Taman Bunga Goa Kiskendo, Cantik Unik dan Instagenic

Apa menariknya wisata ke goa? Ups jangan salah Teman Traveler. Tak hanya simpan misteri dan sejarah, goa bukan saja bisa jadi destinasi indah nan mengesankan tetapi juga cantik instagenic. Salah satu contohnya adalah Taman bunga Goa Kiskendo di Jalan Kaligesing, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Jogjakarta.

Taman bunga Goa Kiskendo (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Akses jalan menuju destinasi ini terbilang aman, meski sedikit berkelok-kelok. Sangat mudah ditempuh dari pusat kota. Teman Traveler cukup arahkan kendaraan menuju Jalan Godean, lanjutkan ke arah barat, dan ikuti petunjuk yang ada. Akan lebih simpel jika kalian menghidupkan Google Maps.

Nuansa Alami yang Mempesona

Area masuk Goa Kiskendo (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Sore yang cerah, saya dan seorang saudara perempuan melajukan sepeda motor dengan kecepatan sedang. Kami menikmati liku jalanan dengan bersemangat. Rasanya sudah tak sabar menginjakkan kaki ke area Goa Kiskendo yang bersejarah itu. Untungnya, perjalanan cukup lancar karena kami sudah biasa mengendarai sepeda motor di area pegunungan.

Usai membayar tiket Rp6.000 per orang dan parkir motor Rp2.000, kami langsung menyusuri anak tangga menuju titik goa. Tangga batu tersebut membentang panjang dihiasi guguran daun. Sungguh pesona alami yang sangat memesona.

Tepat di bawah area parkir, terdapat sebuah taman lengkap dengan deretan meja dan kursi dari batu. Di sini Teman Traveler bisa melihat beberapa ekor monyet di dalam kandang berjerusi besi. Suara mereka memang cukup berisik, namun jadi sebuah sajian khas sebelum memasuki mulut goa.

Taman Buatan yang Indah

Tangga menuju goa (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Goa yang tercatat dalam kisah Ramayana memiliki area cukup luas, dengan taman di sekelilingnya. Pepohonan besar di sini juga menjadi daya tarik tersendiri, membuat suasana teduh dan sejuk. Sangat cocok dijadikan tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. Apalagi di beberapa sudut taman terdapat gazebo yang pas untuk bersantai.

Taman bunga eksotis (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Uniknya, Goa Kiskendo kini dilengkapi dengan taman bunga jengger merah dan kuning. Sepetak tanah di sebelah kolam ini pasti akan memikat mata Teman Traveler. Tak sedikit pengunjung remaja dan anak-anak berhenti sejenak untuk berswafoto di sini.

Pesona Bunga Jengger

Bunga Jengger Ayam (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Bunga jengger ayam (Celosia cristata) merupakan tanaman yang bentuknya mirip salah satu bagian di kepala ayam. Tumbuhan setinggi 60-90 cm ini biasa digunakan untuk menghias taman atau lahan. Tak hanya cantik, tanaman ini juga berkhasiat meredakan radang dan memperbaiki penglihatan.

Teman Traveler tak perlu khawatir bakal merusakn indahnya kebun bunga jengger di sini. Jarak antar tanaman sudah ditata sedemikian rupa, namun tetap berhati-hati ya. Kami pun tak lupa meluangkan waktu untuk menikmati indahnya taman bunga buatan ini.

Istirahat di Gazebo

Berfoto di taman bunga (c) Latifah Ayu Kusuma/Travelingyuk

Lelah berfoto, Teman Traveler bisa memanjakan diri di gazebo atau
melanjutkan perjalanan dengan wisata susur goa. Kalian bisa minta ditemani pemandu di sekitar kawasan wisata agar lebih tahu soal latar belakang sejarahnya.

Goa Kiskendo sendiri cukup unik, posisinya menjorok ke bawah permukaan tanah. Menjelajah di sekitar sini, Teman Traveler harus siap berbasah-basah dan terkena lumpur. So, jangan lupa kenakan pakaian nyaman atau bawa baju ganti ya.

Selain Goa Kiskendo, kawasan Girimulyo sebenarnya memiliki beberapa destinasi menarik lain seperti Hutan Pinus Kalilo, Air Terjun Kembang Soka, Kedung Pedut, Goa Seplawan, dan masih banyak lagi. Semuanya bisa dikunjungi dengan tiket masuk yang rata-rata murah.

Itulah pengalaman saya mengunjungi Taman Bunga Goa Kiskendo. Bagaimana Teman Traveler, menarik bukan? Jangan lupa mampir ke sini saat kalian sedang liburan di Jogjakarta ya.

Tags
Jogja kontributor Travelingyuk Wisata Jogjakarta
Share