Pasca Gempa Lombok, Inilah Wajah Islamic Centre Mataram yang Bikin Miris

Gempa Lombok berkekuatan 7,0 SR memporak-porandakan beberapa wilayah di Nusa Tenggara Barat dan sekitarnya. Bahkan getaran gempa yang berpusat di timur laut Lomvok Utara tersebut juga dirasakan di Pulau Bali dan beberapa kota di Pulau Jawa. Di Pulau Lombok sendiri, beberapa titik juga mengalami kerusakan yang cukup parah. Seperti Gili Trawangan dan Mataram. Masjid Hubbul Wathan atau Islamic Center yang menjadi ikon Kota Mataram juga merasakan dampak dari pasca gempa Lombok.

Satu Kubah Hampir Jatuh

Masjid Hubbul Wathan sebelum gempa via instagram/tirtatommi

Pasca gempa Lombok mengakibatkan beberapa bangunan rusak. Setelah dihantam gempa dengan magnitudo sebesar 7,0 SR, satu kubah yang ada di menara Islamic Center hampir jatuh. Beberapa dinding yang ada pada tiang menara sebelah kanan, roboh. Kubah menara yang berada di belakang masjid juga berada dalam kondisi serupa. Kubah tersebut miring dan hampir jatuh, namun tersangkut sekaligus tertahan oleh salah satu bagian bangunan.

Menjadi Tempat Masyarakat untuk Mengungsi

Puing runtuhan yang berserakan di lantai via instagram/atikah_syechboo

Saat gempa terjadi, Masjid Hubbul Wathan menjadi tujuan masyarakat untuk mengungsi. Saat itu pula beberapa bagian kecil masjid mulai runtuh. Ribuan orang memilih tempat ini sebagai tempat mengungsi karena lokasinya yang jauh dari bibir pantai. Meski beberapa bagian kecil telah runtuh, masyarakat tetap memilih berlindung di dalam masjid. Hal tersebut tak lain karena adanya isu yang mengatakan bahwa air laut telah masuk ke kota.

Tetap Dibuka

Dinding menara yang rubuh via instagram/atikah_syechboo

Hingga Senin, (06/08/2018), beberapa reruntuhan masih berserakan di lantai. Tembok-temboknya yang retak juga belum mendapatkan penanganan. Walaupun keadaan masjid sedikit rusak dan reruntuhan berserakan, masyarakat tetap dapat mengakses masjid yang menjadi ikon Kota Mataram tersebut. Tidak ada larangan untuk warga yang ingin melakukan kegiatan ibadah.

Beberapa Masjid Lain Juga Terdampak Gempa

Tembok Islamic Center yang retak via instagram/atikah_syechboo

Dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Masjid, tentu saja terdapat banyak masijd yang tersebar di kawasan Pulau Lombok. Gempa berkekuatan 7,0 SR tersebut juga memeberikan dampak kerusakan untuk beberapa masjid di Pulau Lombok. Selain Masjid Hubbul Wathan, beberapa masjid juga rusak berat. Seperti masjid di Desa Trengilut, Desa Tanjung, Desa Kalayang dan Desa Wadon juga mengalami nasib serupa.

Gempa utama yang berkekuatan 7,0 SR serta ratusan gempa susulan berkekuatan rendah, membuat masyarakat panik dan memakan banyak korban. Meskipun sempat ada peringatan potensi tsunami, hal tersebut telah dicabut oleh BMKG tak lama setelah gempa terjadi.

Tags
Gempa Lombok Indonesia info terbaru Lombok
Share