Curug Cantel Bumijawa, Indahnya Air Terjun Megah di Tegal

Tegal ternyata tidak hanya terkenal dengan warteg-nya saja. Kota satu ini juga punya banyak keindahan alam yang sayang dilewatkan. Bagi yang berencana berlibur ke sana, cobalah datang ke Curug Cantel Bumijawa*.

Curug Cantel Bumijawa merupakan salah satu air terjun paling megah di Tegal. Cukup terkenal dan selalu ramai dikunjungi wisatawan di masa liburan. Lantas seperti apa keseruan di sana? Simak penuturan kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia, berikut ini.

Menantang Namun Indah

Medan cukup menantang via Instagram andi_alwainy
Medan cukup menantang via Instagram andi_alwainy

Salah satu daya tarik sekaligus tantangan dari Curug Cantel adalah jalur trekking perbukitan yang harus dilalui untuk mencapainya. Atmoser petualangan kian terasa karena pengunjung juga harus melewati sungai dengan bebatuan cukup licin. Medannya bisa dibilang sulit, namun sangat pas bagi para penyuka tantangan.

Curug Cantel Bumijawa memiliki ketinggian 60 meter, dan di sisi air terjun ditumbuhi lumut serta tumbuhan merambat. Karena ketinggiannya, tidak disarankan berenang di bagian bawah. Air yang turun sangat deras dan bisa membahayakan.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Cantel Bumijawa

Pengunjung berfoto di sekitar curug via Instagram anandatubaguskarisma
Pengunjung berfoto di sekitar curug via Instagram anandatubaguskarisma

Curug Cantel terletak di Desa Gendong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal. Curug ini berada tepat di kaki Gunung Slamet. Bagi yang berencana datang ke sini kendaraan pribadi, bisa langsung memanfaatkan panduan dari aplikasi Maps.

Namun bagi yang lebih memilih kendaraan umum, bisa turun di terminal bus kota kemudian menggunakan jasa ojek untuk menuju lokasi wisata. Lama perjalanan dari kota Tegal menuju Curug Cantel hanya memakan waktu satu jam.

Harga Tiket Masuk

Tak perlu bayar mahal untuk nikmati indahnya curug via Instagram mz_uid34
Tak perlu bayar mahal untuk nikmati indahnya curug via Instagram mz_uid34

Untuk menikmati keindahan alam Curug Cantel Bumijawa, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar lima ribu rupiah per orang. Selain itu masih ada biaya parkir lima ribu rupiah per kendaraan. Harga yang terbilang murah, jika dibandingkan kesejukan dan keindahan alam di sekitar curug.

Fasilitas Cukup Lengkap

Indahnya curug kian komplit dengan fasilitas lengkap via Instagram n_pikri
Indahnya curug kian komplit dengan fasilitas lengkap via Instagram n_pikri

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini terbilang cukup memadai. Sudah ada area parkir, kamar mandi, mushola. Selain itu terdapat warung-warung yang menjual aneka makanan dan cemilan. Tersedia pula penginapan bagi yang ingin bermalam.

Menarik bukan destinasi wisata di Kota Tegal ini? Tunggu apalagi, langsung agendakan liburan ke Curug Cantel Bumijawa. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan tempat wisata yang didatangi.

*Artikel mengalami proses editing untuk merevisi nama tempat.

Tags
Tegal Wisata
Share