4 Wisata Goa di Lombok yang Cantiknya Mudah Bikin Jatuh Cinta

Keindahan goa di Lombok, tidak jauh berbeda dengan keindahan pantai-pantai yang ada di sana. Teman Traveler pasti akan mudah jatuh cinta. Keberadaan empat goa-goa cantik di Lombok berikut ini, kecantikannya menambah daya tarik wisata Lombok yang memang sudah terkenal hingga dunia. Apa saja goa yang dimaksud? Lanjut simak artikelnya ya!

1. Goa Kotak

Keindahan Goa Kotak
Keindahan Goa Kotak via Instagram/ritajr_

Keindahan goa di Lombok yang satu ini unik sekaligus tersembunyi. Tempat ini cenderung berbeda dengan goa kebanyakan yang masuk ke lorong panjang dan berliku, serta berstalakmit dan berstalagmit. Goa Kotak benar-benar berbentuk seperti namanya. Seperti batuan yang ditembus beton berbentuk kotak. Sebab letaknya yang berada di atas bukit, dari pintu Goa Kotak, Teman Traveler bisa menyaksikan keindahan hamparan pantai dan alam Lombok Tengah yang menakjubkan.

2. Goa Bangkang

Goa Bangkang dan Cahaya Mataharinya yang Unik
Goa Bangkang dan Cahaya Mataharinya yang Unik via Instagram/agusm123

Lombok Tengah menyimpan goa indah dengan ratusan kelelawar di dalamnya. Berani coba? Namanya adalah Goa Bangkang. Goa ini terletak di Desa Prabu, Pujut, Lombok Tengah. Tepatnya berada di antara Pantai Are Guling dan Pantai Kuta. Ketika berada di dalam goa, Teman Traveler akan mencium aroma khas dari kelelawar yang banyak menggantung di atas goa. Meski begitu, di sana, Teman Traveler juga akan menikmati cahaya yang masuk secara dramatis, keindahan yang tidak dimiliki goa lainnya.

3. Goa Tanjung Ringgit

Goa Tanjung Ringgit
Goa Tanjung Ringgit via Instagram/panz_1990

Ada lagi tempat yang mewakili keindahan goa di Lombok. Namanya adalah Goa Tanjung Ringgit. Letak goa ini berada di ujung bagian Tenggara Pulau Lombok. Jaraknya 85 km dari Kota Mataram. Karena letaknya yang jauh, goa indah ini belum begitu banyak dikunjungi. Goa Tanjung Ringgit berupa bukit dan tebing kars. Terdapat pantai indah di kawasan Goa Tanjung Ringgit yang jernih airnya membuat siapa saja betah berlama-lama.

4. Goa Susu

Air Terjun di Goa Susu
Air Terjun di Goa Susu via Instagram/mnd_ndr

Goa Susu berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Keunikan yang dimiliki goa ini adalah terdapat tempat pemandian air hangat alami yang bisa dipakai berendam. Dinamakan Goa Susu karena air hangat di sana memiliki warna putih seperti susu, selain itu, bagian stalaktit goa juga menyerupai puting payudara. Gua Susu memiliki tinggi sekitar 60 cm dengan lebar 2 m dan terletak di bagian bawah Gua Payung.

Keberadaan goa di Lombok yang masing-masing memiliki kecantikan dan keunikan, menjadi salah satu dari sekian banyak alasan yang benar untuk berkunjung dan menghabiskan waktu liburan di pulau ini. Yay! Selamat berlibur!

Tags
goa Indonesia Lombok Nusa Tenggara Barat Wisata
Share