7 Fotografi Drone Terbaik Sepanjang Tahun 2015

Fotografi drone telah menjadi sangat populer belakangan ini. Foto yang dihasilkan dari pesawat mini tanpa awak dan dilengkapi dengan berkamera ini memang mampu mengambil gambar dari sudut yang berbeda sehingga menghasilkan gambar yang anti mainstream. Gambar-gambar yang secara ilmiah dikenal dengan sebutan aerial fotografi ini beberapa tahun lalu hanya bisa diambil oleh seseorang yang naik pesawat saja, namun kini seiring dengan berkembangnya teknologi, traveler pun bisa menerbangkan pesawat mini untuk mengambil foto dari ketinggian.

Sepanjang tahun 2015, sebuah situs bernama Dronestagram menyelenggarakan kompetisi foto aerial yang diambil menggunakan drone. Layaknya instagram situs ini memang menjadi wadah untuk sharing foto namun dikhususkan bagi foto-foto aerial. Kompetisi bertajuk 2015 Drone Aerial Photography Contest ini terselenggara atas kerjasama situs tersebut dengan National Geographic, GoPro, Adobe dan sederet perusahaan terkemuka di dunia lainnya. Dari kontes tersebut akhirnya diumumkanlah foto-foto yang menjadi jawaranya. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Foto Aerial Katedral Maringa di Brasil

Pemenang kontes foto aerial tahun 2015 yang digelar oleh Dronstagram adalah sebuah foto dari pemilik akun bernama Ricardo Matiello. Ia tinggal di kota Maringa, Brasil dimana kotanya memiliki satu bangunan megah berupa gereja yang bernama Katedral Maringa. Dalam foto yang ia ambil menggunakan drone yang dipersenjatai dengan kamera GoPro ini memperlihatkan bagian atas katedral serta lanskap kota di sekitarnya yang tertutup kabut.

Foto Aerial Katedral Maringa di Brasil [image source]
Foto Aerial Katedral Maringa di Brasil [image source]
Awalnya Ricardo tertarik saat melihat gambar sebuah kota yang diselimuti salju yang diambil dari atas pesawat terbang. Kemudian muncul keinginan untuk membuat foto seperti itu, hingga akhirnya pada suatu hari saat ia mengantar anaknya pergi ke sekolah ia mendapati kota Maringa yang diselimuti kabut. Hal ini tentu jarang terjadi mengingat kota tersebut berada di dataran rendah dimana matahari selalu bersinar sepanjang hari. Tanpa pikir panjang ia kemudian menerbangkan drone dan puas dengan foto yang dihasilkan. Foto tersebut kemudian mengantarnya menjadi pemenang dalam foto kontes dalam kategori tempat keren.

2. Swim with Shark, Tahitiflyshoot di French Polinesia

Juga menjadi pemenang pertama dalam kategori yang berbeda yaitu alam, sebuah foto dari Tahitiflyshoot yang berjudul Swim with Shark menampilkan gambar yang begitu epik dan keren. Foto tersebut diambil di French Polinesia tepatnya di sebuah pulau yang berada di dekat Tahiti bernama Moorea. Lagi-lagi, pemenang foto kontes aerial ini mendapatkan fotonya bukan secara sengaja untuk diikutkan kompetisi.

Swim with Shark, Tahitiflyshoot di French Polinesia [image source]
Swim with Shark, Tahitiflyshoot di French Polinesia [image source]
Dari deskripsi yang ditengok Travelingyuk dari laman Dronestagram, user bernama Tahitiflyshoot ini awalnya melakukan sesi pemotretan untuk iklan sebuah merek internasional. Kemudian ia bersama talent pergi ke Tahiti untuk melakukan pemotretan, beruntung mereka datang di saat yang tepat dimana ikan hiu sedang berenang ditepian dan terlihat begitu jinak. Dengan latar laut yang jernih, hasil foto yang dihasilkan dari udara pun terlihat begitu sempurna.

3. Mont Saint Michel oleh Wanaiifilms di Prancis

Juara kedua untuk kategori tempat keren disabet oleh foto yang berjudul Mont Saint Michel. Traveler tentu tahu dengan tempat ini. Mont Saint Michel mendapatkan julukan sebagai Pulau pasang karena pulau ini akan tenggelam saat terjadi pasang naik air laut hingga membentuk sebuah pulau kecil di tengah laut. Sebagai penghubung pulau tersebut dengan daratan utama terdapat sebuah jembatan alami di salah satu sisinya.

