Wisata Urban ke Galeri Seni Kontemporer Singapura, Nggak Jauh dari Orchard Road

Orchard Road di Singapura memang menjadi salah satu destinasi wisata belanja yang jarang dilewatkan oleh pelancong. Banyak atraksi menarik yang berhubungan dengan subkultur di kawasan ini, cocok buat penggemar seni. Nah terdapat beberapa galeri seni kontemporer di Singapura yang dapat ditempuh selama sekitar 1 jam dengan transportasi umum dari Orchard Road. Simak ulasan berikut buat tahu lokasinya.

Barnadas Huang

Galeri Seni Barnadas Huang via Instagram @barnadashuang
Galeri Seni Barnadas Huang via Instagram @barnadashuang

Galeri seni kontemporer yang berlokasi di Dempsey Road, Singapura ini didirikan oleh seorang pengacara yang beralih profesi menjadi ahli galeri. Mereka adalah Abigail Wong dan Benjamin Ng yang bekerja sama dengan Jordi Barnadas dari Galeria Jordi Barnadas di Barcelona. Galeri Barnadas Huang bertujuan untuk menampilkan seni Eropa yang relevan di Asia.

Patung yang Dipajang di Barnadas Huang via Instagram @barnadashuang
Patung yang Dipajang di Barnadas Huang via Instagram @barnadashuang

Sehingga tidak heran kalau Teman Traveler ke tempat ini akan menyaksikan beragam karya seni kontemporer yang berbau barat, seperti lukisan maupun patungnya. Teman Traveler dapat mencapai Barnadas Huang dari Orchard Road dengan bus menuju CSC Dempsey Clubhse, memakan waktu sekitar 30 menit.

Collectors Contemporary

Sudut Pameran di Collectors Contemporary via Instagram @collectorscontemporary
Sudut Pameran di Collectors Contemporary via Instagram @collectorscontemporary

Collectors Contemporary merupakan galeri seni kontemporer yang berlokasi di Orchard Boulevard, Park House, Singapura. Galeri ini didirikan oleh dua orang kolektor seni pada tahun 2007, khusus untuk pameran dan menjual seni modern dan kontemporer dari Asia dan barat. Selain pameran, tempat ini juga mengadakan seminar dan presentasi untuk pecinta seni, kolektor, maupun siswa.

Karya Seni di Collectors Contemporary via Instagram @collectorscontemporary
Karya Seni di Collectors Contemporary via Instagram @collectorscontemporary

Biasanya kegiatan tersebut menghadirkan seniman-seniman dari berbagai negara. Teman Traveler dapat langsung meluncur ke Collectors Contemporary dengan naik bus menuju Opp Blk 28 dan menempuh perjalanan sekitar 30 menit.

Sundaram Tagore Gallery

Pameran di Sundaram Tagore Singapura via Instagram @sundaramtagore
Pameran di Sundaram Tagore Singapura via Instagram @sundaramtagore

Sundaram Tagore merupakan galeri seni kontemporer internasional yang tidak hanya ada di Singapura, namun juga New York dan Hong Kong. Dibangun untuk menjembatani budaya barat dengan non-barat.

Karya-karya yang dipamerkan di galeri ini bertujuan untuk menginspirasi wacana sosial, spiritual, dan estetika. Sehingga karya yang ditampilkan di Sundaram Tagore pun berasal dari seniman yang berusaha melampaui batas artistik dan konseptual.

Karya Seni Fotografi Dipajang di Sundaram Tagore via Instagram @sundaramtagore
Karya Lalla Essaydi Dipajang di Sundaram Tagore via Instagram @sundaramtagore

Seperti karya fotografi milik Lalla Essaydi bertajuk Truth and Beauty, seniman Moroko yang menaruh perhatian besar terhadap isu gender dan identitas lintas budaya. Sundaram Tagore berlokasi di Lock Road, Gillman Barracks, dapat dicapai dengan MRT menuju Labrador Park MRT Station. Memakan waktu kira-kira 50 menit perjalanan.

Yavuz Gallery

Yavuz Gallery via Instagram @yavuzgallery
Yavuz Gallery via Instagram @yavuzgallery

Yavuz Gallery didirikan tahun 2010, untuk mempromosikan seni kontemporer terutama dari kawasan Asia-Pasifik. Galeri seni kontemporer Singapura ini menampilkan beragam karya seni baik dari seniman tersohor maupun yang sedang berkembang. Tempat ini tidak hanya menampilkan satu medium seni saja, biasanya menampilkan karya yang menunjukkan signifikansi sosial dan adanya unsur kejut.

Karya Alvin Ong yang Akan Dipamerkan via Instagram @yavuzgallery
Karya Alvin Ong yang Akan Dipamerkan via Instagram @yavuzgallery

Seperti pameran yang akan datang oleh Alvin Ong bertajuk Supper Club, menggambarkan rasa nikmat dan sakit dalam lukisannya. Kalau penasaran langsung saja mampir ke Yavuz Gallery yang berlokasi di Lock Road, Gillman Barracks, dengan MRT menuju Labrador Park MRT Station. Durasi perjalanan kurang lebih 50 menit.

Semakin banyak kan pilihan destinasi wisata urban saat liburan di Singapura. Semuanya dapat ditempuh dengan transportasi umum baik bus maupun MRT. Teman Traveler sudah pernah singgah di salah satunya?

Tags
asia galeri seni Luar negeri orchard road Singapura Wisata
Share