4 Film Dokumenter yang Akan Membuatmu Ingin Segera Keliling Dunia

Terdapat banyak film yang berkaitan dengan kegiatan traveling. Mulai dari kisah nyata yang di-filmkan, kuliner, bahkan hingga film dokumenter. Keindahan tempat yang menjadi lokasi shooting, cara pengambilan gambar, hingga jalan cerita yang menginspirasi adalah beberapa faktor yang membuat orang ingin datang ke lokasinya. Namun tak hanya sekedar membicarakan inspirasi dan panoramanya saja. Pada film dokumenter tentang lingkungan ini, kamu dapat melihat indahnya alam sekaligus bagaimana kondisinya saat ini.

Earth (2007)

Mengambil lokasi shoot di 26 negara via
Mengambil lokasi shoot di 26 negara via intr02film.wordpress.com

Film dokumenter ini dibuat selama lima tahun dengan mengambil lokasi 26 negara. Terdapat tiga hewan yang menjadi karakter utama. Yaitu beruang kutub, gajah Afrika, dan paus bungkuk. Film yang pertama kali dirilis di Inggris pada tahun 2007 menceritakan kehidupan hewan liar yang penuh dengan insting kebinatangan, aroma kekerasan nyaris tak tampak.

Under The Sea

Under The Sea yang narasinya diisi oleh Jim Carey via
Under The Sea yang narasinya diisi oleh Jim Carey via www.walldevil.com

Under the Sea adalah film dokumenter yang menggambarkan bagaimana luar biasanya keindahan bawah laut. Beragam makhluk laut yang jarang kita temukan di laut semuanya ditampilkan dalam film ini. Panorama bawah laut yang ajaib ini didukung dengan narasi kocak dari Jim Carrey. Film yang mengambil lokasi mulai dari Australia, Indonesia, hingga Laut Pasifik.

Under an Arctic Sky

Pencarian ombak di Lingkar Arktik via
Pencarian ombak di Lingkar Arktik via kickstarter.com

Film dokumenter yang disutradarai oleh Chris Burkard ini menceritakan sekelompok peselancar yang berusaha menemukan ombak di Lingkar Arktik. Di tengah musim dingin yang hebat, mereka bersikeras menjelajah Islandia. Perjalanannya pun tak mudah dan menemukan banyak rintangan, sampai akhirnya mereka menemukan harta karun di Islandia yang tak ternilai harganya.

Chasing Coral

Menceritakan keindahan sekaligus koral yang sedang terancam via
Menceritakan keindahan sekaligus koral yang sedang terancam via sustainability.mit.edu

Proses kematian terumbu karang di dunia disajikan selama satu jam dalam film ini. Salah satu kerusakan terumbu karang yang parah adalah Great Barrier Reef, Australia, juga diceritakan di film ini. Sekalipun menampilkan gambar yang memukau, namun film peraih nominasi Piala Oscar 2017 ini sejatinya menyimpan pesan pedih. Hal ini tak terlepas dari fakta kerusakan terumbu karang di dunia sudah mencapai level yang memprihatinkan.

Kebanyakan film dokumenter tak hanya sekedar menampilkan keindahan, namun beberapa sisi lain yang tak terlihat juga turut diangkat. Singkatnya, empat film di atas tak hanya membuatmu ingin segera traveling, tapi juga mengajakmu untuk mengerti bahwa dunia sedang dalam bahaya. Ada dari salah satu film di atas yang sudah pernah kamu lihat?

Tags
Film Dokumenter mancanegara Wisata
Share