Pingin Liburan yang Rileks? Cobain Dengar Alunan Gamelan Bali di Ubud

Banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan ketika liburan di Bali, diantaranya beach-hopping, berkunjung ke pura, sampai berpartisipasi dalam aneka festival. Kalau Teman Traveler pengin aktivitas yang bikin rileks, coba deh dengarkan alunan gamelan Bali di Ubud. Tidak susah menemukan tempat yang menawarkan pertunjukan tradisional tersebut di kawasan wisata Ubud. Penasaran di mana saja? Yuk dibaca ulasan berikut.

Istana Ubud Puri Saren

Ilustrasi Gamelan di Ubud Palace via Instagram @pandastic_hh
Ilustrasi Gamelan di Ubud Palace via Instagram @pandastic_hh

Teman Traveler dapat menyaksikan pertunjukan gamelan Bali di Istana Ubud Puri Saren atau dikenal sebagai Ubud Palace. Gamelan berperan penting sebagai aspek pendamping pertunjukan tari-tarian tradisional Bali. Salah satunya adalah Tari Legong yang biasa dipentaskan di pelataran Ancak Saji. Dimulai dengan pertunjukan lantunan gamelan, kemudian diikuti masuknya penari Legong.

Pelancong tidak perlu khawatir bingung, sebab disediakan penjelasan lengkap di sebuah brosur. Tempat yang berlokasi di Jalan Raya Ubud nomor 8 ini membanderol tiket sekitar Rp112 ribuan. Istana Ubud Puri Saren buka setiap hari mulai jam 9 pagi sampai 9 malam, dengan bermacam jadwal pertunjukan tradisional.

Istana Air Ubud

Ilustrasi Beleganjur Gamelan di Ubud Water Palace via Instagram @wayan_ekaputrayasa
Ilustrasi Beleganjur Gamelan di Ubud Water Palace via Instagram @wayan_ekaputrayasa

Tempat yang dikenal sebagai Ubud Water Palace  ini buka mulai pukul 7 malam, menawarkan sejumlah pertunjukan tradisional seperti gamelan Bali. Teman Traveler yang ingin menonton siapkan saja budget kira-kira Rp100 ribuan untuk orang dewasa, sedangkan bagi anak-anak berusia di bawah 7 tahun tidak dipungut biaya. Pementasan ini diawali dengan Beleganjur Gamelan, yang dahulu digunakan sebagai penyemangat para prajurit sebelum berperang. Lebih mempengaruhi secara spiritual, sehingga tidak ada rasa takut pada musuh.

Bale Banjar Kelod

Seniman Gamelan Bale Banjar Ubud Kelod via Instagram @smartipants8
Seniman Gamelan Bale Banjar Ubud Kelod via Instagram @smartipants8

Bale Banjar Kelod yang berada di Jalan Monkey Forest nomor 15, Ubud ini pun menampilkan pementasan gamelan Bali. Uniknya, semua pemain adalah perempuan. Teman Traveler dapat menyaksikan pertunjukan ini dengan siapkan uang tiket sekitar Rp98 ribuan per orang. Gamelan show diadakan setiap hari Senin, Selasa, dan Jum’at mulai pukul 7.30 malam. Tidak hanya gamelan, dapat pula menonton tarian Bali yang dimainkan oleh perempuan-perempuan Bali.

Desa Bentuyung

Ilustrasi Pertunjukan Gamelan di Desa Bentuyung via Instagram @st.putrajaya_kapal
Ilustrasi Pertunjukan Gamelan di Desa Bentuyung via Instagram @st.putrajaya_kapal

Tempat menyaksikan pertunjukan tradisional Bali termasuk gamelan adalah Desa Bentuyung yang berlokasi di Jalan Suweta, Ubud. Tiket untuk menyaksikan pementasan tersebut adalah kira-kira Rp98 ribuan. Uniknya, pagelaran di desa ini adalah Gamelan Jegog. Instrumennya terbuat dari bambu, dimainkan dengan energik dan penuh kekuatan. Pelaksanannya setiap hari Jum’at dan Minggu pukul 7 malam.

Teman Traveler sudah catat tempat menonton pertunjukan gamelan Bali di Ubud di atas? Kalau sedang berwisata di Pulau Dewata, jangan lupa sempatkan mampir ya. Siapa tahu liburan berasa lebih ‘Bali banget’. 

Tags
Gamelan Bali Indonesia Ubud Wisata
Share