Festival Musim Panas di Jepang Segera Berlangsung, Catat Tanggal dan Lokasinya!

Jepang merupakan salah satu negara yang kental akan tradisinya. Jadi, tak heran kalau negeri sakura tersebut selalu melakukan perayaan untuk setiap tanggal yang dianggap istimewa. Salah satu contohnya adalah tidak melewatkan festival musim panas yang dilakukan setiap tahunnya. Untuk tahun ini, festival musim panas Jepang dilakukan di Bulan Juli – Agustus 2019. Mau tahu seperti apa dan kapan festivalnya? Bisa simak ulasan berikut. 

Mitama Matsuri 

Mitama Matsuri via shutterstock

Festival musim panas yang paling ternama adalah Mitama Matsuri. Acara yang diadakan pada tanggal 13 hingga 16 Juli 2019 tersebut akan menampilkan 30ribu lentera yang didedikasikan untuk para arwah yang gugur saat Perang Dunia II.

Selain itu, di malam harinya akan ada banyak atraksi menarik yang dapat dinikmati. Kalau Teman Traveler sedang eksplor wisata Jepang, bisa banget untuk mampir ke Kuil Yasukuni di Tokyo. Acaranya dimulai dari pukul enam sore. 

Sumidagawa Fireworks

Sumidagawa Fireworks via shutterstock

Musim panas di Jepang juga akan dimeriahkan oleh pesta kembang api. Nama festivalnya yaitu Sumidagawa Fireworks yang diadakan di kawasan Sungai Sumida, Tokyo. Di festival ini akan ada banyak kembang api yang diluncurkan ke langit dari jam tujuh malam.

Rentetan kembang api tersebut akan berlangsung 90 menit lamanya, jadi jangan takut ketinggalan acaranya. Namun, festival yang diselenggarakan tanggal 27 Juli 2019 ini akan dilangsungkan kalau cuaca sedang bagus. Apabila cuaca buruk, maka acara tersebut akan diundur satu hari setelahnya. 

Shinjuku Eisa

Shinjuku Eisa via shutterstock

Di tanggal yang sama dengan Sumidagawa Fireworks, ada festival seru lain di Tokyo. Adalah Shinjuku Eisa. Festival yang berada di pusat Shinjuku ini, akan menampilkan sebuah tarian tradisional bon dari Okinawa. Biasanya, acara yang sudah digelar dari tahun 2001 ini akan diikuti oleh 20 tim dengan kostum uniknya. 

Fukagawa Hachiman 

Fukagawa Hachiman via shutterstock

Fukagawa Hachiman adalah satu dari tiga festival Shinto terbesar di Tokyo selain Kanda dan Sanno. Festival ini diadakan setiap tahunnya pada pertengahan bulan Agustus dan berlokasi di sekitar Kuil Tomioka Hachiman Tokyo.

Pada acara ini, ditampilkan 53 kuil arak-arakan yang akan menyemprotkan air ke orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut bertujuan untuk memberi tahu bahwa air merupakan simbol pemurnian di Jepang. Kalau teman traveler tertarik, bisa datang di tanggal 11 – 15 Agustus 2019 dan jangan lupa membawa baju ganti, ya.

Itulah festival musim panas di Jepang yang diadakan pada Bulan Juli hingga Agustus. Semuanya memiliki keunikan masing-masing supaya masyarakat tertarik untuk melihatnya. Kalau teman traveler suka festival yang mana nih? 

Tags
festival musim panas jepang info terbaru jepang Luar negeri tokyo
Share