Daftar Restoran Masakan Indonesia di Luar Negeri yang Lezat dari Inten Utari

Di kalangan backpacker Indonesia yang kerap melakukan perjalanan ke luar negeri. Nama seorang Inten Utari lumayan famous dan kerap dijadikan panutan oleh banyak orang. Seringnya beliau melakukan perjalanan ke luar negeri, membuat pengetahuannya terkait perjalanan wisata cukup besar. Inten Utari kerap memberikan tips atau pengalaman terbaiknya di salah satu forum Facebook bernama Backpacker Internasional.

Salah satu pengalaman yang pernah Inten Utari bagi ke banyak orang adalah tentang kuliner Indonesia di luar negeri. Ya, beliau memberikan rekomendasi tempat makan Indonesia yang nikmat dan memiliki rasa otentik. Berikut selengkapnya.

1. Rasa Khas – Thailand

Rasa Khas [image source]
Salah satu keinginan dari traveler atau siapa saja yang tinggal di luar negeri adalah merasakan kuliner Indonesia yang susah ditemui. Kalau kamu berada di Thailand, silakan datang ke restoran Rasa Khas yang sudah terkenal di kalangan pelancong dan juga warga lokal setempat yang menyukai kuliner berbumbu sedap ala Indonesia.

Rasa Khas, Bangkok [image source]
Makanan yang bisa kamu dapatkan di sini adalah nasi ayam bakar komplet dan nasi kuning tumpeng mini. Selanjutnya ada ayam kremes, sate ayam, ketoprak, gado-gado, hingga tempe mendoan dan tahu isi pun ada. Benar-benar restoran yang bakalan mengobati rasa kangenmu dengan makanan Indonesia.

Nama: Rasa Khas

Alamat: Dekat denan Klongtoey Fire Station, 168 Soi Sukhumvit 22, Khlong Tan, Khlong Toei, Bangkok 10110, Thailand

No. Telepon: +66 2 108 5437

Jam Operasional: 11.00-10.30

2. Warung Bali Restaurant – Kamboja

Warung Bali Restaurant (ilustrasi) [image source]
Di pusat kota Phnom Penh ternyata juga ada makanan Indonesia dengan nama Warung Bali. Restoran yang tidak terlalu besar, dan berdedikasi menyajikan makanan halal ini selalu ramai dikunjungi oleh banyak orang setiap hari. Rata-rata ekspat dari Indonesia atau wisatawan yang kebetulan melakukan penjelajahan di Kamboja.

Warung Bali Restaurant, Kamboja [image source]
Menu andalan dari Warung Bali ini adalah ayam bakar kecap yang diolah semirip mungkin dengan bumbu dari Bali. Selanjutnya ada aneka sate dengan bumbu kacang ala Indonesia. Terakhir, gado-gado menjadi sajian paling dicari oleh banyak orang karena rasanya yang khas dan mengenyangkan.

Nama: Warung Bali Restaurant

Alamat: Preah Ang Makhak Vann St. (178), Phnom Penh, Cambodia

No. Telepon: +855 12 967 480

Jam Operasional: 10.00-21.00

3. Exotic Bali – Maroko

Exotic Bali [image source]
Dengan koki asli dari Indonesia, Exotic Bali menjadi oasis di Maroko yang hampir semua tempat menyajikan makanan ala Timur Tengah. Keunikan dari restoran ini adalah menyajikan menu yang benar otentik Indonesia sehingga warga lokal saja sering datang ke sini untuk makan sampai puas.

Exotic Bali – Maroko [image source]
Beberapa menu andalan dari restoran ini adalah sate ayam dengan bumbu kacang yang khas. Kalau di kawasan Timur Tengah ada kebab, di restoran ini ada sate yang membuat siapa saja ketagihan. Selanjutnya, ada juga menu lumpia khas Semarang yang juga selalu jadi incaran banyak orang terutama pekerja Indonesia yang bermukim di sana.

Nama: Exotic Bali

Alamat: 56 Derb Chentouf? Quartier Riad Larrouss? Marrakesh 40030, Morocco

No. Telepon: +212 666-044882

Jam Operasional: 11.30-14.30 dan 19.30-21.30

4. Warung Nusantara

Warung Nusantara [image source]
Terletak di salah satu jantung Turki, Warung Nusantara berusaha menghadirkan kuliner otentik meski jauh dari asalnya. Koki yang ada di sini menghadirkan makanan yang benar-benar membuat siapa saja yang kangen Indonesia bakalan lebih galau karena rasanya Indonesia banget. Menyantap hidangan di sini akan membuat kamu auto bahagia dan serasa di kampung halaman.

Warung Nusantara, Istambul [image source]
Hidangan khas dari Warung Nusantara adalah nasi goreng komplet dengan terong goreng. Bayangkan, jauh-jauh di Istambul ada terong goreng yang bisa dicocol dengan sambel. Selanjutnya, sate ayam dan rendang masih menjadi pilihan banyak orang yang datang ke restoran ini.

Nama: Warung Nusantara

Alamat: Merkezefendi, 34015 Zeytinburnu/?stanbul, Turki

No. Telepon: +90 212 679 89 34

Jam Operasional: 11.30-22.30

5. Warung Makan

Warung Makan
Warung Makan [image source]
Siapa bilang tidak ada kuliner Indonesia di kawasan Amerika Latin? Di negerinya telenovela, ada satu restoran Indonesia terbaik yang menyajikan makanan super nikmat. Aneka kuliner Indonesia terbaik dimasak dan disajikan kepada tamu yang rata-rata adalah ekspat Indonesia yang bekerja di sana.

Warung Makan – Meksiko [image source]
Oh ya, menu andalan dari Warung Makan ini adalah nasi komplet yang terdiri dari nasi, bala-bala, tumis daging, dan sambal. Selanjutnya ada rendang yang rasanya tidak berbeda dengan aslinya dan ayam goreng yang ungkep dengan bumbu nusantara. Pokoknya, makan di tempat ini akan membuat siapa saja seperti pulang kampung.

Nama: Warung Makan

Alamat: Calle Puebla No. 341, Cuauhtemoc, Roma Nte., 06700 Ciudad de México, CDMX, Mexico

No. Telepon: +52 55 6548 2708

Jam Opersional: 11.00-18.00

Inilah daftar restoran masakan Indonesia yang berada di luar negeri sesuai rekomendasi Inten Utari. Adakah restoran Indonesia nikmat lain yang terlewat? Yuk, share!

Tags
kuliner mancanegara
Share