Geopark Silokek, Pesona Tebing Karst Yang Menakjubkan

Advertisement

Melipir ke wisata alam Sumatera Barat memang tidak ada habisnya. Deretan perbukitan membarisi wilayah Sumatera Barat sehingga kawasan propinsi ini berada di dataran tinggi yang notabanenya kaya akan nuansa alam yang menawan. Mulai dari gunung, bukit, lembah, air terjun, ngarai, sungai, danau, hingga lautan tetap dilirik oleh para traveler dari berbagai kota.

Tebing Karst yang indah di Geopark Silokek. Foto via idntimes.com

Tak hanya di Padang, Bukittinggi, dan sekitarnya. Namun pesona tempat atau kabupaten lain di Sumatra Barat tentunya tidak kalah indahnya dibanding lokasi wisata yang sudah terkenal sejak dahulu. Taman ini merupakan Geopark Sumbar dengan nama Geopark Silokek atau Taman Bumi Silokek.

Taman Bumi Silokek merupakan sebuah lembah yang diapit oleh perbukitan karst. Lembah yang diapit oleh perbukitan karst tersebut juga mengalir sebuah sungai yang dinamakan dengan sungai Batang Palangki. Di Taman Bumi Silokek ini banyak ditemui vegetasi yang masih sangat alami, pepohonan yang rimbun, rumah bagi hewan endemik Sumatera seperti burung enggang yang biasa terlihat beterbangan di bibir tebing karst.

Salah satu spot tebing yang mengapit sungai, menjadikan panorama sangat cantik. Foto via instagram @edwardhaqi

Sisi lain yang menjadi sorotan utama adalah terdapatnya rel kereta api yang ternyata jalur penghubung ke provinsi Riau pada masa penjajahan Jepang. namun karena penjajahan Jepang sudah angkat kaki ketika itu maka kelanjutan jalur rel tersebut juga terhenti.

Untuk teman traveler yang ingin berkunjung ke Geopark Silokek ini hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi, karena tak tersedianya angkutan umum yang melewati wisata alam ini. Perlu di ingat, kendaraan yang digunkan harus dalam keadaan prima. Berbagai tanjakan dan turunan tajam serta keadaaan jalan kadang tak rata membuat perjuangan selama perjalanan sangat berat.

Salah satu spot goa yang terletak di kawasan Geopark Silokek. Foto via beritaline.id

Namun keadaan lelah bakal sirna seketika melihat keindahan tebing dengan balutan pepohonan yang rindang. Kesejukan yang terkesan alami membuat siapa saja bakal betah hingga enggan meninggalkan tempat ini secepatnya. Tidak ada tarif tiket yang dipatok alias gratis, karena sangat jauh dari pusat kota besar Sumatera Barat, sehingga jarang sekali pengunjung yang mendatangi tempat ini.

Jalanan Geopark Silokek yang tepat dibawah tebing dengan kemiringan lebih dari 90 derajat. Foto via barrabaa.com

Di sekitar gerbang masuk terdapat papan informasi yang membantu mu mengetahui mengenai kawasan wisata ini. Ada peta yang menunjukkan beberapa spot seperti goa, ngarai, air terjun dan lain sebagainya. Di kawasan ini juga tersedia toilet umum, musala, warung warga untuk berbelanja dan beberapa spot foto yang dikelola oleh masyarakat sekitar.

Advertisement
Tags
geopark indonesia Pesona alam indonesia Wisata Alam wisata nusantara wisata sumbawa barat
Share