa, bisa langsung arahkan kendaraan ke Jalan Grobogan, Sukolilo atau sisi utara dari pusat kota. Jaraknya kurang lebih sekitar 14 kilometer. Siapkan stamina karena jalanan menuju sini bakal banyak menanjak.

Setelah beberapa saat, Teman Traveler akan menemukan papan nama Goa Lawa dan Macan. Dari sini kalian masih harus menyusuri jalan setapak sepanjang dua kilometer. Setelah itu barulah kalian sampai di destinasi wisata yang berada di Dusun Watusong, Desa Sidayu, Kecamatan Grobogan ini.

Goa Lawa

img_20190802_133850_jIG.jpg
Suasana di dalam goa (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Goa Lawa berada di dekat pintu masuk dan ada di sisi kanan setelah jalur menanjak. Tempatnya berbeda dengan Goa Macan, jadi jangan berpikir keduanya adalah destinasi yang sama Teman Traveler.

Kondisi goa kini sudah berbeda jauh dibanding beberapa waktu silam. Suasananya lebih eksotis, bahkan sempat dikunjungi oleh Bupati Grobogan. Area di dalamnya terlihat luas. Deretan stalaktit menjadi daya tarik tersendiri. Kehadiran lampu warna-warni bikin pemandangan sekitar makin menakjubkan, sekaligus menepis image wisata goa yang selama ini identik dengan gelap.

Gua Macan

img_20190802_134233_43N.jpg
Memasuki Goa Macan (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Puas menjelajah Goa Lawa, Teman Traveler bisa lanjut ke Goa Macan. Destinasi ini cukup mudah dijangkau, namun lokasinya sedikit berada di ketinggian. Kalian harus menapaki tangga untuk bisa menggapai tempat ini.

Sama seperti goa sebelumnya, tempat ini juga dihiasi deretan stalaktit indah. Bedanya hanya ruangan di dalamnya tidak terlalu luas. Meski begitu, atmosfer di sini tetap menarik. Pantang dilewatkan, terutama bagi Teman Traveler penggemar aktivitas susur goa.

Lokasi Masih Asri

img_20190802_134901_dXK.jpg
Jalan di sekitaran goa (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Sepanjang perjalanan menuju lokasi, Teman Traveler akan disuguhi indahnya pemandangan sawah milik warga sekitar. Maklum saja, kedua destinasi ini berada di kawasan Pegunungan Kendeng. Setelah menempuh sekitar setengah perjalanan, barulah kalian bakal melihat area perkampungan.

Suasana di sekitar dua goa ini terasa sangat asri. Pepohonan dan tanamannya terlihat begitu hijau. Berpadu apik dengan udara segar khas dataran tinggi. Teman Traveler bakal merasakan asyiknya berjalan ditemani hembusan angin sepoi-sepoi selama berada di kawasan ini.

Itulah sedikit pengalaman saya menjelajah Goa Lawa dan Macan. Buat Teman Traveler yang hobi menyambangi wisata alam dan tengah berada di sekitar Kabupaten Grobogan, tak ada salahnya mampir ke sini. Jangan lupa ajak teman maupun sahabat agar perjalanan kalian terasa makin seru!

Tags
Grobogan kontributor Travelingyuk Wisata Grobogan
Share