Festival Kuliner di Bulan Ramadan, Puas Kenyangin Perut Laparmu!

Bulan puasa memang erat kaitannya dengan kuliner. Berbagai hidangan tradisional sampai yang kekinian pun dapat dengan mudah dijumpai terutama di pasar Ramadan. Di bulan yang penuh berkah ini, sayang banget rasanya kalau hanya menghabiskan waktu di rumah. Teman Traveler bisa berkunjung ke sejumlah festival kuliner di bulan Ramadan berikut. Kira-kira semeriah apa ya? Yuk, intip!

Festival Ramadhan Aceh

Festival kuliner di Bulan Ramadan
Festival Kuliner Ramadhan di Aceh, via Instagram/gallerytravel.iui

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh mengadakan Festival kuliner di Bulan Ramadan 2019 yang dilaksanakan tanggal 7 hingga 21 Mei 2019 dan berlokasi di Taman Budaya. Acara tersebut dimulai dari jam 16.30 hingga pukul 20.00 dan dilanjutkan pada 21.30 hingga selesai. Tak hanya kuliner, event juga diramaikan oleh berbagai pertunjukkan seni budaya islami, pameran, pemutaran film, buka puasa bersama, tausiyah, dan lain-lain.

Festival Kuliner Ramadhan Megamas

Festival Kuliner Megamas
Festival Kuliner Megamas, via Instagram/fajar_ermas

Nggak cuma Aceh, Manado juga punya Festival kuliner di Bulan Ramadan, lho. Teman Traveler bisa memilih untuk berbuka puasa di Festival Kuliner Ramadan (FKR) Megamas yang bertempat di parkiran KSB 3C. Acara tersebut diselenggarakan oleh Megamas yang bekerjasama dengan sebuah bank dan merk minuman lokal. Diikuti oleh 24 UKM, FKR digelar setiap hari hingga tanggal 1 Juni 2019 mendatang mulai dari jam 16.00 hingga pukul 23.00 malam.

Tempat yang asyik serta banyak pilihan kuliner membuatnya menjadi lokasi favorit untuk berbuka puasa. Coto Makassar, Es Pisang Ijo, Kacang Susu, Palu Butung, bisa dijumpai di sini. Pengunjung hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp25 ribuan untuk menikmatinya.

Festival Ramadan Banyuwangi

Festival Kuliner Ramadan di Banyuwangi
Festival Kuliner Ramadan di Banyuwangi, via Instagram/mywiskul

Pemkab Banyuwangi menggelar festival Ramadan selama sebulan penuh. Acara ini disii oleh ragam kegiatan keagamaan dan seni budaya islami, serta jadi wadah bagi ratusan usaha kuliner mikro untuk mencari rezeki di sini.

Berbagai menu buka puasa yang menarik seperti kolak pisang precet, kolak kopyor, patula, bisa Teman Traveler temukan di Festival kuliner di Bulan Ramadan ini. Event dipusatkan di kawasan Gelanggan Seni Budaya (Gesibu), Taman Blambangan.

Pesona Khazanah Ramadan

Pesona Khazanah Ramadan
Pesona Khazanah Ramadan, via Instagram/festival_ramadhantastura

Berbicara soal festival, belum lengkap jika tak membahas Lombok. Karena Pesona Khazanah Ramadan (PKR) menjadi salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu terutama bagi wisatawan. PKR diselenggarakan hingga tanggal 4 Juni 2019.

Macam aktivitas mulai dari ibadah, talkshow, lomba, pameran, bazar, hingga hiburan islami lainnya dikemas menjadi satu. Ujung dari event ini akan ditandai dengan Tabligh Akbar dan Ramadan Berdzikir. Acara digelar di arena bazar PKR Masjid Hubbul Wathan, Islamic Center Mataram, Lombok, NTB.

Seru banget kan? Jangan hanya tidur di rumah saja, Teman Traveler bisa berkunjung ke sejumlah festival di bulan Ramadan tadi. Sudah tau mau ajak siapa ke sini?

Tags
festival kuliner ramadan Indonesia Ramadan
Share