FKY 2019, Meriahnya Gelaran Budaya Tahunan di Yogyakarta

MS Fitriansyah

MS Fitriansyah

On Indonesia
Pertunjukan Tari di FKY 2019 Kampung Mataraman Pertunjukan Tari di FKY 2019 Kampung Mataraman

Warga Jogja tentu sudah tak asing dengan gelaran Festival Kebudayaan Yogyakarta (FKY), atau dulu dikenal sebagai Festival Kesenian
Yogyakarta. Telah berlangsung rutin selama 30 tahun belakangan, bulan ini FKY 2019 menambah semarak suasana Kota Gudeg.

Gerbang Festival Kebudayaan Yogyakarta (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Mengusung tema ‘Mulanira’ sebagai semangat kembali, FKY 2019 digelar di beberapa titik. Kampung Mataraman di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul dipilih sebagai venue utama. Sementara itu, Museum Gunung Merapi, Malioboro, Museum Monumen Diponegoro, Pasar Terban, Museum Sonobudoyo, Museum Dewantara Kirti Griya, Pendhapa Art Space, Telaga Julantoro, Alun-alun Kidul, dan Lapangan Patmasuri menjadi venue pendamping.

Buat Teman Traveler yang punya rencana liburan ke Jogja dan mampir ke FKY 2019, sebaiknya segera berangkat. Pasalnya, event bakal berakhir pada 21 Juli mendatang. Jangan ragu deh, sebab di sini kalian bisa saksikan aneka seperti pawai kebudayaan, pameran seni rupa, seni instalasi publik, lokakarya, pesta rakyat, teater, hingga panngung kontemporer.

Pembukaan FKY 2019

Suasana Malioboro sempat lebih meriah pada 4 Juli silam. Hal ini tak lepas dari riuhnya pawai pembukaan FKY 2019, yang digelar hari Kamis. Dimulai dari Kepatihan Malioboro dan Alun-alun Sewandan, arak-arakan bergerak hingga Titik Nol Kilometer.

Acara mulai digelar pukul 15.00 tersebut cukup meriah lantaran diikuti tak kurang dari 2.000 peserta. Di antaranya ada Sanggar Seni Kinanti Sekar dan Yogyakarta Symphony Orchestra featuring Gayam 16. Semua tumpah ruah di Titik Nol Kilometer, merayakan beragamnya kreasi budaya Jogja.

Kuliner & Aneka Souvenir

Gerai kuliner di Kampung Mataraman (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Kampung Mataraman merupakan salah satu venue FKY 2019 yang cukup ramai didatangi pengunjung. Lokasinya berada di selatan Jogja, sekitar lima kilometer dari pusat kota.

Menjelang sore, pengunjung bakal mulai berdatangan. Salah satu daya tarik di sini adalah kehadiran beragam gerai kuliner. Makanan dan jajanan yang ditawarkan jenisnya beragam. Pengunjung tinggal pilih sesuai selera sembari menikmati suasana FKY 2019.

Festival kebudayaan tahunan ini juga diramaikan kehadiran lapak suvenir serta kerajinan. Teman Traveler bisa memborong aneka produk keren seperti kaos, tanaman hias, tas, maupun karya unik lainnya. Oh ya, untuk melakukan transaksi, kalian harus memakai koin kuno ya. Tinggal tukarkan uang tunai di loket yang sudah disediakan. .

Workshop & Panggung Pertunjukkan

Pertunjukan tarian (c) MS Fitriansyah/Travelingyuk

Sejak dibuka, FKY 2019 di Kampung Mataraman kian dipadati pengunjung, mulai sore hingga malam. Tak heran, mengingat hampir setiap hari selalu ada pertunjukan kebudayaan menarik untuk ditonton. Hal ini jadi salah satu daya tarik tersendiri.

Kesenian yang ditampilkan pun sangat bervariasi dari hari ke hari. Mulai dari aneka kreasi tarian, teater kontemporer, Sanggar Omah Srawung, Macapatan, Pencak Silat Reti Ati hingga Jejak Imaji.

FKY 2019 di Kampung Mataraman juga turut menghadirkan workshop. Teman Traveler bisa belajar banyak hal menarik di sini, mulai pembuatan kerajinan photo wood, tata cara pemakaian kebaya, pemanfaatan
koran bekas, hingga cara membikin mini bouquet.

Oleh-oleh khas FKY

Warung oleh-oleh (c) MS Fitriansyah/Travelinyuk

Puas keliling Kampung Mataraman FKY 2019, tak sah rasanya jika tak membawa oleh-oleh atau cinderamata khas. Ingat festival ini hanya datang setahun sekali. Jadi Teman Traveler jangan sia-siakan kesempatan.

Di sisi utara lapak pasar seni, Teman Traveler bisa membeli beberapa barang lucu seperti kaos, tumbler, tote bag, gantungan kunci, hingga gulali. Bisa jadi buah tangan untuk keluarga serta sahabat, atau kenang-kenangan akan meriahnya Festival Kesenian Yogya 2019.

Melalui FKY 2019, penyelenggara coba perlihatkan kembali keberagaman budaya lokal pada generasi muda. Jadi tunggu apa lagi Teman Traveler, rugi sekali jika sampai melewatkan event setahun sekali ini. Jangan lupa jika sedang eksplor wisata Jogja ya.