Tamasya ke Kebun Binatang Surabaya, Gimana Kondisinya Sekarang?

Beberapa di antara kalian mungkin cukup familiar dengan Kebun binatang Surabaya (KBS). Beberapa waktu lalu, destinasi wisata Kota Pahlawan ini sempat mengalami penurunan drastis. Baik dari jumlah kunjungan wisatawan, perawatan satwa, pengelolaan wahana, hingga masalah dengan Pemerintah Kota.  

Sebelumnya, pihak KBS diklaim tidak bisa mengelola kebun binatang dengan baik karena banyak satwa mati atau berada dalam kondisi sangat memprihatinkan. Fasilitas yang ada juga tidak dikelola dengan baik sehingga menggangu kenyamanan pengunjung. Hal inilah disinyalir membuat wisatawan enggan datang.

Menanggapi situasi tersebut Pemkot Surabaya akhirnya mengambil alih pengelolaan KBS untuk sementara waktu. Keputusan ini membuat kondisi kebun binatang berangsur pulih dan meningkatkan kembali antusiasme kunjungan. Hingga kini, jumlah wisatawan yang datang semakin bertambah. Apalagi di akhir pekan atau saat liburan panjang.

Berada di Jalan setail, Darmo, Wonokromo, KBS kian ramai pengunjung dari hari ke hari. Lantas bagaimana sih kondisinya sekarang? Daripada penasaran, simal ulasan di bawah ini yuk.

Tempatnya Asri dan Bersih

Lingkungan sekitar KBS kini tampak bersih (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Beda dengan dulu, pemandangan asri kini bisa ditemukan di tiap sudut KBS. Bau tak sedap kotoran hewan sudah banyak berkurang. Selain banyak pepohonan hijaunya, kebersihan lokasi juga sangat diperhatikan.

Petugas Kebun Binatang Surabaya akan silih berganti membersihkan area kotor dan mengosongkan bak sampah. Hal ini dilakukan untuk menghindari timbulnya bau tak sedap. Kebersihan toilet juga jadi poin plus KBS saat ini.

Kebersihan Kandang Satwa

Kandang harimau di Kebun Binatang Surabaya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Selain kebersihan lokasi wisata, kondisi kandang satwa juga semakin diperhatikan. Begitu pula dengan hewan-hewan yang jadi bagian keluarga besar KBS. Meskipun masih ada beberapa satwa terlihat kecil dan kurus, mereka nampak jauh lebih sehat dibanding sebelumnya.

Tingkah Pola Binatang

Salah satu koleksi primata di KBS (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Tingkah laku satwa KBS memang tidak menunjukkan perbedaan mencolok jika dibandingkan kondisi sebelumnya sebelumnya. Secara fisik tak tampak perubahan signifikan. Namun secara psikologis, para satwa penghuni kebun binatang tampak lebih aktif dan interaktif dengan pengunjung.

Salah satu hewan paling aktif di KBS adalah makaka. Jika berkunjung ke kebun binatang, kemungkinan besar Teman Traveler bisa kita melihat tingkah polah mereka yang lumayan aktif. Bergelantungan di pohon atau bermain bersama sesamanya. Berbeda halnya dengan satwa lain seperti buaya, komodo, atau orang utan yang cenderung pasif.

Tetapi jangan khawatir Teman Traveler, masih banyak satwa lain yang bisa menghibur kalian dengan beragam cara. Mulai dari burung merak yang mengepakkan sayap indahnya, harimau mengaum lalu mengitari kandang, hingga jerapah memakan dedaunan dari pengunjung.

Mural 3D

Berfoto di Mural 3D KBS Surabaya (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Masih ingat kan dengan lokasi wahana tunggang gajah? Di sekitar sini Teman Traveler akan menemukan mural tiga dimensi, lengkap dengan tempat duduk yang didesain menyerupai potongan kayu. Sebelumnya, di sudut ini hanya ada dinding hijau polos sebagai pembatas dengan kandang orang utan.

Kini, selain bisa digunakan beristirahat, pengunjung bisa memanfaatkan sudut ini untuk berfoto-foto. Kapanlagi bisa mengabadikan momen liburan seru di Kebun Binatang Surabaya dengan mural bertema satwa.

Spot foto kekinian

Salah satu spot foto kekinian di KBS (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Tidak hanya spot mural tiga dimensi, pengelola KBS juga merespon tingginya minat wisatawan terhadap spot foto-foto. Di beberapa lokasi Teman Traveler akan menemukan sudut-sudut bernuansa kekinian. Pengunjung dijamin takkan merasa bosan selama berada di area kebun binatang.

Seperti bisa Teman Traveler lihat di atas, jembatan senjaga dihias dengan caping (topi petani) warna – warni. Terlihat menarik dan fotogenik. Selain itu masih ada spot cantik lain seperti seperti Taman Selfie, Kid’s Zoo, dan masih banyak lagi.

Danau eksotis

Danau di KBS (c) Dwi Wahyu Intani/Travelingyuk

Tak jauh dari pintu keluar KBS, Teman Traveler akan dimanjakan pemandangan danau yang mengesankan. Danau buatan ini sekaligus jadi trek wisata perahu di area kebun binatang. Namun menikmati pemandangan sekitar sembari berdiri atau duduk santai juga tak kalah menyenangkan. Dijamin takkan merasa jenuh.

Teman Traveler juga bisa naik ke sebuah bangunan bertingkat dengan atap terbuka di sekitar sini. Kalian bakal bisa melihat kawasan KBS secara keseluruhan dari ketinggian.

Kebun Binatang Surabaya buka tiap hari, termasuk hari libur dan Hari Besar Nasional. Jika Teman Traveler ingin berkunjung ke wisata Surabaya ini, disarankan datang lebih pagi atau kalian bakal kesulitan mencari tempat parkir. Bagaimana, ada yang sudah tertarik untuk liburan ke sini?

Tags
kontributor Surabaya Travelingyuk wisata surabaya
Share