6 Fakta Vatikan yang Jarang Diketahui, Yuk Kepoin Bareng

Sebagai pusat agama Katolik sedunia, Vatikan selalu ramai dikunjungi para wisatawan dan peziarah terlebih saat mendekati Paskah dan Natal. Di balik kemegahan bangunan basilika dan rindangnya Taman Kepausan, ada beberapa fakta Vatikan yang jarang diketahui masyarakat luas. Berikut enam di antaranya!

1. Terbentuk atas Hasil Perjanjian dengan Italia

Bendera Vatikan via Shutterstock

Dulunya Vatikan bernama Negara Kepausan, di mana wilayah kekuasaannya meliputi setengah dari Semenanjung Italia. Setelah terjadinya revolusi yang menyatukan kerajaan-kerajaan kecil di sekitarnya, Negara Kepausan mengalami perpecahan hingga menyisakan kompleks kecil Kepausan yang berdiri di atas bukit Vatikan.

Konflik ini berakhir setelah dibuat Traktat Lateran pada tahun 1929. Perjanjian ini melibatkan perwakilan penting dari Kerajaan Italia dan Takhta Suci. Hasilnya, Negara Kota Vatikan resmi berdiri dan diakui keberadaannya.

2. Vatikan adalah Negara Terkecil di Dunia

Vatikan dari ketinggian via Shutterstock

Traktat Lateran tahun 1929 membuat Vatikan dinobatkan menjadi negara terkecil di dunia. Dengan tanah hanya seluas 44 hektar, negara ini jauh lebih kecil dibandingkan micronation lainnya seperti Monako (202 hektar) dan San Marino (61,2 kilometer persegi).

Jumlah penduduk Vatikan pun hanya sebanyak 800 orang. Itupun semuanya adalah para pejabat serta karyawan Gereja. Uniknya lagi, tidak semua penduduk negara ini berasal dari Italia. Ada yang dari Jerman, Prancis, Filipina, hingga Indonesia.

3. Didirikan di Atas Makam St. Petrus, Paus Pertama

Fakta Vatikan menarik lainnya, tepat di bawah kanopi altar bersemayam jenasah St. Petrus via Shutterstock

Jika bicara Vatikan, maka kita tidak bisa lepas dari ikon utamanya, yaitu Basilika St. Petrus. Usut punya usut, ternyata gereja besar ini didirikan tepat di bawah makam sang pemimpin Gereja Katolik pertama, atau biasa disebut sebagai Paus.

Tidak hanya itu, ternyata basilika ini juga menjadi tempat persemayaman terakhir para paus, pejabat Gereja, hingga raja dan bangsawan di masa lalu. Maka tak usah heran jika dalam nanti Teman Traveler akan melihat cukup banyak makam yang didesain menonjol dan cantik.

4. Punya Obelisk yang Umurnya Setua Kekaisaran Romawi Kuno

Obelisk yang berdiri di Lapangan St. Petrus via Shutterstock

Tugu batu khas Mesir atau yang biasa disebut sebagai obelisk ini konon dibuat pada tahun 30 sampai 28 sebelum Masehi. Kemudian pada tahun 40 Masehi, bangunan ini dipindahkan ke bukit Vatikan dan menjadi titik tengah lapangan kekaisaran yang dikenal dengan nama Circus of Nero.

Dengan tinggi 41 meter, obelisk ini menjadi saksi sejarah yang sangat lama, mulai dari Kekaisaran Romawi Kuno, Negara Kepausan, hingga berdirinya Vatikan sekarang. Konon dulu di atas obelisk tersimpan abu jenasah pemimpin militer dan politikus legendaris Julius Caesar, namun sayang keberadaannya kini sudah tidak diketahui.

5. Pernah Jadi Tempat Pembantaian Manusia

Kawasan Bukit Palatin yang konon punya kemiripan struktur dan desain dengan Circus of Nero via Shutterstock

Circus of Nero adalah lapangan resmi kekaisaran yang menjadi pusat perhelatan besar pemerintah di masa itu. Ironisnya, di sini juga menjadi tempat pembantaian umat Kristiani secara besar-besaran yang terjadi dari tahun 63 hingga awal tahun 300-an.

Hal ini terjadi mengingat pada masa itu, agama Kristen dilarang keras oleh kekaisaran. Siapapun yang berani menganutnya akan mendapat langsung hukuman berat, salah satunya adalah pidana mati.

6. Tiap Tahun Selalu Dirikan Pohon Natal Raksasa

Pohon Natal di Lapangan St. Petrus via Shutterstock

Vatikan punya tradisi unik dalam menyambut Natal. Setiap akhir bulan November, sebuah cemara setinggi 28 meter dibawa dari hutan Eropa untuk dipasang sebagai pohon Natal raksasa di Lapangan St. Petrus. Untuk tahun 2019 ini, cemara dipotong dari hutan pinus di Bavaria, Jerman.

Setelah dipajang di lapangan, pohon akan dihiasi dengan lampu berwarna-warni lengkap dengan ornamen khas Natal seperti bola-bola keramik. Lapangan St. Petrus akan semakin cantik dan menawan!

Itulah tadi deretan fakta Vatikan yang harus Teman Traveler ketahui. Semoga bisa bermanfaat untuk liburan kalian!

Tags
fakta vatikan Luar negeri Vatikan Wisata
Share