Deretan Goa di Raja Ampat, Buat Kamu yang Bosan Pantai, Yuk Merapat!

Raja Ampat, Papua Barat memang selama ini terkenal menyuguhkan pantai dengan panorama istimewa. Gugusan-gugusan pulau yang terdapat di sekelilingnya bikin panoramanya makin eksotis. Eits, namun jangan salah ya Teman Traveler, Raja Ampat tidak hanya menyajikan pantai dan pulau, ada juga deretan goa yang cantik. Yuk ikuti ulasan berikut ini, deretan goa di Raja Ampat, cantik dan memikat.

Goa Keramat

Goa Keramat, via Instagram/taufikhdayat
Goa Keramat, via Instagram/taufikhdayat

Goa Keramat harus masuk bucket listmu jika jalan-jalan ke Raja Ampat. Lokasi tepatnya berada di Teluk Tomolol. Tempatnya sangat cantik namun penuh dengan kisah misteri di dalamnya. Para pengunjung diperbolehkan untuk berenang menelusuri gua, namun tidak disarankan untuk masuk terlalu jauh lantaran makin gelap. Airnya memang bening, karena itulah menggoda sekali untuk berenag.

Goa Pulau Gam

Goa Pulau Gam, website antara.com
Goa Pulau Gam, website antara.com

Selanjutnya ada Goa di Pulau Gam yang menjadi destinasi wisata baru di Raja Ampat. Ini benar-benar baru, bahkan belum dipromosikan oleh Dinas Pariwisata. Namun kebanyakan para pemandu wisata lokal sudah mengetahuinya. Ornamen di goa ini unik, di dasarnya ada air yang jernih, kelelawar dan bebatuan kars. Alamnya indah, namun harus selalu berhati-hati jika berkunjung.

Goa Putri Termenung

Goa Putri Termenung, via Instagram/terdalam_
Goa Putri Termenung, via Instagram/terdalam_

Dinamakan Goa Putri Termenung lantaran ada satu batu yang bentuknya menyerupai seseorang sedang duduk termenung. Dan batu ini yang menjadi buruan swafoto orang-orang untuk datang. Masyarakat setempat percaya jika dahulu ada seorang putri yang duduk termenung di tengah latar luas, kemudian perlahan-lahan menyatu dengan dinding goa. Bisa percaya atau tidak. Letaknya ada di Pulau Len Makana, Misool, Raja Ampat.

Goa Bandara

Goa Bandara, via Instagram/waisaiberkisah
Goa Bandara, via Instagram/waisaiberkisah

Ada satu lagi goa tersembunyi namun memiliki keindahan yang tak perlu untuk dipertanyakan. Namanya adalah Goa Bandara dengan panorama yang begitu cantik memesona. Alamat Goa Bandara ini berada di Waisai, Raja Ampat. Lokasinya sangat cantik dan masih begitu asri, datang ke sini saat jelajah keindahan Raja Ampat ya Teman Traveler.

Goa di Raja Ampat ini bisa menjadi alternatif buat kamu yang bosan banget dengan pantai dan segala isinya. Kalau bisa sih, dua-duanya, pantai dan juga goa ya. Semoga kamu memiliki pengalaman jalan-jalan yang menyenangkan.

Tags
Goa di Raja Ampat Indonesia papua barat raja ampat
Share