10 Rekomendasi Festival Bulan November 2018, Jangan Sampai Terlewatkan

Advertisement

Sudah bukan rahasia, Indonesia kaya akan pesona di setiap daerahnya. Jika Teman Traveler ingin liburannya lebih berkesan, tak ada salahnya berkunjung saat sedang ada acara tertentu. Selain menikmati keindahan daerahnya, bisa juga sekalian mengenal budayanya. Kapan waktu terbaiknya? Nah, di bawah ini ada beberapa rekomendasi festival bulan November 2018 yang bisa dikunjungi. Siap-siap terpesona dengan kemeriahan acara dan seninya. Sudah siap?

1. Festival Mahakam, Kalimantan Timur (2-4 November)

Festival Mahakam 2018, Via Instagram/festivalmahakam2018
Festival Mahakam 2018, Via Instagram/festivalmahakam2018

Pemerintah Kota Samarinda kembali menghelat Festival Mahakam 2018 yang dilangsungkan pada 2-4 November 2018. Lokasinya berada di Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan dari diadakannya festival ini adalah mempromosikan Sungai Mahakam dan Kota Samarinda sehingga mampu menambah jumlah wisatawan. Festival tahunan ini digelar pertama kali pada 1999 dan diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Samarinda yang didukung sepenuhnya oleh Kementerian Pariwisata.

2. Kenduri Seni Melayu, Kepulauan Riau (2-4 November)

Kenduri Seni Melayu, Via Instagram/dayapresta_id
Kenduri Seni Melayu, Via Instagram/dayapresta_id

Kenduri Seni Melayu akan diselenggarakan pada tanggal 2-4 November 2018 di Batam. Festival bulan november 2018 satu ini memang digelar untuk merayakan ulang tahun kota. Nantinya akan  ada pertunjukkan budaya khas Melayu, baik dari Kepulauan Riau dan daratan Riau sebagai tanah air orang Melayu. Meskipun begitu, festival ini juga diikuti oleh budaya lain yang ada di Indonesia dan dihadiri oleh peserta yang datang dari berbagai negara tetangga. Tujuan dari diadakannya event ini adalah melestarikan budaya nasional Indonesia, khususnya Melayu.

3. Pesta Rakyat Banda, Maluku (4-11 November)

Pesta Rakyat Banda, Via Instagram/afrizhal_kepa
Pesta Rakyat Banda, Via Instagram/afrizhal_kepa

Pesta Rakyat Banda atau disebut juga dengan Festival Rakyat Banda ini akan diselenggarakan pada tanggal 4-11 November 2018 di Banda Neira. Festival ini diadakan oleh Pemerintah Provinsi Maluku dan bertujuan untuk lebih mengekspos Kepulauan Banda Maluku ke berbagai penjuru dunia. Acaranya, akan ditampilkan banyak atraksi seperti tarian, teater, musik, pameran kerajinan tangan dan lain-lain.

4. International Musi Triboatton, Sumatra Selatan (7 -11 November)

International Musi Triboatton, Via Instagram/dikbee
International Musi Triboatton, Via Instagram/dikbee

Tanggal 7-11 November 2018 ini akan kembali digelar International Musi Triboatton 2018. Acara ini pertama kali digelar sejak tahun 2012 dan telah menyedot banyak perhatian dunia. Untuk tahun 2018 ini, akan menempuh lebih dari 500 km di Sungai Musi yang berkelok-kelok. Acara ini akan diisi dengan lomba arung jeram dan renang serapungan, yakni metode tradisional mengikat batang bambu dengan rotan. Tidak hanya lomba, festival bulan November 2018 ini juga akan menampilkan pertunjukan tarian tradisional.

5. Festival Tempo Doeloe, DKI Jakarta (10 November)

Festival Tempoe Doeloe, Via website/triptrus.com
Festival Tempoe Doeloe, Via website/triptrus.com

Pada tanggal 10 November 2018 esok juga akan dilaksanakan Festival Tempo Doeloe, tepatnya berlokasi di Kota Tua Jakarta. Nanti akan ada zona pertunjukan teater yang sesuai dengan era tahun tertentu. Para pengunjung yang datang juga mengenakan pakaian dari era tertentu yang sudah ditentukan sebelumnya. Teman Traveler bisa sekalian jajan berbagai kuliner yang dijajakan. Jangan dilewatkan festival bulan November 2018 yang satu ini ya.

