4 Fakta Unik Tentang Warteg, Ternyata Sudah Dikenal Oleh Dunia

Jajal aneka jenis makanan tanpa harus berpindah tempat? Warteg atau warung Tegal bisa menjadi solusinya. Selain rasanya enak, porsinya juga melimpah, ditambah harganya murah. Apalagi bagi anak kost yang jauh dari rumah. Sebelum menjajal aneka menu di warung ini, sudah tahu belum jika banyak fakta unik warteg. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Asal Mula Berasal dari Tegal

Asal usul warteg
Asal usul warteg via instagram/@marfandyahmad

Warteg atau warung Tegal ternyata sudah lama dikenal. Istilah tersebut diperkirakan muncul pertama kali sekitar tahun 1950-an. Asal usulnya pun sempat menjadi perbincangan. Namun banyak yang percaya jika warteg asalnya dari Kabupaten Tegal. Hal ini karena namanya dan juga penjualnya yang didominasi orang Tegal, khususnya dari daerah Desa Sidapurna, Sidakato Dukuhturi Kabupaten Tegal & Krandon.

2. Aneka Lauk yang Beragam

Aneka menu di warteg
Aneka menu di warteg via instagram/@mypickoer

Seperti nasi padang, warteg juga memiliki aneka lauk yang menggiurkan. Bedanya, harga yang dibanderol untuk setiap pesanan lebih terjangkau, termasuk bagi kalangan menengah ke bawah. Tanpa banyaknya alat, menu yang ditawarkan tidak jauh dari oseng dan kuah kaldu. Hingga saat ini jumlah lauk tersebut semakin menambah. Konon, banyaknya menu ini diawali karena pergantian pengelola warung setia 3-4 bulan. Sehingga menu yang ditawarkan juga tak sama.

3. Proses Gantian Kerja ala Pemilik Warteg

Pengelola yang berganti-ganti
Pengelola yang berganti-ganti via instagram/@lianikon

Keunikan dari warteg yang terlihat hingga saat ini adalah pergantian kerja antara pengelola warung lama dan baru. Jika melihat lebih dekat lagi, Teman Traveler pasti bakal menemukan pergantian penjual selama 3 bulan sekali. Nah, jika yang satu tengah disibukkan mengurus warteg, saudara yang lain harus pulang kampung dan menyelesaikan pekerjaan di sawah. Begitulah seterusnya.

4. Tenar di Luar Negeri

Tenar hingga luar negeri
Tenar hingga luar negeri via instagram/@indrabhotax

Fakta mengejutkan lainnya dari warung Tegal adalah ketenarannya yang sampai di telinga wisatawan asing. Bahkan beberapa negara seperti Malaysia, Korea Selatan, hingga Belanda punya warteg sendiri dengan menu tak jauh beda dengan warteg di Indonesia. Ada tempe oseng, pisang goreng hingga sayur nangka muda yang menggoyang lidah. Pelanggannya bukan hanya orang Indonesia, tapi juga penduduk asli sekitar. Wah, keren kan?

Nah, itulah beberapa fakta unik warteg yang tidak banyak orang tahu. Bagaimana, Teman Traveler suka makan di warung satu ini?

Tags
Indonesia Jakarta kuliner Tegal Warung Tegal
Share