Bantu Lombok Bangkit, Komunitas Sumsel Galang Dana untuk Korban Gempa

Bencana gempa bumi di Lombok yang terjadi pada tanggal 29 Juli 2018 masih membekas di hati para korban. Tidak hanya itu, seluruh lapisan masyarakat di Indonesia bahkan di negara lain ikut bersimpati atas bencana alam yang menelan ratusan korban tersebut. Selain berdoa, hingga kini galang dana untuk Lombok tidak ada habisnya. Bahkan, ada juga yang menggelar konser dan melelang baju untuk bantu Lombok bangkit kembali.

Beberapa komunitas di Sumatera Selatan juga ikut menggalang dana untuk Pulau Lombok, seperti yang disampaikan oleh Kontributor Travelingyuk, HQM Abdul berikut ini.

Komunitas Penggalang Dana di Sumatera Selatan

Acara penggalangan dana untuk membantu korban di Lombok telah dilaksanakan pada Hari Sabtu, 1 September 2018. Berbagai komunitas berkumpul di Pedestrian Jalan Jenderal Sudirman, Palembang untuk menyalurkan bantuan meski tidak langsung datang ke lokasi. Ada komunitas dari Badan Eksekusi Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam (BEM PTAI), Lembaga Tilawatil Quran dan Dakwah (LPTQD), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), serta Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam Sumatera Selatan (Madani Sumsel).

Bantu Lombok Untuk Bangkit
Bantu Lombok Untuk Bangkit via instagram/@anisyeye

Acara ini bekerja sama dengan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Travelingyuk.com, Library Science Community / Komunitas Ilmu Perpustakaan, Himpunan Pariwisata Indonesia , Himpunan Mahasiswa Syariah (Himsi), Lembaga Akuntansi dan Bahasa (Latansa), Sedulur Jowo, Palembang Sekalian, dan Komunitas Insta Berbagi.

Rangkul Warga Palembang

Abdul Hakim, selaku ketua panitia berharap agar masyarakat Palembang maupun pengunjung pedestrian Sudirman dapat membantu meringankan beban warga Lombok yang terkena musibah Gempa bumi. Ia pun berdoa agar korban bencana alam tersebut diberi ketabahan dan bangkit dari ujian serta dapat menatap masa depan kembali.

Komunitas Penggalang Dana di Sumsel
Komunitas Penggalang Dana di Sumsel via instagram/@anisyeye

Harapannya, acara ini dapat membantu meringankan beban korban di Lombok yang terkena musibah gempa bumi. Semoga mereka bisa tabah serta bangkit dari ujian ini. Selain itu juga berharap agar para korba segera menatap masa depan kembali.

Acara Kirim Doa untuk Korban

Dalam undangan yang disebarluaskan, membahas serta mengajak pengunjung untuk membantu maupun memberi doa demi meringankan beban ribuan warga Lombok. Seperti yang diketahui, masih banyak korban yang hidup ditenda-tenda pengungsian dengan segala keterbatasan akibat gempa. Acara galang dana tersebut diisi dengan doa dan sholawat bersama beberapa anak jalanan, komunitas maupun organisasi pendukung lainnya.

HQM Abdul
Galang Dana untuk Bantu Lombok (c)HQM Abdul/Travelingyuk

Tidak hanya itu, turis dari Australia dan London, yakni Jons dan istrinya juga ikut mendukung acara ini. Tak luput pula support dari Bapak Isnaini, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang. Antusias dari masyarakat Kota Palembang dan para pengunjung pedestrian serta komunitas tersebut membuahkan hasil sebesar Rp3.985.600,00. Jumlah tersebut ditotal dengan keseluruhan dari Bakti Sosial sebelum-sebelumnya mendapat kisaran hampir Rp20 juta.

Semoga acara galang dana untuk Lombok ini dapat meringankan beban dari para korban bencana. Amin. Nah, untuk Teman Traveler ingin ikut meringankan beban korban bencana Gemba Lombok, Program Selimut Hangat untuk Lombok masih berlangsung hingga saat ini. Selain menyumbangkan selimut, juga bisa menyisihkan uang.

Tags
Gempa Lombok Indonesia Lombok Nusa Tenggara Barat Travelingyuk
Share