Pesona Bahari yang Cantik di Festival Takabonerate 2016

Advertisement
Advertisement

Indonesia adalah negara kepulauan dan sebagian penduduknya bergantung pada lautan. Sampai saat ini berbagai upaya untuk melestarikan dan menjaga aset maritim negeri ini terus dilakukan. Begitu juga dengan usaha agar berbagai tempat indah bisa dimanfaatkan dengan baik sebagai tujuan wisata tanpa merusak lingkungan. Itu penting, karena saat ini banyak sekali oknum tidak bertanggung jawab yang mengabaikan lingkungan demi meraup keuntungan sebanyak-banyaknya.

Agar hal itu tidak hanya jadi wacana dan harapan saja, maka berbagai tempat di Indonesia berbondong-bondong melakukan sesuatu yang baik untuk lingkungan dan alam. Namun tetap memberikan keuntungan yang berlimpah bagi penduduknya. Salah satunya dengan menggelar festival-festival untuk menarik wisatawan. Dalam waktu dekat ini Kepulauan Selayar akan menggelar rangkaian acara bernuansa bahari. Sebut saja Festival Takabonerate yang memang sudah rutin dilakukan setiap satu tahun sekali.

1. Digelar dalam Rangka Hari jadi Kepulauan Selayar

Festival bahari yang begitu mempesona tersebut adalah agenda seru yang nggak boleh kamu lewatkan. Apalagi jika kamu adalah pencinta berbagai hal yang berhubungan dengan pantai dan laut. Berbagai pertunjukan seru akan kamu nikmati bila berkunjung ke festival yang diadakan dalam rangka hari jadi Kepulauan Selayar tersebut. Kepulauan Selayar mungkin masih asing di telinga, tidak seperti kepulauan lain seperti Raja Ampat atau Derawan. Padahal, gugusan daratan yang masuk dalam wilayah Sulawesi tersebut menyimpan keindahan yang begitu memukau.

Wisata Takaborenate [image source]
Wisata Takaborenate [image source]
Dari sekian banyak pulau, Takabonerate adalah yang paling menyita perhatian. Yaitu pulau yang di bagian tengahnya terdapat laguna. Bisa dibilang Takabonerate adalah atol yang cukup besar. Perairan yang ada di tengah pulau terkenal sebagai taman laut dengan biota yang cukup beragam. Total luas Takabonerate mencapai 220.000 hektare dengan sebaran terumbu karang seluas 500 km persegi. Secara administratif Takabonerate terletak di Kecamatan Takabonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

2. Takabonerate Adalah Surga Indonesia

Karena menyimpan potensi bahari yang sangat penting, maka Takabonerate terus dijaga apalagi setelah ditetapkan sebagai kawasan taman laut. Aktivitas wisata di tempat ini diperbolehkan. Selain pulau utama,  masih ada 15 pulau lain yang tersebar di sekitar Takabonerate. Datang ke tempat ini akan membuat liburanmu makin menyenangkan. Kamu bisa melintasi lautan dengan naik perahu dan melakukan berbagai hal seru, termasuk mengintip kehidupan bawah laut di kawasan Taman Nasional Takabonerate.  Pemerintah sampai mencalonkan tempat ini sebagai salah satu situs warisan dunia pada UNESCO Sejak tahun 2005 silam.

Taman Nasional Takaborenate [image source]
Taman Nasional Takaborenate [image source]
Kepuasanmu akan semakin bertambah saat menyelam atau snorkeling dan menyibak ada apa di dalam laut Takabonerate. Terumbu karang, hingga ikan-ikan akan membuat kamu bersyukur mendapat kesempatan melihat langsung salah satu sudut keren di Indonesia. Di daratan juga nggak kalah menarik. Saat air laut surut karang-karang di pantai akan membentuk kolam-kolam kecil yang begitu cantik. Jika beruntung, kamu akan menyaksikan berbagai flora dan fauna langka.

3. Melihat Bayi Hiu di Takabonerate

Apa yang ada di benakmu jika mendengar tentng hiu? Pasti langsung begidik ngeri dan mungkin akan mengurungkan niat pergi ke suatu tempat jika tahu di sana ada hiu. Tahukah kamu jika di kawasan Takabonerate ada hiunya? Tapi tenag saja, yang dimaksud di sini bukan hiu dewasa, melainkan bayi hiu yang ukurannya kecil. Meski sebagai pemangsa, tapi bayi hiu yang tepatnya ada di Pulau Tinabo Besar cukup jinak dan tidak membahayakan.

Kehidupan Bawah Laut Takaborenate [image source]
Kehidupan Bawah Laut Takaborenate [image source]
Pulau Tinabo Besar selama ini memang dijadikan lokasi para hiu menaruh anaknya. Setelah umur dengan ukurannya sudah cukup, hiu-hiu tersebut akan kembali ke laut lepa. Di sela-sela pelaksanaan festival, kamu bisa mengunjugi kawasan ini untuk melihat hiu. Menarik sekali kan?

4. Sekilas Tentang Festival Pesona Bahari Takabonerate 2016

Meski berupa Taman Nasional, tapi terdapat pulau-pulau yang ditinggali oleh penduduk  karena lautnya menyimpan banyak sekali sumber daya untuk menyambung hidup para nelayan. Ada lebih dari 5 ribu jiwa yang menetap dan tersebar di 5 pulau kawasan Takabonerate. Kamu bisa berinteraksi dengan penduduk setempat dan melihat bagaimana budaya dan tradisi mereka.

Pulau Tinabo [image source]
Pulau Tinabo [image source]
Saat yang tepat untuk mengeksplorasi Takabonerate adalah ketika diadakan festival bahari. Tahun ini kegiatan tersebut akan digelar pada tanggal 3 hingga 6 September 2016. Salah satu yang menjadi agenda penting adalah pertemuan dengan para Sail Indonesia yang telah melakukan pelayaran dari Darwin Australia. Festival tahun ini adalah gelaran yang ke-6, menunjukkan jika antusiasmu para pengunjung semakin tinggi. Selain pertunjukan budaya, ada juga lomba-lomba bernuansa bahari seperti kompetisi fotografi.

Untuk informasi lebih lanjut terkait acara tersebut kamu bisa menghubungi nomor 081241880158 via telepon. Yuk segera tandai kalendermu dan jangan lewatkan Festival Pesona Bahari Takabonerate 2016.

Advertisement
Tags
festival Indonesia Kepulauan Maladewa Sulawesi Selatan
Share