Kalau Pesawat Akan Mendarat Terus Naik Lagi Jangan Panik, Ini Loh Alasannya

Advertisement

Berawal dari cerita seorang penumpang pesawat  di sosial media, aksi pembatalan pendaratan atau go around menjadi pembicaraan netizen. Beragam komentar bermunculan, ada yang maklum dengan kepanikan penumpang yang mengalaminya. Namun komentar yang bernada sinis dan menyebutnya sebagai tindakan yang berlebihan juga tidak sedikit. Lalu bagaimana jika kamu mengalaminya sendiri? Beberapa ulasan berikut ini mungkin bisa membuatmu lebih tenang dan terhindar dari kepanikan.

Garuda Indonesia Nyaris Tabrakan di Cengkareng

Garuda Indonesia [image source]
Disebut akun Twitter @ndorokakung nyaris tabrakan, akhirnya pesawat  Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA425 rute Denpasar-Jakarta mendarat dengan selamat pada Minggu (18/6) kemarin di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng. Dilansir dari detik.com kejadian ini disebabkan karena adanya kegagalan take off pada pesawat Sriwijaya SJ580 sesaat sebelum Garudan Indonesia mendarat.

Dilakukan Demi Keselamatan Penerbangan

Pesawat di Bandara [image source]
Pihak Corporate Secretary Airnav, Didiet KS Radityo menjelaskan jika tindakan itu dilakukan untuk menjaga keselamatan penerbangan karena ada masalah teknis pada pesawat Sriwajaya tujuan Makassar tersebut.  “Tower Bandara Soekarno-Hatta telah memberikan take-off clearence kepada SJ580 untuk lepas landas, pesawat kemudian rolling tetapi lamban, sampai akhirnya pilot menyatakan mereka berhenti dan tidak jadi lepas landas,” tambah Didiet.

Seputar Go Around

Garuda Indonesia [image source]
Sebebenarnya apa sih go around itu? Istilah ini merujuk pada pembatalan pendaratan pesawat karena berbagai alasan.  Dilansir dari ilmuterbang.com go around bisa dilakukan di mana saja bahkan setelah pesawat touch down atau roda menyentuh landasan pacu.  Penyebabnya bisa karena masalah teknis di pesawat itu sendiri, cuaca, hingga belum siapnya landasan untuk pendaratan seperti yang terjadi pada Garuda Indonesia baru-baru ini.

Jangan Panik

Curhatan salah satu penumpang di sosial media [image source]
Bagi yang sering naik pesawat mungkin kejadian go around adalah sesuatu yang bisa dan tidak perlu dilebih-lebihkan seperti cerita salah satu penumpang Garuda Indonesia. Namun, bagi yang belum terbiasa pasti akan menimbulkan kepanikan. Jika nanti kamu mengalaminya, jangan ikut panik percayakan pada awak pesawat dan tenangkan dirimu dengan berdoa agar pendaratan berjalan dengan lancar.

Itulah beberapa hal tentang go around yang bisa kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan kapanpun atau dimanapun kamu terbang dengan selamat.

Advertisement
Tags
Indonesia Jakarta Jawa Barat pesawat terbang Transpotasi
Share