Gado-gado Arjuna yang Melegenda di Surabaya, Dirintis Sejak 1970-an

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
via Instagram/amandakohar via Instagram/amandakohar

Gado-gado merupakan kuliner yang memiliki banyak penikmat. Harganya terjangkau, sehat dan mengenyangkan membuat kuliner ini selalu disukai. Keberadaanya bisa ditemukan dengan mudah, bahkan di Surabaya. Salah satu yang cukup legendaris adalah Gado-gado Arjuna Pak Satumin yang telah memiliki nama dan pengalaman. Yuk, lihat seenak apa.

Kuliner Legendaris yang Sudah Dirintis Sejak 1970-an

Kuliner legendaris di Surabaya, via Instagram/sasmitaedo
Kuliner legendaris di Surabaya, via Instagram/sasmitaedo

Depot Gado-gado Arjuna ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Perintisnya adalah Satumin yang dibantu dengan istrinya yang bernama Seopeik. Orang-orang menyebutnya sebagai Gado-gado Arjuna lantaran berlokasi di tepi Jl. Arjuna surabaya. Lokasinya memang sederhana namun begitu mudah dijangkau lantaran berada di jantung kota Surabaya. Saat ini, gado-gado di tempat ini telah diteruskan oleh Nanik yang merupakan buah hati dari Satumin dan Soepik.

Rahasia Kenikmatan Seporsi Gado-gado Arjuna

Rekomendasi kuliner enak, via Instagram/theloungefoodcourt
Rekomendasi kuliner enak, via Instagram/theloungefoodcourt

Dalam satu porsi gado-gado akan ada racikan yang terdiri atas selada, kecambang, timun, tahu, telur, irisan lontong dan tak ketinggalan ada kerupuk ataupun emping. Yang menambah citarasanya adalah bawang goreng. Daya tarik utama di tempat makan di Surabaya ini adalah siraman bumbu kacang yang begitu kental, pekat, dan dipadu dengan sambal merah merekah yang dimiliki. Begitu nikmat sekali.

Selain gado-gado, banyak menu lainnya yang bisa untuk dipilih di sini. Misalnya saja siomay, nasi campur, penyetan, nasi rawon, pecel, penyetan, rujak cingur, dan beragam minuman yang menyegarkan. Untuk seharinya, tempat makan di Surabaya ini menghabiskan 10-15 kg kacang. Sementara untuk lontongnya menghabiskan 50 buah setiap harinya.

Alamat Gado-gado Arjuna yang Melegenda

Gado-gado Arjuna, via Instagram/horizonhoman
Gado-gado Arjuna, via Instagram/horizonhoman

Sesuai dengan namanya, tempat makan ini alamatnya berada di Jl. Arjuna No. 127, lokasinya berada di pinggir jalan, sekitar 900 meter dari Pasar Kembang. Tempatnya ada di sebelah kiri jalan setelah pertigaan Jl. Kedung Anyar. Jam bukanya mulai dari pukul 08:00 hingga 18:00 WIB.

Pilihan menu yang mantap, via Instagram/amandakohar
Pilihan menu yang mantap, via Instagram/amandakohar

Selain di tempat ini, ada pula lokasi lainnya yang bisa dituju, yakni berada di Depot Pujasera di Jl.Margerejo Indah A 134. Sementara untuk harganya, dengan uang Rp30.000 saja kamu telah bisa mendapatkan gado-gado yang lengkap dengan minumannya, menggiurkan!

Gado-gado memang kuliner yang berasal dari Betawi, namun kamu bisa mendapatannya dengan mudah di Surabaya. Dan Gado-gado Arjuna ini menjadi salah satu lokasi yang cukup direkomendasikan. Jajal kenikmatan kuliner Jakarta di Surabaya yuk.