7 Rekomendasi Festival di Bulan Maret 2019, Pantang Absen!

Renada Vischa

Renada Vischa

On Indonesia

Apakah Teman Traveler masih bingung destinasi wisata apa saja yang ingin dikunjungi pada bulan ini? Tak perlu lagi merasa linglung, karena ada banyak sekali pagelaran menarik. Berikut sederet rekomendasi festival di Bulan Maret 2019 yang seru dan bakal membuat liburanmu jadi makin berwarna. Simak daftar berikut yuk!

Java Jazz

Java Jazz di tahun 2018, via Instagram/trama_landdd

Java Jazz menjadi salah satu acara yang akan mengawali keistimewaan bulan Maret. Acara tersebut akan berlangsung mulai dari tanggal 1-3 Maret di JIEXPO Kemayoran. Sayang banget jika melewatkan pertujukkan musik yang begitu ditunggu-tunggu ini.

Deretan artis lokal dan mancanegara yang turut meramaikan Java Jazz adalah Peter White, Ron King Big Band, Jeff Bernat, Mac Ayres, Kahitna, Dewa Budjana, Kunto Aji, dan masih banyak lagi. Untuk tiketnya dipatok mulai dari Rp650 ribu. Nah, setelah mengunjungi Java Jazz, bisa dong mampir ke beberapa tempat wisata populer di sekitar Kemayoran seperti Ancol, Monas, serta Gedung Kesenian Jakarta.

Festival Teluk Jailolo

Festival Teluk Jailolo, via Instagram/festivaltelukjailolo_official

Beralih dari Ibu Kota Jakarta, kalau Teman Traveler menyukai festival bertemakan budaya dan memamerkan keindahan alam bisa datang ke Festival Teluk Jailolo (Gilolo) di Halmahera Barat, Maluku Utara.

Pagelaran akan berlangsung mulai dari tanggal 3-5 Maret 2019. Tak hanya diramaikan oleh pertunjukkan seni Sasadu, parade budaya, dan bazaar kuliner, wisatawan juga akan diajak untuk berkunjung ke sejumlah desa tradisional. Jelas, festival di Bulan Maret 2019 satu ini sayang banget dilewatkan, kan?

Horas Samosir Fiesta

Horas Samosir Fiesta, via Twitter/@GenpiSumut_

Selanjutnya datang dari Pulau Samosir, Horas Samosir Fiesta menyuguhkan festival budaya serta kekayaan alam yang akan dilaksanakan pada tanggal 7 Maret mendatang di pusat Danau Toba. Festival terdiri dari pertunjukkan musik, festival budaya, kompetisi olahraga-pariwisata, dan masih banyak lagi.

Festival di Bulan Maret 2019 satu ini juga menampilkan tiga eventĀ internasional seperti Samosir Music International Festival, Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia, dan Lake Toba Ultra Marathon. Terbayang bakal seseru apa nantinya?

Bali Spirit Festival

Bali Spirit Festival, via Instagram/balispiritfest

Masuk ke dalam 100 Calendar of Events 2019, Bali Spirit Festival nantinya akan digelar pada tanggal 24-31 Maret bertempat di Purnati Center for The Arts. Festival ini menjadi ajang bagi para pecinta Yoga untuk belajar dan mengeksplorasi dengan komunitas yoga dari seluruh dunia.

Festival di Bulan Maret 2019, via Instagram/balispiritfest

Setiap tahunnya, Bali Spirit menghadirkan orang-orang bertalenta dari berbagai negara untuk saling berbagi ilmu. Mengusung tema “Pemulihan Keseimbangan” acara ini akan diisi oleh tarian, sound healing, olah napas, meditasi, pertunjukkan musik, dan lain-lain.

Exciting Banten on Seba Baduy

Exciting Banten on Seba Baduy, via Instagram/jalanjalan.banten

Festival di Bulan Maret 2019 yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Exciting Banten on Seba Baduy yang akan berlangsung pada tanggal 24-31 Maret 2019. Wisatawan akan diajak untuk menjadi saksi kehikmatan, kesakralan serta keindahan Seba Baduy.

Keserua Exciting Banten Seba Baduy, via Instagram/ukonsukanda

Acara yang telah berlangsung ratusan tahun ini merupakan sebuah prosesi adat yang unik. Pelancong akan menyaksikan sebuah perjalanan spiritual suku adat Baduy penutup ritual Kawalu. Pagelaran tersebut nantinya akan dihelat di kota Serang.

Bangka Culture Wave

Bangka Culture Wave, via Instagram/maulanaable_3g

Bangka Culture Wave mengusung performa yang interaktif dan edukatif, sehingga mengundang wisatawan agar dapat berinteraksi dan belajar langsung dengan kesenian yang dipertunjukkan. Festival ini mengenalkan kuliner khas Bangka dengan menggelar bazaar makanan tradisional dan pasar murah. Dihelat pada tanggal 24 Maret- 4 April 2019, acara nantinya bertempat di Sungailiat, Bangka Tengah, Bangka Belitung.

Tour de Bintan

Tour de Bintan, via Instagram/wonderfulkepri

Daftar festival terakhir yang paling ditunggu-tunggu banyak penggemarnya yakni Tour de Bintan. Para pengendara sepeda yang ikut acara ini dapat menyaksikan keindahan alam Bintan. Suguhan pantai yang menakjubkan di sepanjang jalan, hingga hutan hijau subur menjadi rute yang akan dilewati para pengendara sepeda nantinya.

Terbagi dalam lima kategori, seluruh kegiatan yang berlangsung dari hari pertama hingga ketiga, bertempat di area Terminal Simpang Lagoi. Untuk kategori keempat, akan dilaksanakan di kawasan Bintan Lagoon Resorts. Rencananya Event berlangsung mulai dari tanggal 29-31 Maret.

Keren dan seru banget kan deretan festival di Bulan Maret 2019 mendatang? Segera catat di kalender pribadimu untuk turut hadir ya!