Gili Nanggu, Anti Mainstream dan Penuh Pesona

Berencana menjelajah wisata Lombok namun jenuh melihat betapa padatnya Gili Trawangan? Tenang Teman Traveler, masih ada beberapa alternatif. Salah satunya adalah Gili Nanggu, pulau mungil yang tawarkan pantai dan alam bawah laut cantik. Yuk, kita simak bersama seperti apa pesona apik di destinasi ini.

Akses Mudah, Dekat Bandara

05_nanggu_Wnu.jpg
Perahu untuk menyebrang ke pulau (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Gili Nanggu berada di sisi selatan Lombok. Bisa diakses dari pusat Mataram melalui jalur Pelabuhan Lembar, dilanjutkan dengan belok ke arah Sekotong. Jika Teman Traveler baru mendarat di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid di Praya, pulau cantik ini bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam saja.

Desa Tawun jadi titik awal penyebrangan ke Gili Nanggu. Di desa nelayan ini kalian bakal menemukan banyak perahu warga lokal yang bisa disewa. Untuk island hopping ke Gili Nanggu pulau lain di sekitarnya selama seharian penuh, Teman Traveler cukup bayar kurang lebih Rp350.000-an.

Satu perahu bisa muat untuk delapan orang. Kalian juga bisa sewa peralatan snorkeling andai lupa membawa.

Serasa Pulau Pribadi

gili nanggu
Tawarkan panorama indah pasir putih dan laut biru (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Setelah kurang lebih 20 menit menyeberang naik perahu, Teman Traveler akan tiba di Gili Nanggu. Pulau seluas 12,5 hektar ini dikelilingi pantai landai dengan pasir putih lembut. Bagian tengahnya ditumbuhi pepohonan rimbun.

Kala saya mampir ke sini, suasananya sangat sepi. Sama sekali tidak ada wisatawan lain. Laut sekitarnya terasa sangat tenang, dengan angin berhembus sepoi-sepoi. Rasanya seperti sedang liburan di pulau pribadi.

Ada beberapa gazebo di sekitar pantai. Setelah lelah bermain pasir atau mendayung kano, Teman Traveler bisa istirahat di sini sembari makan siang.

Terumbu Karang Indah

02_nanggu_yfN.jpg
Pesona bawah laut mempesona (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Alam bawah laut di sekitar pulau ini juga tak kalah menawan. Tak jauh dari bibir pantai, Teman Traveler bisa snorkeling untuk menikmati keindahan hamparan terumbu karang yang masih sangat terjaga. Jenisnya pun beragam, dengan jarak rapat sehingga tampak seperti taman bawah laut penuh warna.

Di sela-sela terumbu karang berseliweran ikan berbagai jenis. Jika ingin menyapa mereka dari dekat, Teman Traveler bisa berikan remah-remah roti.

08_nanggu_EB6.jpg
Terumbu karang yang masih sangat terjaga (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Namun perlu diingat, Teman Traveler harus hati-hati saat snorkeling. Usahakan jangan sampai menyenggol terumbu karang dan membuatnya patah. Kelestarian dan keindahannya perlu kita jaga bersama.

Cottage Eksotis dan Spot Foto Unik

04_nanggu_Krc.jpg
Kanopi daun yanag unik (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Jika Teman Traveler berniat menghabiskan malam di Gili Nanggu, ada cottage yang bisa kalian sewa. Tarifnya mulai Rp500.000-an per malam, dengan fasilitas cukup lengkap. Kalian bisa pilih kamar yang langsung menghadap pantai atau berada di tengah rimbunnya pepohonan.

Ingin lebih ekonomis? Teman Traveler bisa dirikan tenda di camping ground sekitar sini. Tarifnya hanya Rp100.000-an per tenda.

Bergerak ke tengah pulau, ada deretan pohon besar yang membentuk semacam kanopi alami nan fotogenik. Teman Traveler bisa luangkan waktu untuk berfoto-foto sampai puas di sini.

Singgah di Gili Kedis

gili nanggu
Panorama Gili Kedis (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Setelah seharian menikmati pesona Gili Nanggu, Teman Traveler bisa lanjutkan menyeberang ke Gili Kedis. Pulau yang lebih kecil ini tidak memiliki penginapan atau fasilitas lain, hanya ada hamparan pasir dengan pepohonan di sela-sela batu karang. Tempat ini biasanya dikunjungi wisatawan untuk melihat sunset karena posisinya menghadap ke barat.

gili nanggu
Hamparan pasir putih (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk
gili nanggu
Perahu untuk island hopping (c) Adhi Kurniawan/Travelingyuk

Teman Traveler juga bisa melanjutkan aktivitas snorkeling di sini. Sama seperti Gili Nanggu, terumbu karang di sekitar Gili Kedis juga variatif dan penuh warna.

Itulah sedikit pengalaman saya liburan di Gili Nanggu. Jika Teman Traveler berencana habiskan pekan di sekitaran Pulau Seribu Masjid, destinasi ini bisa jadi salah satu alternatif. Selamat mencoba!

Tags
Gili Nanggu Indonesia kontributor Lombok NTB Travelingyuk wisata lombok
Share