Festival Pesona Bau Nyale 2019 di Lombok, Lebih dari Sekedar Menangkap Cacing Laut

Adakah Teman Traveler yang berencana liburan di Lombok Februari ini? Pilihan waktu yang tepat. Sebab bukan sekedar jalan-jalan di berbagai objek wisata, Teman Traveler akan mendapat bonus Festival Pesona Bau Nyale 2019. Merupakan kegiatan menangkap cacing laut yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika di Pantai Kuta Lombok. Namun tidak cuma itu, masih banyak rangkaian acara yang menjadi magnet bagi pelancong. Informasi lebih lengkap langsung baca ulasan berikut ya.

Festival Pesona Bau Nyale 2019

Parade Budaya Memeriahkan Festival Pesona Bau Nyale 2018 via Instagram @genpilomboksumbawa
Parade Budaya di Festival Pesona Bau Nyale 2018 via Instagram @genpilomboksumbawa

Festival Pesona Bau Nyale 2019 telah dirilis pada Calendar of Event 2019 oleh Kementrian Pariwisata. Kegiatan ini berupa menangkap nyale alias cacing laut secara beramai-ramai. Suku Sasak mempunyai kalender sendiri. Acara tahunan ini pun dilaksanakan berdasarkan perhitungan tersebut, nyale sendiri hanya bisa ditangkap pada 20 bulan 10. Tahun ini Pesona Bau Nyale dimulai tanggal 20 Februari di Pantai Kuta, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Menangkap Cacing Laut

Mencari Nyale alias Cacing Laut di Pantai Kuta Mandalika via Instagram @_dwiranata
Mencari Nyale alias Cacing Laut di Pantai Kuta Mandalika via Instagram @_dwiranata

Kegiatan utama Festival Pesona Bau Nyale adalah menangkap cacing laut di Pantai Kuta Lombok. Wisata bahari ini mempunyai panorama indah dengan hamparan pasir putih ditambah air laut jernih. Tidak heran wisatawan tertarik singgah di pantai ini apalagi dengan adanya kemeriahan acara.

Tidak hanya sekedar menangkap cacing laut, event ini pun mengandung kearifan lokal dan telah dilaksanakan untuk menjaga nilai budaya suku Sasak. Festival Pesona Bau Nyale 2019 juga sebagai ajang untuk meningkatkan kembali wisata Lombok, terutama setelah adanya gempa tahun lalu.

Antusiasme dalam Mencari Cacing Laut via Instagram @waskitanandangurah
Antusiasme dalam Mencari Cacing Laut via Instagram @waskitanandangurah

Nyale Dipercaya Sebagai Jelmaan Putri Mandalika

Lomba Fashion Show di Festival Pesona Bau Nyale 2018 Lalu via Instagram @genpilomboksumbawa
Lomba Fashion Show di Festival Pesona Bau Nyale 2018 Lalu via Instagram @genpilomboksumbawa

Ternyata cacing laut yang ditangkap saat Festival Pesona Bau Nyale merupakan jelmaan Putri Mandalika. Menurut legenda yang beredar di Pulau Lombok, Putri Mandalika memiliki paras cantik rupawan. Sehingga pangeran di kerajaan-kerjaan Lombok pun berlomba-lomba mendapatkan hatinya, salah satunya dengan saling berperang. Sang putri tidak ingin terjadi pertumpahan darah akibat memperebutkan dirinya. Putri Mandalika pun berkorban dengan menyeburkan diri ke laut Pantai Selatan.

Rangkaian Acara Festival

Festival yang Selalu Menjadi Daya Tarik bagi Pelancong via Instagram @zlatan_rama
Festival yang Selalu Menjadi Daya Tarik bagi Pelancong via Instagram @zlatan_rama

Selain menangkap cacing laut, Festival Pesona Bau Nyale 2019 pun menyediakan beragam atraksi menarik lainnya. Di antaranya adalah parade budaya suku Sasak, lomba fashion show dimana peserta mengenakan kostum layaknya seorang putri. Ada pula pertunjukan tradisional, misalnya sendratari menggambarkan kisah Putri Mandalika dan pementasan lainnya.

Seluruh rangkaian agenda Festival Pesona Bau Nyale 2019, tentu akan memanjakan warga sekitar dan pelancong. Jadi Teman Traveler tunggu apalagi? Ayok persiapkan diri untuk liburan ke Lombok.

Tags
Festival Pesona Bau Nyale Indonesia info terbaru Lombok Mandalika NTB Nusa Tenggara Barat
Share