Gembira Loka Zoo, Sapa Satwa di Tengah Hangatnya Jogja

Ingin mengenalkan beragam satwa pada anak? Bercita-cita ajak mereka melihat langsung tingkah polah gajah, kura-kura, atau burung? Tak perlu bingung Teman Traveler. Bagi yang sedang liburan di Jogja, langsung saja mampir ke Gembira Loka Zoo.

Kebun binatang satu ini beralamat di Jalan Kebun Raya no 2, Rejowinangun, Kotagede. Sangat mudah dijangkau dari pusat kota dan tiketnya juga lumayan murah. Yuk Teman Traveler, simak pengalaman saya jalan-jalan di Gembira Loka Zoo.

Murah, Dengan Seabreg Fasilitas

Salah satu spesies burung di Gembira Loka (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Gembira Loka buka setiap hari. Bergantung kapan Teman Traveler datang, harga tiketnya berbeda-beda. Khusus Senin – Jumat, pengunjung dikenakan biaya masuk Rp30.000, sementara untuk Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional tiketnya dibanderil Rp35.000.

Kebun binatang legendaris Jogja ini memiliki beberapa fasilitas seperti akses Internet WiFi. Aksesnya bisa Teman Traveler dapatkan dengan
menukarkan sobekan karcis masuk di Pos Keamanan atau loket wahana.

Seekor gajah sedang menyapa pengunjung (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Selain itu ada juga peminjaman stroller gratis bagi pengunjung yang datang bersama keluarga. Teman Traveler bisa menemukan fasilitas ini di selatan Pos 1, tepat di Pintu A, atau di bagian reservasi Pintu B. Cukup isi data diri dan tinggalkan kartu identitas, kalian sudah bisa meminjam satu stroller.

Kerennya lagi, pengelola kebun binatang juga sediakan kursi roda gratis bagi penyandang disabilitas. Fasilitas ini ada di Pos Keamanan 1 dekat Pintu Masuk A. Sama seperti peminjaman stroller, pengunjung cukup meninggalkan kartu identitas diri.

Kenalkan Satwa pada Anak

Penjelasan mengenai Binturung (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Kebun binatang ini sangat cocok buat Teman Traveler yang ingin kenalkan beragam jenis hewan pada buah hati maupun kemenakan. Eits, tapi jangan salah ya, tempat terbuka untuk umum kok. Siapapun bebas berkunjung, tidak terbatas untuk keluarga saja.

Landak ada di sudut kandang (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Teman Traveler yang ingin mengenal lebih dekat tentang aneka satwa juga boleh datang ke sini. Belajar soal binatang kan memang tak hanya khusus anak kecil hehe.

Tersedia Informasi Lengkap

Kura-kura sedang berdiam diri (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Di sini Teman Traveler bisa melihat langsung tingkah polah beragam jenis hewan secara detail. Informasi yang disajikan pihak pengelola juga lengkap, mulai dari asal daerah/negara, habitat, proses reproduksi, pakan, dan statusnya.

Semua bisa Teman Traveler baca di papan informasi depan kandang masing-masing hewan. Asyiknya lagi, beberapa satwa di Gembira Loka bisa diajak berinteraksi langsung.

Melihat Beragam Atraksi

Panggung atraksi burung hantu (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Jika beruntung, Teman Traveler bisa melihat hewan sedang diberi makan oleh para trainer. Mereka biasanya akan memberikan penjelasan menarik soal hewan terkait pada para pengujung. Kalian juga boleh bertanya jika ada sesuatu yang bikin penasaran.

Selain itu ada pula Atraksi Interaksi seperti Bird Show atau Pertunjukan Burung. Di sini pengunjung akan diberi gambaran bagaimana perilaku burung saat berada di alam liar. Teman Traveler juga masih bisa melihat beberapa atraksi menarik lainnya.

Ada Banyak Wahana Menarik

Salah satu sudut kebun binatang (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Selama berkunjung di Gembira Loka, Teman Traveler juga bisa menjajal beragam rekreasi menarik bersama keluarga maupun teman. Rasakan asyiknya bermain ATV, naik perahu, menunggang gajah, mencoba terapi ikan, atau puluhan wahana menarik lainnya.

Tips Berkunjung

Beberapa larangan untuk pengunjung (c) Chandra Xave/Travelingyuk

Salah satu aturan terpenting ketika mengunjungi Gembira Loka Zoo adalah pengunjung dilarang memberi makan hewan. Takutnya ada makanan yang tidak cocok atau tidak boleh dikomsumsi oleh hewan tersebut. Sementara bagi Teman Traveler yang merokok, dilarang melakukannya di tempat sembarangan karena sudah ada zona khusus. 

Oh ya, saya punya beberapa tips buat Teman Traveler yang ingin habiskan pekan di Gembira Loka. Pertama, selalu cari informasi terbaru lewat laman resmi mereka. Berikutnya, hati-hati dan waspada terhadap semua hewan, terutama yang sifanya buas. Selain itu, jangan lupa menjaga barang pribadi dan jangan buang sampah sembarangan.

Tags
Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk wisata jogja Wisata Jogjakarta
Share