Festival Pesona Moyo 2019, Meriahnya Syukuran Panen di Sumbawa

Festival Pesona Moyo 2019 merupakan acara yang diadakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa. Acara ini berlangsung pada tanggal 11 – 29 September 2019. Untuk merasakan kemeriahan acara ini, simak yuk ulasan lengkapnya.

Acara Gebyar Pesta Jagung Sebagai Rasa Syukur

picsart_09_13_08_mJ1.jpg
Acara Gebyar Jagung (c) Die.Samawa (Genpi LS)/ Travelingyuk

Hari pertama dilaksanakan pada hari Rabu, 11 September 2019 dengan mengadakan Acara Gebyar Pesta Jagung. Acara tersebut digelar di Taman Mangga, Sumbawa Besar yang dimeriahkan dengan lomba mengolah makanan dan kerajinan berbahan jagung.

picsart_09_13_08_H3c.jpg
Acara Gebyar Jagung (c) Die.Samawa (Genpi LS)/ Travelingyuk

Diadakannya kemeriahan ini tentunya tak lepas dari harapan pemerintah bahwa mereka ingin memberikan pemahaman tentang pentingnya bahan pangan jagung untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu, diharapkan juga masyarakat Sumbawa dapat memberikan inovasi baru dalam pengolahan jagung.

Culture Parade untuk Mengenalkan Budaya Sumbawa

picsart_09_13_08_B7X.jpg
Culture Parade (c) Die.Samawa (Genpi LS)/ Travelingyuk

Pada hari kedua, 12 September 2019, dilanjutkan dengan acara “Culture Parade”. Acara ini diadakan di depan kantor Bupati Sumbawa, Jln Garuda, Kelurahan Uma Sima. Beberapa suku yang ada di pulau Sumbawa ikut memeriahkan Festival ini. Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Sumbawa sebagai perwakilan Bupati Sumbawa juga turut hadir.

picsart_09_13_08_yDo.jpg
Culture Parade (c) Die.Samawa (Genpi LS)/ Travelingyuk

Para penyelenggara dan peserta nantinya akan dilepas dari depan Kantor Bupati Sumbawa. Garis finish berada di Lapangan Pahlawan Kota Sumbawa.

Tentunya acara ini juga bisa menjadi kesempatan untuk menumbuhkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap nilai-nilai kearifan budaya Tau Samawa (Orang Sumbawa). Diharapkan acara ini bisa bernilai positif dalam mengenalkan tradisi dan budaya masyarakat Sumbawa ke masyarakat luas.

Festival Kebanggaan Masyarakat Sumbawa

picsart_09_13_10_rFo.jpg
Kebanggaan Sumbawa (c) Die.Samawa (Genpi LS)/ Travelingyuk

Menariknya, Festival Pesona Moyo ini masuk dalam 100 kalender Wonderful Indonesia 2019 yang telah dirilis oleh Kementerian Pariwisata RI. Hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumbawa.

Tentunya hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosial dan ekonomi masyarakat Sumbawa. Rangkaian acara ini dilaksanakan selama 19 hari mulai dari tanggal 11 – 29 September 2019. Adapun dilaksanakan 18 rangkaian acara yang berbeda-beda tiap harinya. 

picsart_09_13_08_0kQ.jpg
Kebanggaan Sumbawa (c) Die.Samawa (Genpi LS)/ Travelingyuk

Acara inipun semakin meriah dengan adanya tarian daerah yang dilakukan para gadis. Mereka semakin cantik dengan memakai pakaian adat Sumbawa yang berwarna-warni. Kelihaian mereka dalam menari yang seirama lantunan musik sangat bisa mewakilkan keindahan budaya Sumbawa. Seru sekali, ya?

Harapan Baik Pemerintah Sumbawa

img_20190916_135054_7xO.jpg
Harapan Pemerintah (c) Die.Samawa (Genpi LS)/ Travelingyuk

Harapan pemerintah Sumbawa dengan pelaksanaan festival ini tentunya bisa menjadi kesempatan besar untuk mendorong dan meningkatkan pariwisata di daerah Sumbawa agar semakin maju. Di samping itu, diharapkan festival ini mampu meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta dapat membangkitkan seni budaya di Kabupaten Sumbawa.

Itu dia ulasan Festival Pesona Moyo 2019 yang begitu seru dan meriah. Acaranya masih berlangsung, yuk sempatkan menikmati meriahnya festival ini saat keliling wisata Sumbawa. Bagaimana, mau ajak siapa?

Tags
festival pesona moyo september Sumbawa
Share