Dingin Menggigit, Sensasi Menikmati Dieng Culture Festival

Advertisement

Yang dinanti-nanti akhirnya tiba, meski kawah Sileri sempat meletus beberapa waktu lalu dan diselimuti udara dingin tak menyurutkan wisatawan mendatangi dataran tinggi Dieng. Mereka ingin menjadi bagian dari Festival Budaya Dieng atau Dieng Culture Festival (DCF). Ajang ini rutin dilakukan setiap tahun dan digagas oleh Komunitas Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah

Jazz atas Awan [image source]
Salah satu yang paling ditunggu adalah pertunjukan musik “Jazz Atas Awan” sebagai apresiasi terhadap karya-karya anak bangsa di hari Jumat (4/8/2017) mulai pukul 19.30 hingga 23.00 WIB. Penyanyi Dino Alshan serta mantan vokalis Drive, Anji ikut ambil bagian dalam gelaran tersebut. Sejak pertama kali digelar pada 2103 lalu, konsepnya selalu mengusung panggung terbuka dan menampilkan musisi kenamaan.

Jazz atas Awan [image source]
Seluruh Rangkaian acara DCF akan didadakan mulai Tanggal 4 – 6 Agustus 2017.  Yang baru di tahun ini adalah penampilan sendratari Rambut Gembel olah warga Dieng dan ISI Surakarta jam 19.30 tanggal 5 Agustus 2017. Informasi lebih lengkap bisa kamu dapatkan di situs dieng.id.

Festival Budaya Dieng [image source]
Penikmat berbagai macam hiburan di ajang setahun sekali ini sangat antusias, mereka duduk-duduk bersama sahabat dan orang terdekat sambil berbagai tawa dan keseruan. Beberapa juga menyalakan arang dan membakar jagung hingga mengeluarkan aroma sedap. Inilah saat di mana rerumputan dan tanah lapang jadi lebih nyaman daripada sofa mewah.

Pera pengunjung juga tidak dirisaukan dengan fasilitas tempat menginap. Agar lebih dekat dengan alam, tenda-tenda disiapkan untuk bermalam. Area kemping diletakkan di sekitar taman depan Museum Kailasa atau di barat kompleks Candi Arjuna. Datang ke sini akan membuatmu ketagihan, apalagi udara di Dieng sedang dingin sekali. Bahkan suhu di sore hari bisa bisa mencapai 13 derajat celcius, bagaimana jika tengah malam? Bahkan menurut akun Twitter @FestivalDieng saat dini hari suhunya bisa sampai di bawah titik beku.

Area Kemping [image source]
Festival Budaya Dieng  juga menyuguhkan pemandangan alam yang cantik. Kamu bisa bangun pagi-pagi dari tempatmu menginap atau tenda-tenda yang telah disediakan panitia, kemudian menuju spot di puncak bukit untuk melihat lembah-lembah yang ditutupi oleh kabut. Maka saat di sinilah kamu akan menemukan definisi kahyangan di atas awan versimu sendiri.

Danau Dringo [image source]
Lokasi : Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Tempat wisata lain juga bisa dikunjungi setelah melihat Festival Budaya Dieng, contohnya seperti Telaga Dringo, sekitar 8 km ke arah barat dari Dieng. Dalam 3 hari pelaksanaannya, berbagai pertunjukan ditampilkan. Kamu tidak ambil bagian di DCF tahun ini? Jangan sampai absen di festival yang akan datang ya!

Advertisement
Tags
Banjarnegara festival Indonesia Jawa Tengah
Share