Peringatan Dini Gelombang Hingga 6 Meter di Maluku, Inilah Wisata yang Kemungkinan Terancam

Badan Meteorolofi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meterologi Pattimura Ambon mewaspadai gelombang tinggi di wilayah Maluku mencapai 4 hingga 6 meter yang diperkirakan berlangsung antara tanggal 6 hingga 9 Mei 2019.

Gelombang tersebut kemungkinan akan terjadi di Laut Banda bagian selatan, perairan Kepulauan Kei, Perairan Sermata-Leti, dan Laut Arafura bagian barat. Inilah sejumlah destinasi wisata Maluku yang kemungkinan terancam di sekitar sana.

Laut Banda

Banda Neira, via Instagram/abnubli

BMKG memberikan peringatan dini akan adanya gelombang dengan tinggi mencapai 6 meter di sekitar Laut Banda bagian selatan. Letaknya berada di kepulauan Maluku tepatnya bagian barat daya pulau Ambon.

Dan dataran terdekat dengan laut tersebut yakni kepulauan Banda (Banda Neira) yang dikenal akan keindahan alam yang memukau. Belum terlalu terjamah oleh para wisatawan, membuat pulau ini memiliki suasana alami. Surga tersembunyi berikut juga menjadi lokasi favorit bagi pecinta snorkeling.

Perairan Kepulauan Kei

Pulau Adranan di Kepulauan Kei, via Instagram/tukang_jalan

Selain di sekitaran Laut Banda, Perairan Kepulauan Kei juga diberi peringatan dini akan terjadinya gelombang tinggi. Kawasan tersebut dikenal akan terumbu karangnya yang berlimpah. Sejumlah destinasi wisata yang ada di sekitar sana yaitu Pasir Timbul, Gua Hawang, Pantai Ngurbolat, Pulau Bair yang cocok untuk snorkeling, Bukit Masbait yang jadi bukit tertinggi di Kei, dan masih banyak lagi.

Peairan Sermata Leti

Pulau Leti, via Instagram/evie_1111

Sermata Leti juga tak luput dari pantauan BMKG. Pulau Leti tersohor karena menjadi pulau terluar di Indonesia. Letaknya berbatasan dengan Timor Leste. Teman Traveler akan disuguhkan dengan keindahan alam memukau seperti pantai dengan pasir putih yang berkilau.

Selain itu ada Pulau Sermata. Sama dengan yang lainnya, pulau tersebut juga menjadi surga bagi pecinta snorkeling. Karena banyak ditemukan terumbu karang dan berbagai spesies ikan.

Laut Arafura

Laut Arafura, via Instagram/_rkurniawan

Terakhir yakni Laut Arafaura atau Arafuru yang letaknya secara geografis berbatasan dengan Australia. Laut ini juga menyimpan sumber daya alam perikananan melimpah. Setidaknya terdapat 228 spesies hewan laut. Peringatan dini tersebut bukan pertama kalinya terjadi. Pada akhir tahun 2018 lalu, BMKG Stasiun Pattimura Ambon juga memperingatkan agar mewaspadai gelombang setinggi 6 meter di bagian timur sedangkan untuk tahun di bagian barat.

Semoga saja gelombang tinggi mencapai 6 meter tersebut tidak menimpa sejumlah wilayah di Maluku.

Tags
Gelombang di Maluku Indonesia info terbaru Maluku wisata di maluku
Share