Mont Saint Michel oleh Wanaiifilms di Prancis [image source]
Mont Saint Michel oleh Wanaiifilms di Prancis [image source]
Mont Saint Michel berada di Normandi, sekitar satu kilometer dari pesisir utara Prancis. Dalam foto aerial yang dikompetisikan, si pemilik foto Wanaiifilms mengambil gambar pulau saat sedang surut sehingga Pulau Pasang tersebut tidak lagi berada di tengah laut melainkan di tengah lapangan hijau. Ia menyarankan pada para traveler yang ingin melihat pemandangan seperti itu mereka harus datang pada musim dingin atau setiap hari pada pagi buta.

4. La Jolla oleh kdilliard di Amerika Serikat

La Jolla adalah nama sebuah pantai di Amerika Serikat yang memiliki perairan hangat serta tempat snorkeling dan diving yang keren. Pada pertengahan tahun 2015 lalu di pantai tersebut sedang diadakan acara tahunan bertajuk lomba renang yang mengambil start dan finish di pantai La Jolla. Acara ini diikuti oleh banyak atlet dari dalam dan luar negeri baik pria maupun wanita.

La Jolla oleh kdilliard di Amerika Serikat [image source]
La Jolla oleh kdilliard di Amerika Serikat [image source]
Foto berikut diambil saat acara balam renang berlangsung. Foto aerial ini tepat diambil sesaat setelah start dilakukan. Nampak banyak atlet yang berlari melompat dan berenang menuju lautan.Air laut yang terlihat hijau nan jernih menjadi pemandangan yang amat menakjubkan saat difoto dari ketinggian. Foto yang kemudian dikompetisikan pada Dronestagram ini kemudian menyabet gelar sebagai pemenang kedua dalam kategori alam.

5. Tulip Fields oleh [email protected] di Voorhout, Belanda

Pemenang ketiga kategori tempat keren adalah foto Tulip Fields di kota Voorhout, Belanda. Pengirim foto aerial yang menampakkan kebun bunga tulip yang sangat luas ini adalah Anders. Dalam foto itu nampak daratan berwarna-warni bak pelangi yang tidak lain adalah kebun bunga tulip yang dibelah kanal di tengahnya.

Tulip Fields oleh Anders@andersa.com di Voorhout, Belanda [image source]
Tulip Fields oleh [email protected] di Voorhout, Belanda [image source]
Anders mengaku jika pengambilan gambar tersebut dilatar belakangi dari temannya yang merupakan seorang ahli bunga tulip mencari tempat di bumi dengan bentuk yang unik. Uniknya, ia mencari tempat-tempat tersebut via Google Earth dan diketahui bahwa di kota Voorhout memiliki kebun bunga yang sangat luas dengan bentuk geometri. Dari sanalah kemudian mereka hunting foto menggunakan drone, hasilnya keren.

6. Lost Island, Tahaa, French Polynesia oleh Marama Photo Video

Tidak banyak deskripsi yang menjelaskan mengenai foto yang menjadi juara tiga kategori alam. Dalam deskripsi hanya dijelaskan bahwa si pemilik foto sedang liburan di sebuah pulau kecil yang berada di kawasan French Polynesia tepatnya di kota Haamene yang kemudian ia sebut sebagai Lost Island.

Lost Island, Tahaa, French Polynesia oleh Marama Photo Video [image source]
Lost Island, Tahaa, French Polynesia oleh Marama Photo Video [image source]
Foto milik Marama Photo Video tersebut telah dilihat pengunjung sebanyak lebih dari 31 ribu kali. Di dalam foto tersebut menampilkan pemandangan pulau kecil dengan latar belakang mendung dan pelangi cantik. Sebagaimana diketahui bahwa kawasan Polinesia Prancis ini memang memiliki gugusan pulau tropis nan cantik yang tak kalah indah dari Bora-Bora hingga Maladewa.

7. Where’s Wally, Limassol Carnaval, Siprus oleh FlyovermediaCy

Siprus memiliki acara tahunan bertajuk Karnaval Limassol yang diselenggarakan selama 10 hari berturut-turut. Dalam karnaval ini para peserta akan memakai baju seragam. Setiap hari dalam 10 hari perayaan akan diadakan kegiatan-kegiatan seru yang berbeda.

Where’s Wally, Limassol Carnaval, Siprus oleh FlyovermediaCy [image source]
Where’s Wally, Limassol Carnaval, Siprus oleh FlyovermediaCy [image source]
Foto ini menggambarkan salah satu momen meriah dari perayaan Karnaval Limassol di Siprus. Foto kemeriahan karnaval yang dijepret dengan drone dari ketinggian milik akun FlyovermediaCy ini pun akhirnya menyabet gelar sebagai salah satu yang terbaik dalam 2015 Drone Aerial Photography Contest.

Tags
Drone Foto Aerial
Share