Gili-Gili Eksotis di Sekitar Madura, Kapan ke Sana?

Advertisement

Barangkali Madura tidak seterkenal Bali yang jadi buruan banyak traveler dari luar negeri. Atau Lombok yang kerap dijadikan destinasi wisata bahari dan bulan madu. Meski demikian, Madura yang terhubung dengan Jembatan Suramadu itu juga memiliki segudang potensi wisata pulau dan pantai terutama di kawasan Sumenep.

Ujung timur dari Madura ternyata memiliki beberapa gili yang cukup menarik. Layaknya Gili Trawangan yang ada di Lombok, di sini kamu juga bisa menemukan pantai yang indah, pasir yang halus, dan spot untuk melakukan snorkeling. Berikut selengkapnya tentang gili yang wajib kamu kunjungi ketika mengunjungi Madura.

1. Gili Labak

Gili Labak [image source]
Kalau Lombok punya Gili Trawangan, Madura memiliki Gili Labak yang keindahannya nyaris sama. Tersembunyi di tengah lautan lepas atau 2 jam perjalanan dari Pelabuhan Kalianget, kamu bisa menemukan Gili Labak yang mungil, tapi menakjubkan. Pasir putih membentang di hampir semua garis pantai. Air laut yang biru tampak jernih sehingga kamu bisa melihat keindahan di dalam lautan.

Gili Labak, Madura [image source]
Pengunjung yang datang ke Gili Labak bisa melakukan aktivitas menyenangkan seperti snorkeling, bermain di pasir, menjelajahi pulau yang tidak terlalu luas, dan bersantai-santai ditemani angin yang sepoi-sepoi. Oh ya, untuk akses dari dan ke Gili Labak, kamu harus menyewa perahu mesin tradisional dengan kapasitas 15 orang. Harganya sekitar Rp350.000,00 atau lebih, pandai-pandai menawar saja.

Nama: Gili Labak

Alamat: Kombang, Pulau Talango, Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

2. Gili Genting

Gili Genting [image source]
Berada di ujung selatan dari Sumenep, Gili Genting menghadirkan pesona wisata baru yang sangat mengagumkan. Setidaknya ada dua buah pantai yang menjadi incaran banyak traveler dari Madura dan sekitarnya. Pertama adalah Pantai Sembilan dan yang kedua adalah Pantai Kahuripan. Kedua pantai ini memiliki keunikan sendiri dari kontur tanah dan tumbuhan yang ada di sekitarnya.

Gili Genting, Pulau Sembilan [image source]
Saat berada di Pantai Sembilan, kamu bisa menyaksikan laut biru berbatasan langsung dengan pasir putih. Pengin sedikit eksis dan berfoto? Naiklah ayunan yang berada di pinggiran pantai. Oh ya, di tempat ini kamu juga bisa snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut yang memukau. Di Pantai Kahuripan, kamu juga masih bisa menemukan spot foto kok. Ada kawasan yang memiliki deretan pohon sehingga mirip tunnel yang cantik.

Nama: Gili Genting

Alamat: Gili Genting, Sumenep, Madura, Jawa Timur

3. Gili Iyang

Gili Iyang [image source]
Gili Iyang mulai terkenal dan dijadikan destinasi wisata setelah ada pemberitaan terkait kadar oksigen di pulau ini tertinggi di dunia. Jarangnya kendaraan motor dan juga banyak pohon membuat kamu bakalan betah menghirup udara super segar yang menyehatkan. Oh ya, Gili Iyang yang terletak tidak terlalu jauh dari Gili Labak ini memiliki beberapa spot penjelajahan yang menarik.

Gili Iyang, Madura [image source]
Begitu sampai di pulau ini, kamu bisa melakukan trekking di kawasan yang cukup terjal. Beberapa tebing batu yang unik siap menunggu untuk kamu taklukkan. Selanjutnya, kamu juga bisa menjelajahi beberapa bagian pulau yang memiliki konservasi hutan dan bertemu dengan penduduk lokal yang super sehat, bahkan ada yang usianya lebih dari 100 tahun. Puas menjelajah, kamu bisa mencebur ke pantai untuk melakukan snorkeling sampai matahari terbenam.

Nama: Gili Iyang

Alamat: Gili Yang, Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

4. Gili Raja

Gili Raja [image source]
Tidak jauh dari Gili Genting terdapat pulau kecil bernama Gili Raja. Di pulau yang belum banyak mendapatkan akses listrik ini, kamu bisa menjelajahi cukup banyak pantai yang indah dan masih alami. Aktivitas seperti berenang dan snorkeling juga bisa dilakukan di sini karena lautnya masih alami dan memiliki cukup banyak biota laut.

Gili Raja, Madura [image source]
Penduduk di kawasan Gili Raja bekerja sebagai nelayan. Kamu bisa datang ke kawasan desa nelayan untuk membeli ikan dan mengolahnya langsung di sana. Saat mengunjungi Gili Raja, disarankan untuk segera kembali sebelum matahari tergelincir ke barat. Meski pulau ini cukup banyak penduduk, saat malam hari akan jadi gelap gulita.

Nama: Gili Raja

Alamat: Giligenteng, Sumenep, Jawa Timur, Indonesia

Inilah beberapa gili yang ada di sekitaran Madura yang memiliki cukup banyak potensi. So, kalau kamu belum punya kesempatan ke Lombok, kenapa tidak ke Madura saja. Sesekali mengunjungi tempat wisata baru yang tidak mainstream kan sangat menyenangkan.

Advertisement
Tags
Alam Explore Madura pantai pantai madura Wisata Madura
Share