6. Festival Bekudo Bono Surfing, Riau (12-15 November)

Festival Bekudo Bono Surfing, Via Instagram/zakaria_jn
Festival Bekudo Bono Surfing, Via Instagram/zakaria_jn

Buat Teman Traveler pecinta surfing dan penggemar olahraga yang menantang adrenalin, jangan lupa untuk datang ke Festival Bekudo Bono Surfing. Tahun 2018 ini akan digelar di Sungai Kampar yang terdapat di Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Kampar sendiri merupakan sungai panjang yang mengalir dari pegunungan Bukit Barisan di sebelah barat Pulau Sumatra yang berkelok-kelok. Acara ini akan dilangsungkan pada tanggal 12-15 November 2018.

7. Festival Tanjung Kelayang, Bangka Belitung (15-19 November)

Festival Tanjung Kelayang, Via website/kedaipena.com
Festival Tanjung Kelayang, Via website/kedaipena.com

Festival Tanjung Kelayang 2018 ini bakal digelar di Kabupaten Belitung di Provinsi Bangka Belitung pada tanggal 15-19 November 2018. Festival ini akan menyajikan 10 kegiatan pendukung seperti kuliner, vlog dan lomba photo, band, layang-layang dan lain sebagainya. Festival ini bertujuan untuk mempopulerkan Tanjung Kelayang sebagai ikon kawasan KEK Pariwisata di Provinsi Bangka Belitung.

8. Ya’ahowu Nias Festival, Sumatera Utara (16-20 November)

Ya’ahowu Nias Festival, Via Instagram/nadiafortuna307
Ya’ahowu Nias Festival, Via Instagram/nadiafortuna307

Festival bulan November 2018 yang tidak boleh terlewat lainnya adalah Ya’ahowu Nias Festival, Sumatra Utara. Festival ini diadakan pada 16-20 November 2018 dan diisi dengan beberapa atraksi budaya langka dan kemegahan lainnya yang dimiliki oleh Kepulauan Nias. Acara ini akan dipusatkan di Gunungsitoli, kota terbesar yang terdapat di Pulau Nias. Banyak atraksi seru yang akan disuguhkan. Misalnya saja tradisi melompat batu legendaris yang disebut Fahombo, permainan rakyat unik seperti rago Ue, dan lain-lain.

9. Jogja International Heritage Walk, di Yogyakarta (17 -18 November)

Jogja International Heritage Walk, Via website/lampungpro.com
Jogja International Heritage Walk, Via website/lampungpro.com

Kota Gudeg kembali menggelar Jogja International Heritage Walk yang akan dilangsungkan pada 17-18 November 2018. Lokasi perayaanya akan dilangsungkan di Candi Prambanan dan Imogiri. Acara ini diselenggarakan oleh Jogja Walking Association, Royal Silk Foundation dan PT Taman Wisata Candi dengana mengusung konsep kesehatan, kesadaran lingkungan, pendidikan, dan ekonomi. Banyak aktivitas seru yang bakal digelar, mulai dari Family Fun Walk, Coloring and Umbrella Painting, dan lain-lain.

10. Borobudur Writer and Culture Festival (23-25 November)

Borobudur Writer and Culture Festival 2016, Via Instagram/borobudurwriters
Borobudur Writer and Culture Festival 2016, Via Instagram/borobudurwriters

Setelah dari Jogja, kita melipir ke Magelang, Jawa Tengah. Ada festival Borobudur Writer and Culture Festival 2018 yang dijadwalkan akan berlangsung pada 23 sampai 25 November 2018. Acaranya akan dimulai dengan peluncurkan buku terjemahan I-Tsing tentang kehidupan religius dan spiritual dari tempat-tempat yang ia datangi. Tidak hanya seminar, acara ini juga akan ada pertunjukan seni, pameran foto dan masih banyak lagi yang lainnya.

Begitulah rekomendasi festival bulan November 2018 ini. Catat tanggalnya dan jangan sampai kelewatan. Ini saatnya membuat liburan Teman Traveler jadi makin berkesan dan berisi. Bagaimana, festival mana yang paling membuatmu tak sabar nih?

Advertisement
Tags
festival bulan november 2018 Indonesia info terbaru Wisata
Share