Fakta Menarik Labuan Bajo, Eksotis Bagai Pirates of Caribbean

Advertisement

Hai Teman Traveler, mungkin banyak di antara kalian yang pernah mendengar soal Labuan Bajo. Keindahannya sudah begitu terkenal hingga penjuru Nusantara, bahkan dunia. Namun tahukah kalian bahwa ada banyak fakta menarik Labuan Bajo yang membuatnya begitu unik? Yuk, simak ulasannya.

Sekawanan Rusa di Tepi Pantai

Rachmad Ari Fattah Rusa
Seekor rusa di hamparan Pantai Padar (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Rusa umumnya hidup di padang rumput luas atau sabana seperti di Afrika. Namun jika berkunjung ke Pulau Padar, Teman Traveler bisa temukan sekawan satwa anggun tersebut di sepanjang garis pantai. Lucunya lagi, mereka tak memakan rumput untuk kebutuhan nutrisi sehari-hari, melainkan batok kelapa!

Rachmad Ari Fattah Rusa Dipantai
Rusa tak ragu bermain di laut (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk
Rachmad Ari Fattah Rusa Wisatawan
Rusa bercengkrama dengan wisatawan (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Mereka juga sudah terbiasa dengan air laut, bahkan tak canggung untuk meminum airnya. Semua rusa di sini sangat jinak dan tak segan mendekat ke wisatawan. Hal ini membuat kawasan wisata Pulau Padar makin menarik untuk dikunjungi.

Pantai Pasir Warna Pink

Rachmad Ari Fattah Pantai Pink
Pasir berwarna pink (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Teman Traveler mungkin sudah pernah mendengar soal eksotisnya Pantai Pink di Labuan Bajo. Salah satunya ada di dekat Loh Niang, dermaga Pulau Komodo. Seluruh hamparan pasir di kawasan ini berwarna merah jambu.

Rachmad Ari Fattah Pink Beach
Pesona hamparan pasir pink (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Corak tersebut menyeruak berkat kehadiran hewan mikroskopis bernama Foraminifera. Mereka memberikan pigmen merah pada koral yang lantas terbawa gelombang hingga pesisir. Deretan koral tersebut lantas hancur jadi serpihan serta butiran, hingga akhirnya menjadi pasir pantai.

Koral Tersebar Indah di Sepanjang Pantai

Rachmad Ari Fattah Koral
Koral tersebar di sepanjang garis pantai (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Hal lain yang membuat pantai sekitar Labuan Bajo semakin indah adalah keberadaan koral atau karang di sekitar kawasan pesisir, yang sekaligus berfungsi sebagai tempat berlindung aneka biota laut di dalamnya.

Tak sulit untuk menikmati pemandangan koral di bawah laut Labuan Bajo, sebab jarak kedalamannya relatif dangkal. Cukup dengan mata telanjang, Teman Traveler sudah bisa melihat semua keindahannya.

Rachmad Ari Fattah Koral Hijau
Koral hijau terhampar menyelimuti pantai (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Menyusuri sepanjang pantai dengan perahu kecil, Teman Traveler bahkan bisa menjajal sensasi asyik berenang maupun snorkeling tanpa takut terkena arus deras. Pokoknya benar-benar seru deh.

Namun jangan lupa perhatikan ya Teman Traveler. Nikmati keindahan sekitar dengan tetap menjaga lingkungan sekitar. Jangan sampai merusak apapun.

Hamparan Pasir Putih Menawan

Rachmad Ari Fattah Pasir Putih
Bermain di pasir putih (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk
Rachmad Ari Fattah Seru di Pasir Putih
Seru-seruan di atas pasir (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Hampir semua pantai di Labuan Bajo memiliki hamparan pasir putih, yang artinya paling asyik banget untuk dibuat lari-larian maupun seru-seruan bersama teman. Sehabis capek berenang di antara koral, Teman Traveler masih bisa chill out bersama sahabat atau menambah foto-foto heboh. Asyik kan?

Sunset Mempesona

Rachmad Ari Fattah Sunset
Sunset mempesona (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Jalan-jalan ke pantai, apalagi yang dicari jika bukan panorama mentari tenggelam alias sunset. Petualangan seharian bakal makin lengkap kita Teman Traveler bisa melihat keindahan sempurna di angkasa.

Rachmad Ari Fattah Panorama Sunset
Panorama sunset luar biasa (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Ombak tenang dan semilir angin bakal makin menambah asyik suasana. Benar-benar cocok untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Tambah asyik jika Teman Traveler ditemani sosok terdekat maupun pasangan. Bakal terasa makin lengkap.

Pulau ala Pirates of Caribbean

Rachmad Ari Fattah Blue Lagoon
Blue Lagoon (c) Rachmad Ari Fattah/Travelingyuk

Terakhir, Teman Traveler juga bisa menikmati keindahan pulau mungil di kawasan Taka Makassar. Saking mungilnya, hamparan pasir di sini tak lebih besar dari pekarangan rumah lho.

Pesisirya dihiasi koral hijau dan hamparan pasir putih yang bakal bikin siapapun terlena. Teman Traveler bisa rasakan pengalaman bagai seorang bajak laut terdampar, persis seperti di film Pirates of the Caribbean.

Itulah beberapa fakta menarik Labuan Bajo dan beberapa tempat wisata keren yang bisa Teman Traveler kunjungi di sana. Bagaimana, adakah di antara kalian yang sudah berencana ingin habiskan liburan di Nusa Tenggara Timur.

Advertisement
Tags
kontributor Nusa Tenggara Timur Travelingyuk wisata nusa tenggara timur
Share