Celakakan Diri dan Rugikan Orang Lain Demi Sosial Media, Jangan Ditiru!

Perkembangan media sosial yang begitu pesat beberapa waktu belakangan ini memang banyak mengubah kebiasaan orang-orang. Yang dulunya pesanan makanan datang langsung disantap, sekarang difoto terlebih dahulu. Mencari berbagai spot yang kekinian dan Instagenic untuk esksis di media sosial. Tidak ada salahnya, toh itu hak semua orang. Namun jangan sampai membahayakan diri dan juga orang lain. Berikut ini beberapa kasus yang pernah terjadi mencelakakan diri dan membahayakan orang lain hanya untuk foto dan bisa eksis di media sosial. Termasuk juga dengan kejadian Gili Lawa yang kebakaran.

1. Gili Lawa, Diduga Cari Footage untuk Prewedding

Kebakaran di Gili Lawa, Via Instagram loveantourtravel
Kebakaran di Gili Lawa, Via Instagram loveantourtravel

Kebakaran pada Rabu (1/8/2018) malam yang terjadi di Gli Lawa, Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur menghebohkan publik. Angin yang berhembus kencang cepat menyambar kawasan yang selama ini terkenal dengan hamparan hijaunya.

Kebakaran diduga datang dari percikan kembang api yang digunakan untuk properti foto prewedding sepasang wisatawan. Meskipun api sudah dengan mudah dipadamkan, sampai sekarang pihak yang berwajib masih terus menyelidiki penyebab kebakaran dan pelakunya.

2. Shannon Falls Kanada, Cari Konten Video Terpeleset

Shannon Falls Kanada, Via Instagram marcotjokro
Shannon Falls Kanada, Via Instagram marcotjokro

Baru pada bulan Juli yang lalu, tiga YouTuber yang berasal dari Kanada juga meninggal di tempat wisata. Mereka bermaksud memperlihatkan keindahan dunia, yang kala itu adalah air terjun setinggi 100 di Shannon Falls, British Columbia, Kanada melalui karya videonya.

Namun nahas, kedua travelr bloger yang selama ini mengisi kanal YouTube High On Life, Alexey Lyakh (30) dan Ryker Gamble (30), melompat dari puncak air terjun untuk menyelamatkan kekasih Lyakh, Meghan ‘Mindy’ Scrapper (29) yang terpeleset dan jatuh ke air terjun. Tetapi ketiganya turut hanyut dan tidak ada yang selamat.

3. Pulau Komodo, Fotografer Digigit Komodo

Pulau Komodo, Via Instagram ruummm_
Pulau Komodo, Via Instagram ruummm_

Pada tahun 2017 yang lalu sekitar bulan April, ada seorang wisatawan yang sekaligus fotografer yang bernama Loh Lee Aik (68) digigit oleh Komodo di Pulau Komodo. Korban digigit pada bagian betisnya saat tengah asyik memotret seekor Komodo.

Kejadian tersebut tepatnya terjadi di Desa Komodo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa tenggara Timur. Masyarakat yang mengetahui kejadian tersebut langsung membawa korban ke Rumah Sakit di Labuan Bajo.

4. Air Terjun Pasuruan, Selfie untuk Dapatkan Spot

Air Terjun Prigen Pasuruan, Via Instagram zulfiqar.fh
Air Terjun Prigen Pasuruan, Via Instagram zulfiqar.fh

Ada juga wisatawan yang terpeleset saat sedang selfie di Air Terjun Pesanggrahan, Prigen, Pasuruan. Kejadian tersebut terjadi pada tahun 2016 yang lalu. Para saksi yang melihat kejadian tersebut menyebutkan jika korban terpeleset saat berselfie.

Sebelumnya, korban dan juga teman-temannya sedang asyik menikmati panorama air terjun yang terdapat di lereng Gunung Arjuno dan mereka beberapa kali selfie dan wefie. Saat hendak pulang, korban dan teman-temannya selfie di tebing air terjun kemudian terpeleset hingga jatuh.

Itulah beberapa kejadian yang bisa diambil dan dijadikan pelajaran. Eksis di media sosial memang sah-sah saja untuk dilakukan, meskipun begitu selalu perhatikan keselamatan diri dan jangan pernah lupakan juga keselamatan orang lain.

Tags
Gili Lawa Gili Lawa Kebakaran Indonesia info terbaru Wisata
Share