Asyiknya Jelajah Lorong Bakau Gili Petagan, Bagai Hutan Amazon

Advertisement
Advertisement

Mendengar nama Lombok, pikiran Teman Traveler mungkin akan tertuju pada sederet tempat wisata seperti Gili Trawangan, Air, dan Meno. Wisata tersebut memang sudah tak asing lagi di telinga wisatawan. Namun tahukah Teman Traveler, bahwa Lombok masih punya pulau kecil lain yang tak kalah menarik, yaitu Gili Petagan?

Menelusuri lorong-lorong bakau di Gili Petagan (c) Rosita/Travelingyuk

Di ujung timur, kalian bisa menemukan gugusan gili cantik yang menawarkan nuansa syahdu. Meski belum populer, Gili Petagan memiliki sederet pesona menarik.

Cukup Jauh dari Mataram

Birunya laut di perairan Petagan (c) Rosita/Travelingyuk

Gili Petagan berada di Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Posisinya cukup jauh dari Mataram. Untuk bisa sampai sini, Teman Traveler bisa bergerak menuju Labuan Pandan di Sambelia. Kira-kira akan butuh waktu sekitar dua setengah jam dari pusat kota.

Setelah tiba di Labuan Pandan, kalian bisa menitipkan kendaraan pada masyarakat sekitar. Tenang saja, sepeda motor atau mobil kalian akan aman berada di sana. Setelah itu, langkah berikutnya adalah menyewa perahu di Pondok Gili Lampu untuk menjelajah Gili Petagan. Setelah itu, kalian akan menempuh perjalanan sekitar 30 menit sebelum sampai tempat tujuan.

Lorong-lorong bakau bak Hutan Amazon

Deretan pohon bakau di sekitar pulau (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler bakal terpukau saat perahu melaju melewati lorong-lorong bakau di Gili Petagan. Deretan tanaman penghalau ombak tersebut terlihat amat rimbun, hadirkan pemadangan bagai di Hutan Amazon. Namun tenang saja, kalian takkan bertemu hewan buas di sini. Setelah beberapa saat, Teman Traveler akan sampai di sebuah kawasan mirip danau yang dikelilingi hutan bakau.

Petagan sendiri memiliki luas sekitar 50 hektar. Hutan bakau di sini konon sudah ada sejak zaman penjajahan Jepang. Sejauh mata memandang, terlihat hamparan padang lamun dan terumbu karang indah. Di sekeliling nampak perairan berwarna biru. Udara sekitar juga terasa sangat segar.

Caption: Gili Petagan hanya bisa ditelusuri saat air laut tidak dalam kondisi surut (sumber foto: rosita)

Gili di Ujung Timur Lombok

Petagan bisa jadi salah satu destinasi menarik untuk dikunjungi kala Teman Traveler sedang berada di Lombok. Pulau ini merupakan bagian dari gugusan gili kecil di yang berada di ujung timur Pulau Seribu Masjid. Setelah berkeliling di sekitar Hutan Bakau, nelayan setempat juga akan mengantar kalian melihat-lihat beberapa pulau kecil lainnya.

Posisi Petagan bersebelahan dengan Gili Bidara dan Gili Kapal. Pulau-pulau di sekitar sini banyak yang tak berpenguhuni dan belum banyak dikenal wisatawan. Namun justru karena hal tersebut, Teman Traveler bisa menemukan pemandangan alami tak terjamah plus suasana tenang. Di kawasan ini kalian juga dapat melihat gagahnya Gunung Rinjani di sebelah barat.

Daerah di sekitar Petagan hanya bisa dijelajahi dengan perahu dan tidak ada pantai untuk menyandarkan perahu. Oleh karena itu, kunjungan ke sini sebaiknya menunggu waktu tepat saat air sedang tak surut. Ketika air surut, perahu takkan bisa melintas.

Lorong bakau bagai Hutan Amazon (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai indahnya kawasan di sekitar Gili Petagan, salah satu dari pulau kecil di ujung timur Lombok. Bagaimana Teman Traveler, adakah di antara kalian yang tertarik berlibur ke sini?

Advertisement
Tags
Indonesia kontributor Lombok Travelingyuk wisata lombok
Share