Foto Gunung-gunung di Indonesia, Dulu dan Sekarang

febri rama

febri rama

On Indonesia

Sesuatu yang telah berlalu akan semakin jauh dan tak mungkin bisa digapai lagi. Itulah mengapa kenangannya harus disimpan baik. Salah satu caranya adalah lewat foto. Banyak hal bisa diabadikan, termasuk pemandangan gunung-gunung. Kamu suka mendaki Semeru? Pernah membayangkan seperti apa puncaknya puluhan tahun silam? Pemandangan Mahameru dan gunung-gunung lainnya di masa silam bisa kamu lihat di bawah ini.

1. Gunung Raung

Gunung Raung
Gunung Raung via tropenmuseum

Beginilah Gunung Raung pada tahun 1913. Dalam foto ini terlihat beberapa orang yang sedang melakukan pemetaan Pulau Jawa. Aktivitas tersebut memang dilakukan di puncak-puncak gunung sebagai titik ikat geodetik. Istilah tersebut merujuk pada tempat yang sudah memiliki koordinat fixed dan dijadikan titik acuan untuk melakukan pengukuran topografi.

Gunung Raung
Gunung Raung Via Instagram/@meramurindu_

2. Gunung Bromo

Bromo
Bromo via tropenmuseum

Foto Bromo ini diambil Onnes Kurkdjian. Fotografer terkenal yang berasal dari Armenia dan telah menghasilkan banyak karya yang bermuatan antropologis. Sebagian foto-fotonya bahkan muncul di buku panduan wisata Jawa keluaran Hindia Belanda tahun 1922.

Gunung Bromo
Gunung Bromo via Instagram/@rahmadswi 

3. Gunung Semeru

Gunung Semeru
Gunung Semeru via tropenmuseum

Semeru adalah Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Jalurnya yang menantang dan dipenuhi dengan tempat yang indah selalu bisa membuat para pendaki betah. Hal tersebut sepertinya juga sudah terjadi pada bule-bule di zaman Belanda. Dalam foto ini nampak pria berkebangsaan asing yang melakukan pendakian sekitar tahun1920-1940.

Puncak Mahameru
Puncak Mahameru via Instagram/@eky_ms

4. Gunung Lawu

Gunung Lawu
Gunung Lawu via tropenmuseum

Gunung Lawu berada di Jawa Tengah dan memiliki ketinggian 3,265 mdpl. Dan beginilah penampakannya tahun 1930. Saat itu sudah ada semacam patok yang dianggap sebagai cikal bakal Tugu Hargo Dumilah.

Hargo Dumilah
Hargo Dumilah via Instagram/@nusabhakti

5. Gunung Sinabung

Gunung Sinabung
Gunung Sinabung via tropenmuseum

Gunung Sinabung berada di Sumatera Utara dan sempat meletus beberapa kali. Bahkan di awal 2018 gunung ini sudah meletuskan abu vulkanik. Jauh sebelumnya, yaitu tahun 1925, seorang fotografer bernama Jhon sempat mengabadikan pemandangan puncak Gunung Sinabung. Jika difoto dengan kamera masa kini, pasti jadinya akan sangat indah.

Gunung Sinabung
Gunung Sinabung via Instagram/@endro_lewa

6. Gunung Kelud

Gunung Kelud
Gunung Keludvia tropenmuseum

Dalam Bahasa Belanda gunung ini disebut dengan berbagai ejaan. Di antaranya adalah Klut, Cloot, Kloet, atau Kloete. Puncaknya yang berada di ketinggian 1,731 mdpl ternyata sudah menyita perhatian sejak dulu. Ada foto yang berasal dari tahun 1890 dan menunjukkan seperti apa pemandangannya saat itu. Tetap gagah dan gahar hingga saat ini.

Gunung Kelud
Gunung Kelud via ksmtour.com

7. Gunung Merapi

Gunung Merapi
Gunung Merapi via tropenmuseum

Foto Gunung Merapi ini diambil pada tahun 1908. Menunjukkan seorang pria yang berada di antara tebing batu sambil menunjukkan pose yang khas. Sayangnya, karena Merapi telah meletus beberapa kali, setelahnya tempat ini dianggap telah sirna.

Gunung Merapi
Gunung Merapi via Instagram/@tareqelven

8. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via tropenmuseum

Gunung ini memiliki danau yang cantik dengan anak gunung Barujari yang menambah keindahan. Ternyata sejak zaman dulu sudah ada berbagai perjalanan untuk mencapai puncak Barujari yang dianggap lebih berat dari mendaki Puncak Rinjani. Selain meniti tebing yang berbahaya, akses lainnya adalah dengan menyeberangi danau sedalam ratusan meter.

Gunung Rinjani
Gunung Rinjani via Instagram/@jonny.melon

9. Gunung Papandayan

Gunung papandayan
Gunung papandayan via tropenmuseum

Gunung Papandayan ada di berbagai catatan sejarah. Terutama yang berkaitan dengan letusannya yang besar. Seperti yang terjadi pada tahun 1772, letusannya membuatnya berbentuk seperti tapal kuda. Saat ini Papandayan menjadi salah satu destinasi pendakian favorit dengan keindahan alam istimewa.

Gunung Papandayan
Gunung Papandayan Via pariwisatabandung.info

10. Gunung Gede

Gunung Gede
Gunung Gede via tropenmuseum

Foto ini menunjukkan panorama di Gunung Gede pada tahun 1915. Nampak ada banyak bebatuan dengan tumbuhan perdu pionir hingga anaphalis. Sedangkan pria yang ada di dalam foto dipercaya adalah Von Buttel Reepen, ahli biologi berkebangsaan Jerman.

Gunung Gede
Gunung Gede Via Tribunnews.com

Itulah beberapa foto gunung di Indonesia dulu dan sekarang yang berasal dari Tropenmuseum Belanda dan banyak dibagikan di media sosial seperti @gunungindonesia. Bagaimana menurut pendapatmu? Kekaguman pada alam Indonesia semakin bertambah bukan? Jadi ingin naik gunung nih.