Pilihan Festival Bulan Juni 2019, Yuk Catat Tanggalnya!

Di setiap tahun, pasti beberapa daerah di Indonesia mengadakan sebuah acara. Entah festival musik atau mungkin juga untuk merayakan tradisi dari suatu daerah. Nah, kali ini, Travelingyuk bakal memberikan daftar rekomendasi festival pada Bulan Juni 2019. Kira-kira ada di mana saja, ya?

Jakarta Fair 2019

Festival Bulan Juni 2019
Jakarta Fair 2019 via instagram/ jakartafairid

Belum terlambat bagi teman traveler yang ingin mengunjungi Jakarta Fair 2019. Sebab, acara ini masih akan berlangsung hingga 30 Juni 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Menurut informasi yang dilansir situs resmi PRJ di www.jakartafair.co.id, harga tiket masuk disesuaikan dengan hari buka.

Pada hari Senin, harga tiket masuk ditetapkan sebesar Rp 25.000 per orang. Sedangkan untuk hari Selasa sampai Kamis, harga tiket masuk PRJ ditetapkan Rp 30.000 per orang. Tiket akhir pekan, pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu, serta hari-hari libur harganya ditetapkan Rp 40.000 per orang. Untuk warga senior atau lanjut usia dengan menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) akan tiketnya gratis.

Pesta Kesenian Bali

Festival Bulan Juni 2019
Pesta Kesenian Bali via instagram/ juniapradana

Festival yang waktunya paling dekat selanjutnya adalah Pesta Kesenian Bali. Festival ini akan diselenggarakan mulai tanggal 15 Juni hingga 13 Juli 2019 yang bertempat di Taman Werdhi Budaya Art Centre, Denpasar, Bali. Festival yang berlangsung selama sebulan penuh ini sebenarnya sudah ada sejak 40 tahun lalu, lho.

Di mana biasanya pesta kesenian terbesar di Bali tersebut akan dihadiri oleh Presiden RI dan juga melibatkan ribuan seniman ternama dari Pulau Dewata. Pesertanya pun juga pasti sangat banyak karena kompetisi yang diadakan berjenjang dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi.

Jakarnaval

Festival Bulan Juni 2019
Jakarnaval via instagram/ harrysuhardiman1

Terlihat dari namanya, tentu teman traveler sudah tahu kalau festival ini diadakan di Jakarta. Acara ini diadakan untuk merayakan HUT 492 DKI Jakarta yang merupakan buntut dari Jakarta Fair.

Untuk yang berada di Jakarta, boleh sekali untuk mengunjungi festival tersebut karena akan diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2019 mendatang. Bocoran dari pesta perayaan ini adalah bertema wajah baru Ibukota. Pesertanya diwajibkan untuk menghias kendaraan dengan tampilan ciri daerah asalnya.

Festival Sriwijaya XXVIII 2019

Festival Bulan Juni 2019
Festival Sriwijaya via instagram/ bloke.artcomp

Untuk yang berada di Sumatera, khususnya Palembang, tak ada salahnya mampir ke Festival Sriwijaya XXVIII 2019 pada tanggal 16 hingga 23 Juni 2019. Festival yang diadakan di Benteng Kuto Desak ini merupakan acara kesenian terbesar yang bakal menghadirkan berbagai macam kebudayaan baik level nasional maupun internasional.

Seperti tarian, drama musikal, lagu daerah dan juga hal yang berhubungan dengan Kerajaan Sriwijaya. Jadi, sembari melihat pagelaran seni, Teman Traveler juga bisa belajar mengenai sejarah.

Yadnya Kasada 2019

Yadnya Kasada via instagram/
jandraputra_04

Di Bulan Juni ini, Jawa Timur juga mengadakan sebuah festival. Bertempat di Pendopo Desa Ngadisari, Pura Poten, Lautan Pasir, Gunung Bromo. Festivalnya bernama Yadnya Kasada yang dilakukan oleh Suku Tengger setiap tahunnya. Para Suku Tengger percaya jika melaksanakan Yadnya Kasada ini, mereka akan terbebas dari malapetaka dan memberikan ternak serta hasil tani yang melimpah dengan pengungkapan rasa syukur kepada Sang Hyang Widhi dan leluhur Suku Tengger, Roro Ateng dan Joko Seger.

Festival yang tadinya digelar pada tanggal 17 hingga 19 Juni 2019 ini akan menampilkan ragam pertunjukan seperti pementasan tari Sembilan Dewa serta tari Roro Anteng dan Joko Seger. Kabar terbaru, tradisi istimewa ini akan dihelat pada tanggal 18-19 Juli 2019.

Meranoia Festival

Meranoia Festival via instagram/
meranoiafestival

Agak berbeda dengan festival-festival di atas, acara ini lebih mengutamakan musik jazz dan pop. Namun, dalam festival tersebut, semua lagu yang akan dibawakan oleh penyanyi dan grup musik bertemakan cinta.

Disesuaikan dengan arti dari Meranoia yang berasal dari Bahasa Yunani kuno, yaitu gabungan antara meraki yang berarti melakukan sesuatu dengan hati, dan metanoia yang berarti perjalanan atau perubahan hati dan kreativitas. Jika tertarik, Festival Bulan Juni 2019 satu ini diadakan pada tanggal 22 sampai 23 Juni 2019 di di Istora Senayan, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.  

Festival Bakar Tongkang

Festival Bakar Tongkang via instagram/
liquorshots86

Festival Bulan Juni 2019 lain yang tak kalah menarik dan unik, ,yaitu Festival Bakar Tongkang yang berlokasi di Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Pekan Baru, Riau. Di tanggal 28 sampai 30 Juni 2019 nanti, warga Tionghoa membakar tongkang beramai-ramai sebagai tekad untuk tidak kembali lagi ke tanah asal.

Jika dilihat secara ritual, Festival Bakar Tongkang merupakan penghormatan kepada Dewa Khi Ong Ya atau Dewa Laut yang jatuh setiap tanggal 16 bulan 5 penanggalan Imlek atau disebut dengan “Go Ge Cap Lak”.

Deretan festival yang sudah disebutkan di atas, menarik untuk didatangi. Bagi kalian yang sedang berada di salah satu kota di atas, jangan sampai melewatkan, ya.

Tags
Bali DKI Jakarta Indonesia Jawa Timur Pekanbaru Riau Sumatera Selatan
Share