Festival Pesona Senggigi 2018, Momentum Kebangkitan Pariwisata di Lombok

Gempa yang melanda Lombok beberapa waktu lalu, telah memporak porandakan sektor pariwisata di pulau kecil nan indah ini. Salah satu wilayah yang terdampak adalah kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat. Tak hanya wisata alam, banyak hotel tutup sementara waktu karena mengalami kerusakan serius. Tak ingin terus menerus dalam keterpurukan, Festival Pesona Senggigi 2018 digelar untuk membangkitkan pariwisata Lombok.

Event tahunan yang dilaksanakan tanggal 21-22 September 2018 oleh masyarakat bersama Pemkab Lombok Barat memberikan sinyal kepada wisatawan bahwa Lombok sudah aman. Seperti apa gelaran acara tersebut? Yuk, simak penuturan dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori berikut.

1. Festival Pesona Senggigi

Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid membuka secara resmi Festival Pesona Senggigi 2018
Pembukaan Festival oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Perlu Teman Traveler ketahui, Festival Pesona Senggigi merupakan acara tahunan yang telah digelar sejak 25 tahun yang lalu. Tepatnya diawali pada tahun 1993. Tujuan utama acara ini yaitu sebagai ajang promosi untuk menarik para wisatawan berkunjung ke kawasan wisata Senggigi, yang sebelumnya sudah terkenal akan keindahan pantainya.

Penonton memadati gelaran Festival Senggigi 2018
Penonton memadati gelaran Festival Senggigi 2018(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

2. Agenda Rowah Asuh Gumi

Penampilan Dzikir Zaman, tarian bernafaskan Islam dengan iringan dzikir dan shalawat
Penampilan Dzikir Zaman(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Rowah Asuh Gumi merupakan tema yang diangkat pada gelaran Festival Pesona Senggigi 2018 tahun ini. Rowah artinya ritual doa dan dzikiran, asuh berarti membersihkan dan gumi diartikan bumi. Jadi Rowah Asuh Gumi merupakan ajang ritual dengan cara berdzikir dan berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk membersihkan bumi Lombok dari musibah.

Kemeriahan Festival Pesona Senggigi 2018
Kemeriahan Festival Pesona Senggigi 2018(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

3. Menjadi Sarana Trauma Healing

Kegiatan Trauma Healing pada Festival Pesona Senggigi 2018
Kegiatan Trauma Healing(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Selain menjadi momentum kebangkitan Lombok di bidang pariwisata, festival ini juga digunakan sebagai ajang untuk memberikan hiburan bagi masyarakat korban gempa agar tidak terlalu larut dalam keterpurukan. Pemkab Lombok Barat telah merancang acara Festival Pesona Senggigi 2018 ini menjadi sarana trauma healing bagi anak-anak dan masyarakat korban gempa lainnya. Mengingat dampak gempa yang bertubi-tubi telah menyerang psikologis masyarakat Lombok.

Penampilan Tari Perang Peledokan
Penampilan Tari Perang Peledokan (c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Aneka Kegiatan & Kesenian Tradisional Lombok

Penamilan Tari Gandrung
Penampilan Tari Gandrung(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Acara meriah yang berlangsung selama dua hari ini berpusat di Pasar Seni Senggigi. Beragam kegiatan sudah disiapkan dengan matang. Di antaranya adalah seperti tari-tarian tradisional, Gendang Beleq, pementasan drama Cupak Gerantang hingga musik modern. Selain hiburan ada juga perlombaan seperti, bersih pantai, water tower, tarik tambang, blindman soccer dan kegiatan trauma healing dari tim Psikolog RSJ Mutiara Sukma Mataram.

Penampilan Gendang Beleq
Penampilan Gendang Beleq(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

5. Sembari Nikmati Keindahan Sunset di Pantai Senggigi

Penampilan Drama Cupak Gerantang
Penampilan Drama Cupak Gerantang(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Festival Pesona Senggigi biasanya diadakan pada bulan september setiap tahunnya. Jadi, Teman Traveler yang ketinggalan acara di tahun ini bisa menikmatinya di tahun-tahun berikutnya. Selain dapat menikmati hiburan kearifan lokal di Lombok, keindahan Pantai Senggigi dengan sunset yang menakjubkan juga bisa menjadi bonus istimewa.

Sunset indah di pantai Senggigi
Sunset indah di pantai Senggigi(c)Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Itu tadi ulasan tentang Festival Pesona Senggigi 2018. Keren kan? Jadi, sudah siap untuk kembali jelajah pulau cantiknya Nusa Tenggara Barat ini kan?

Tags
Festival Lombok Indonesia Lombok Lombok Barat Nusa Tenggara Barat Travelingyuk
Share