Mengenal Lebih Dekat Desa Wisata Jumprit yang Bersejarah di Temanggung

Advertisement

Temanggung merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah dengan pemandangan pegunungan yang menawan. Seperti Semarang dan Wonosobo, Temanggung juga memiliki objek wisata yang cukup menarik perhatian. Salah satunya adalah Desa Wisata Jumprit yang sangat cocok untuk kamu pemburu tempat yang tenang dan jauh dari keramaian. Wah, lalu apa saja sih yang ditawarkan dari Jumprit ini?

Tempat Suci yang Memiliki Sejarah Menarik

Mata Air di Umbul Jumprit
Mata Air di Umbul Jumprit [image source]
Jumprit sebenarnya sebuah sumber mata air di Kecamatan Ngadirejo. Setiap tahunnya, air di sini digunakan untuk upacara Waisak yang diadakan di Borobudur. Tak hanya itu, pemeluk agama Buddha dari berbagai tempat dan negara datang ke sini untuk mengambil air suci. Sumber air bagi Sungai Progo ini diyakini pernah menjadi tempat semedi Ki Jumprit atau putera Prabu Brawijaya hingga akhir hayatnya. Bersama dengan seekor monyet yang bernama Ki Dipo, ia memutuskan meninggalkan keraton lantaran perseteruan politik antara ajaran Suwa-Buddha dan agama Islam yang baru masuk di tanah Jawa.

Pintu masuk Umbul Jumprit
Pintu masuk Umbul Jumprit [image source]

Destinasi Wisata di Tengah Hutan Pinus yang Asri

Pemandangan di Umbul Jumprit
Pemandangan di Umbul Jumprit [image source]
Jumprit awalnya hanya diketahui oleh peziarah yang mengunjungi makam Ki Jumprit. Namun, sekitar tahun 90-an mulai dilirik oleh wisatawan. Bahkan Pemkab Temanggung menetapkan kawasan tersebut sebagai kawasan wana wisata. Hingga saat ini, pengunjung tak hanya ingin berziarah atau membasuh wajah dengan air di Jumprit. Namun, mereka juga asik menikmati hutan pinus yang asri. Apalagi di sudut lain juga terdapat pemandangan pegunungan yang menakjubkan. Nah, kamu yang rindu dengan alam, boleh nih liburan ke Jumprit.

Hutan Pinus di Umbul Jumprit
Hutan Pinus di Umbul Jumprit [image source]

Ngopi Asyik atau Kemping di Jumprit

Warung kopi di Jumprit
Warung kopi di Jumprit [image source]
Desa wisata yang berjarak 26 kilometer dengan pusat kota ini tak hanya menawarkan pemandangan hutan pinus mengagumkan. Di sudut lain terdapat sebuah kedai kopi yang tak pernah sepi oleh pengunjung. Seperti kafe kece di Dago, Bandung, warung satu ini menyediakan tempat nongkrong yang asyik dengan udara segar. Selain minum kopi, beberapa wisatawan juga banyak yang memilih kemping di sini. Yap, pengelola wisata alam Jumprit menyediakan tempat untuk berkemah. Wah, berminat untuk bermalam di sini?

Kedai di hutan pinus Jumprit
Kedai di hutan pinus Jumprit [image source]

Objek Wisata Temanggung Eksotis Lainnya

Embung Tlogopucang
Embung Tlogopucang [image source]
Temanggung tak hanya memiliki desa wisata Jumprit saja. Ternyata masih banyak destinasi wisata alam lain yang tak kalah menawan. Sebut saja Embung Tlogopucang yang menawarkan air danau bening dan spot asyik untuk melihat matahari terbenam. Sayangnya, objek wisata satu ini sangat jauh dari Jumprit. Salah satu tempat yang cukup dekat dan dapat kamu kunjungi sekaligus dengan Jumprit adalah Candi Perot. Yap, hanya 10 menit perjalanan, kamu sudah sampai di lokasi.

Candi Perot
Candi Perot [image source]

Mampir ke Warung Enak di Temanggung

Soto enak di Temanggung
Soto enak di Temanggung [image source]
Setelah puas jalan-jalan ke Jumprit dan Candi Perot, jangan lupa untuk kembali mengisi tenaga. Tak perlu khawatir, Temanggung memiliki beberapa tempat makan yang recommended banget. Salah satunya adalah Warung Soto Moro Seneng yang terletak di Pasar Legi Parakan. Sayangnya, warung makan ini hanya buka sampai pukul 5 sore. Nah, jika rumahmu di sekitar Temanggung, ada baiknya untuk membawa bekal saat liburan ke Jumprit. Lumayan menghemat bukan?

Umbul Jumprit
Umbul Jumprit [image source]
Nama : Jumprit / Umbul Jumprit
Alamat : Ngadirejo, Tegalrejo, Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah
Tiket Masuk : Rp5.000

Wah, sudah tahu kan ada objek wisata alam menarik di sudut Temanggung. Traveling ke Temanggung yuk!

Advertisement
Tags
Jawa Tengah Jumprit Temanggung Wisata Alam
Share