Penuh dengan Warna, Intip Festival Payung Indonesia 2019 di Candi Prambanan

Di awal Bulan September 2019 ini, akan ada sebuah festival yang bisa Teman Traveler kunjungi. Namanya adalah Festival Payung Indonesia 2019 yang sudah digelar dari tahun 2014. Acara ini memeriahkan akhir pekan kalian yang sedang berlibur ke Jogja. Nah, untuk lebih lengkapnya, kalian bisa simak ulasan berikut ini. 

Merupakan Festival yang Penuh dengan Karya Seni 

festival payung indonesia 2019
Ilustrasi acara Festival Payung Indonesia 2018 (c) M Jeffry Hanfiah/https://festivalpayungindonesia.asia

Bagi yang belum tahu, festival ini merupakan acara rakyat yang juga melibatkan masyarakat di dalamnya. Sesuai dengan namanya, payunglah yang menjadi sumber penciptaan karya seni. Tujuan digelarnya Festival Payung Indonesia adalah untuk meningkatkan geliat ekonomi kreatif seni pembuatan payung tradisional. Selain itu, untuk melestarikan payung tradisional sebagai salah satu warisan budaya di Indonesia. 

Ada Tema Baru di Tahun Ini 

Festival Payung Indonesia 2019
Ilustrasi acara Festival Payung Indonesia 2018 (c) Luthfia Caesario HA/
https://festivalpayungindonesia.asia

Festival yang akan mewarnai Jogja ini mempunyai tema berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Bernama Sepayung Daun. Tema ini menjadi inspirasi, karena peserta akan diajak berinovasi dalam menyajikan karya-karya terbaiknya. Karya tersebut sangat kreatif dan otentik. Ada banyak sentuhan inovasi hingga membuat festival menjadi lebih fresh. Mengacu temanya, daun akan dijadikan sebagai dasar dalam penciptaan karya seni.

Peserta Berasal dari Beberapa Negara 

Ilustrasi acara Festival Payung Indonesia 2018 (c) Untung Subagyo/
https://festivalpayungindonesia.asia

Menariknya, festival ini tak hanya diikuti oleh masyarakat Indonesia. Namun juga dari negara lain seperti Jepang, India, Spanyol dan Thailand. Hal ini dikarenakan setiap peserta ingin menggalakkan lagi payung tradisional dari masing-masing negara yang ternyata sudah hilang tergerus zaman. 

Selain itu, para kreator juga banyak yang berasal dari luar negeri. Nantinya, mereka akan terlibat dalam beberapa sesi di acara ini. Seperti pameran, workshop, pertunjukan, lomba fotografi dan payung kreasi. 

Banyak Kegiatan di Dalamnya 

Ilustrasi acara Festival Payung Indonesia 2018 (c) Sofian Hadianto/
https://festivalpayungindonesia.asia

Selain memamerkan ribuan payung tradisional, festival seni ini juga menjadi tempat edukasi tradisi payung. Di sana, para peserta akan memperagakan bagaimana membuat payung dengan berbagai macam jenis. Mulai dari bahan kertas, sampai dengan rajut. 

Kemudian, di dalam festival ini akan dihadirkan juga pelatihan Tea Ceremony Jepang, Tanabata Festival, dan Workshop Furoshiki. Pengunjung akan diperkenalkan juga dengan hubungan dua kota (Sister City) Jogja-Kyoto, yang telah berusia 35 tahun. 

Bagaimana, seru kan Festival Payung Indonesia 2019 ini? Kalian akan belajar banyak hal di dalamnya. Bagi kalian yang tertarik dengan acara rakyat satu ini, bisa datang ke Candi Prambanan. Acara ini berlangsung dari tanggal 6 sampai 8 September 2019. Jangan sampai ketinggalan ya.

Tags
Candi Prambanan Festival Payung Indonesia 2019 Indonesia info terbaru Jogjakarta Klaten
Share