Deretan Film Tema Kuliner, Ngabuburit Sambil Cari Inspirasi Buka

Advertisement

Ada banyak cara untuk ngabuburit alias menghabiskan waktu sembari menanti waktu berbuka. Salah satu yang paling asyik adalah menonton film. Nah, bagi kamu yang ingin sekalian mencari inspirasi buka, tak ada salahnya menonton film tema kuliner.

Film tema kuliner tak hanya menyajikan cerita inspiratif, namun juga deretan tampilan makanan nan menggugah selera. Pas untuk yang masih bingung menentukan hidangan untuk berbuka. Tanpa banyak kata lagi, berikut Travelingyuk berikan rekomendasinya.

1. Chef

Chef (2014)
Chef (2014) via Instagram screenplay.101

Dibintangi Jon Favreau, dikenal juga sebagai ‘Happy’ di Iron Man, film ini berkisah tentang seorang chef yang meninggalkan jabatannya di sebuah restoran top Los Angeles. Ia lantas coba membangkitkan karirnya di Miami. Bersama mantan istri, sahabat, dan anaknya, Sang Chef lantas mendirikan usaha food truck.

Film bergenre komedi-drama ini termasuk film lawas karena dirilis pada 2014 silam. Namun kisahnya sungguh menyentuh dan sangat layak ditonton. Selain itu deretan sajian ala food truck yang ditampilkan di sini juga memukau.

2. Ratatouille

Ratatouille (2007)
Ratatouille (2007) via Instagram disneymusic

Penggemar film animasi tentu sudah tak asing dengan Ratatouille. Kisah yang digarap apik oleh Pixar ini menceritakan seekor tikus bernama Remy, yang bermimpi menjadi seorang chef terkenal. Petualangan Remy lantas membawanya berhadapan dengan seorang kritikus makanan kondang, yang sekaligus jadi ujian untuk kemampuan memasaknya.

Ratatouille dirilis pada 2007 silam, namun masih sering diputar di beberapa stasiun TV swasta. Meski tokoh utamanya tikus, penonton justru akan dibuat gemas melihatnya. Selain itu kita juga bisa belajar beberapa informasi menarik soal makanan Prancis.

3. Le Grand Chef

Le Grand Chef (2007)
Le Grand Chef (2007) via Hancinema

Salah satu film tema kuliner yang pantang dilewatkan. Le Grand Chef berkisah tentang Seong-chan, yang memutuskan pensiun dari pekerjaannya sebagai seorang chef dan tinggal bersama kakeknya. Ia terus menjauhi dunia kuliner, hingga pesaing lamanya memutuskan mengikuti sebuah kompetisi memasak – sekaligus memberi kesempatan terakhir bagi Seong-chan mengalahkan sang rival.

Film menghibur ini mengambil inspirasi dari manhwa alias komik Korea populer berjudul Sikgaek. Deretan hidangan yang muncul di sini dijamin bakal bikin ngiler.

4. The Hundred Foot Journey

Hundred Foot Journey (2014)
Hundred Foot Journey (2014) via Instagram abdnicat

Film bergenre drama romantis ini mengisahkan persaingan dua restoran di sebuah desa kecil Prancis. Madame Mallory yang diperankan oleh Helen Mirren keberatan melihat ada restoran India berdiri di dekat usaha kuliner miliknya. Kedua restoran tersebut pun berusaha saling menjatuhkan, diwarnai bumbu-bumbu cerita tak terduga.

The Hundred Foot Journey dirilis pada 2014 silam. Meski banyak mendapat komentar negatif dari kritikus, film ini tetap mendapat tempat di hati para penggemarnya. Cocok ditonton bagi yang ingin menambah pengetahuan kuliner.

5. Jiro Dreams of Sushi

Jiro sedang beraksi membuat sushi
Jiro sedang beraksi membuat sushi via Instagram shintosapol

Jiro Dreams of Sushi merupakan film dokumenter karya sutradara Amerika Serikat bernama David Gelb. Kisahnya fokus pada seorang ahli sushi asal Jepang, Jiro Ono. Jiro selalu mengutamakan kesempurnaan dalam pekerjaannya, namun hal tersebut justru memberi kesulitan tersendiri pada putra penerusnya – Yoshikazu.

Film ini dirilis pada 2012 silam dan mendapat reaksi cukup positif dari para kritikus. Pas ditonton oleh para penggemar masakan Jepang dan film dokumenter.

6. Tabula Rasa

Tabula Rasa (2014)
Tabula Rasa (2014) via Instagram lalatimothy

Dirilis pada 2014 silam, Tabula Rasa merupakan satu dari sedikit film Indonesia bertemakan kuliner. Tokoh utamanya bernama Hans, pemuda asal Papua yang gagal meraih mimpi menjadi pemain sepakbola pro. Ia lantas dipertemukan dengan seorang pemilik rumah makan Padang bernama Mak.

Hans dan Mak lantas terlibat interaksi menarik. Lewat makanan dan masakan, Hans kembali menemukan alasan mengapa ia harus terus bersemangat dalam mengejar mimpinya.

Itulah tadi sederet rekomendasi film tema kuliner yang bisa dijadikan referensi untuk ngabuburit, sekaligus mencari inspirasi hidangan berbuka. Tahu judul menarik lainnya? Berikan komentar di kolom yang sudah tersedia.

Advertisement
Tags
kuliner tips Wisata Kuliner
Share